Rabu, 29 Juni 2022

Genmuda – Dunia hiburan Tanah Air kembali dirundung duka nih, Kawan Muda. Salah satu penyanyi bersuara emas, Mike Mohede, dikabarin meninggal dunia, Minggu (31/7).

Mike Mohede ngehembusin napas terakhirnya di usia 32 tahun. Sepupu dari aktor dan penyanyi Frans Mohede itu kabarnya meninggal dunia gara-gara ngalamin serangan jantung. Hingga berita ini ditulis, jenazah penyanyi kelahiran 7 November 1983 itu masih berada di RS Premier Bintaro Jaya, Tangerang.

Kabar kepergian Mike jelas ngejutin rekan sesama jebolan Indonesian Idol maupun para pelaku industri musik lainnya dan para penggemar setianya. Banyak pihak pun engga henti-hentinya ngungkapin rasa kehilangan dan ucapan bela sungkawa mereka di media sosial kayak Twitter dan Instagram.

Namun demikian, belum ada kabar lebih lanjut terkait penyebab pasti meninggalnya Mike serta kapan dan di mana jenazahnya bakal dimakamin. Sambil nunggu konfirmasi kabar tersebut, yuk kita flashback lagi 5 dari sekian banyak kenangan terbaik Mike di industri musik berikut ini:

1. Indonesian Idol

Di sini kita pernah manis bersama.. Trima kasih utk pengalaman silaturahmi sepanggung ny guys..

A post shared by Mike Mohede (@mikemohede) on

Nama Mike mulai dikenal di industri musik Tanah Air setelah dirinya ikutan Indonesian Idol musim kedua di tahun 2005. Di sepanjang perjalanannya di ajang pencarian bakat nyanyi tersebut, doi cuma dua kali masuk urutan tiga terbawah loh, Kawan Muda. Dengan suara emasnya yang kerap disebut kayak suara malaikat, doi pun akhirnya terpilih sebagai pemenang setelah ngalahin Judika di babak final.

2. Asian Idol

Kemenangan Mike di Indonesia Idol bisa dibilang merupakan salah satu gerbang menuju beragam kesuksesan yang lainnya. Menyusul kemenangannya itu, doi terpiih jadi wakil Indonesia di ajang Asian Idol. Doi lebih dulu ngalahin Delon (Runner up Indonesian Idol musim pertama), Ihsan (Juara Indonesian Idol musim ketiga), dan Rini (Juara Indonesian Idol musim keempat) di babak Choose Your Idol.

Sayangnya, Mike harus rela nyerahin gelar Asian Idol pertama ke Hady Mirza, yang merupakan juara Singapore Idol musim kedua. Meski begitu, langkah doi di ajang bertaraf internasional itu engga bisa diremehin, soalnya doi tetap berhasil nuai banyak pujian dari para dewan juri lewat lagu ‘I Believe I Can Fly’ (R Kelly) dan ‘Mengejar Matahari’ (Ari Lasso) yang doi bawain.

3. Kolaborasi dengan musisi ternama

Bisa berkolaborasi dengan sederet musisi ternama baik dari dalam maupun luar negeri tentu jadi suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang penyanyi kayak Mike. Semasa hidupnya, doi antara lain pernah berkolaborasi dengan Indra Lesmana, Ahmad Dhani, Pongki Barata, Dave Koz, dan Sheila Majid. Doi juga pernah tampil di konser ‘Pemeran Utama’ Raisa di pertengahan tahun lalu dan berduet pula dengan Sammy Simorangkir di lagu ‘Cukup Siti Nurbaya’ di album ‘Kedua’ miliknya.

4. Album ‘Kedua’

Di tahun 2010, Mike emang sempat ngerilis album gospel pertamanya yang berjudul ‘Kemenanganku’. Meski begitu, butuh waktu sekitar 10 tahun bagi Mike buat ngerilis album pop terbarunya yang bertajuk ‘Kedua’, menyusul album ‘Mike’ di tahun 2005. Menurut Mike, album yang terdiri dari beberapa lagu baru dan lagu recycle itu sebagian besar berkisah tentang patah hati, walau engga semuanya tentang gegalauan. Secara khusus, lagu yang paling personal baginya adalah lagu ‘Kusayang Kamu’, yang emang doi ciptain sendiri.

5. ‘Kita Anak Negeri’

Selain masih sibuk promo album ‘Kedua’ dan sempat jadi juri ajang pencarian bakat nyanyi Just Duet di salah satu stasiun televisi, belakangan ini Mike juga terlibat di sebuah proyek musik bertajuk ‘Kita Anak Negeri’. Proyek tersebut pada dasarnya semacam wadah edukasi musisi Indonesia bagi Generasi Muda yang punya ketertarikan di bidang musik. Singkatnya, lewat ‘Kita Anak Negeri’, Mike ngasih kelas musik gratis dan berbagi pengalaman seputar karirnya di industri musik.

Well, salut banget deh buat Mike dan upayanya buat ngembangin sekaligus manfaatin talenta bernyanyinya. Secara engga langsung, doi udah ngajarin kita supaya engga cuma berkarya bagi diri sendiri, tapi doi juga bagi Tuhan dan orang lain di sekitar kita. Selamat jalan Mike! (sds) 

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer