Selasa, 1 Desember 2020

Genmuda – Kabar dari dunia hiburan emang kadang suka gak bisa dipercaya kebenarannya. Selain itu, penyebarannya juga cepet, jadi kadang suka susah buat dilacak apakah kabar itu bener, atau cuma sekedar berita hoax.

Artis yang lagi rame dikabarkan meninggal tapi ternyata gak terbukti kebenaran beritanya adalah Jet Li. Aktor kelahiran 26 April 1963 ini dikabarkan meninggal dunia karena mengidap penyakit Hipertiroidisme. Penyakit yang udah dideritanya selama 6 tahun belakangan ini udah bikin doi perlahan mundur dari dunia akting yang udah membesarkan namanya.

Apa sih penyakit Hipertiroidisme?

Image result for jet li
(Sumber: Tube Filter)

FYI, Hipertiroidisme ini adalah suatu kondisi di mana ada terlalu banyak hormon thyroid di dalam tubuh, karena kelenjar thyroid memproduksinya terlalu banyak. Kelenjar thyroid ini terletak di bagian depan tengah leher yang bila diraba ikut bergerak bila kita melakukan gerakan menelan.

Kondisi ini lebih sering terjadi pada perempuan dibandingkan pria. Senggaknya ada 100 dari 100 ribu perempuan yang kena penyakit ini, dan cuma ada sekitar 33 aja dari 100 ribu lelaki yang mengidap penyakit ini, dan satu diantaranya adalah Jet Li.

Tapi, emang seberapa serius penyakitnya?

Image result for hipertiroidisme

Tapi menurut pengakuan aktor asal China yang kini udah naturalisasi dan jadi warga negara Singapura ini, penyakit hipertiroidismenya gak terlalu serius dan gak sampe bikin doi harus menggunakan kursi roda. Hanya aja, penyakit ini emang menggangu metabolisme tubuhnya, dan hal itu juga yang bikin doi jadi turun berat badan secara drastis, dan bisa naik secara drastis pula.

“Saya gendut. Saya gak punya waktu buat menurunkan berat badan. Benar soal pemberitaan selama ini kalo saya mengidap hipertiroidisme, dan jantung saya bisa berdetak 130 sampai 140 kali dalam semenit ketika saya gak latihan fisik. Saya bukan Huo Yuan Jia atau Wong Fei Hong. Saya bukan superhero, saya cuma orang biasa dan menghadapi masalah bahwa saya tidak bisa melanjutkan pekerjaan saya.” terang Jet Li.

Tapi meski sakit, doi menolak pemberitaan yang beredar kalo dirinya sampe harus duduk di kursi roda selamanya. Meski sakit, Jet L tetap bisa beraktifitas, tapi gak sama kayak dulu lagi.

“Saya jujur sama orang-orang, saya sakit, dan saya sangat berada dalam kesakitan. Tapi secara aktif saya melawan sakit saya ini, dan saya sama sekali tidak terkekang di kursi roda setiap saat,” ujar Jet Li, ke Toogle.sg.

Sebenernya, ini bukan pertama kalinya Jet Li diisukan meninggal

via: AP
(Sumber: Istimewa)

Akhir tahun 2016 lalu tepatnya tanggal 15 Desember 2016, Toogle.sg memberitakan kalo Jet Li emang sakit, dan beliau sendiri pun udah ngerasa kalo umurnya udah gak lama lagi, lewat pernyataannya, “Saya udah gak jauh dari kematian.”

Akhirnya, banyak fansnya yang menduga ia sakit keras dan meninggal, apalagi sebelumnya beredar fotonya yang terlihat sangat tidak segar karena keriput di wajahnya dan diperparah dengan rambutnya yang udah banyak beruban.

Berita kematiannya ini menyebar luas secara cepat di Facebook, setelah adanya postingan yang mendapat jutaan likes, yaitu postingan ‘RIP Jet Li’ di akun yang katanya fanpage dan dilanjutkan dengan tulisan,

“Sekitar pukul 11 hari Sabtu (15 Juli 2015), aktor kesayangan kita Jet Li telah meninggal dunia. Jet Li lahir di Beijing, 26 April 1963. Dia akan dirindukan, tapi tidak akan dilupakan. Mohon tunjukan simpati dan bela sungkawa anda dengan komen dan menyukai halaman Facebook ini.”

Ratusan fansnya langsung membanjiri kolom komentar dengan ucapan kesedihan juga bela sungkawa. Tapi, banyak juga yang menduga kalo berita ini adalah berita bohong alias hoax. Dia juga meyakinkan kalo sakitnya ini adalah karena cedera saat syuting film action. 

“Tidak ada yang mesti dikhawatirkan dari kesehatanku. Akhir-akhir ini di web banyak perbincangan bahwa aku akan selamanya di kursi roda. Bahkan teman baik saya sangat khawatir dan bertanya bagaimana kondisi saya. Saya gak yakin perusahaan kursi roda mana yang memberitakan hal ini untuk menjual kursi rodanya. Mungkin teman saya mau menjadikan saya sebagai juru bicara untuk produk kursi rodanya.” kata Jet Li ke salah satu media Online di Singapura.

Well, sehat terus ya legenda film laga, Jet Li! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.