Selasa, 11 Agustus 2020

Genmuda – Hari berganti hari, tahun berganti tahun, kamar masih aja begitu-gitu aja. Emangnya kamu engga bosen apa? Nah, supaya mood makin bagus engga ada salahnya loh buat coba dekorasi baru di dalam kamar kamu.

Modalnya engga ribet kok. Saking gampangnya kamu engga perlu ikutan sayembara supaya bisa didatengin arsitek canggih yang bakal ‘vermak’ suasana kamar. Plis deh, yang kayak gitu harus dibarengin sama doa, amalan baik, dan kegigihan yang luar biasa. *cielah.

Balik lagi ke masalah ‘engga ribet’ yang penulis maksud nih Kawan Muda. Percaya engga, (percaya aja deh) faktanya kalo pengen dapet suasana ruangan yang baru sekaligus nyaman kamu cuma perlu memperhatikan tiga elemen penting, yaitu tekstur, warna, dan skala.

Masih belum paham? Oke sekarang penulis bakal jelasin lebih rinci pernyataan yang diungkap oleh desainer interior, Shannon Claire dalam situs Homepolish.

Tekstur sebagai elemen pembentuk komposisi ruangan

via: Homepolish
(Sumber: Laura Metzler via Homepolish)

Dalam interior tekstur adalah sesuatu yang dapat kita lihat dan rasakan (setuh) pada sesuatu permukaan. Kamu pun engga perlu sampai ganti kramik lantai atau jebolin tembok segala gaes. Engga usah kayak gitu.

Shannon menganjurkan supaya kamu memanfaatkan ruang kamar dengan menambahkan beberapa variasi, seperti karpet, gorden, atau lukisan di dinding. Kalo ketiga barang tersebut udah ada di kamar, engga ada salahnya buat kamu atur ulang posisinya.

Padupadankan tiga warna berbeda

via: Homepolish
(Sumber: Laura Metzler via Homepolish)

Buat menghasilkan kesan nyaman dan bikin betah, cewek asal Amerika Serikat ini menyarankan kamu buat pakai tiga warna berbeda. Bisa terang, gelap, dan perpaduan keduanya. 

Kalo dua poin di atas agak ribet, silakan coba pada skala barang vs ruangan

Kamu masih ngerasa dua poin di atas ribet? Coba cara yang terakhir ini. Kawan Muda cukup menambahkan barang-barang yang menimbulkan kesan ruangan yang besar dan nyaman.

Contoh barang yang bisa kamu jadikan dekorasi interior di kamar banyak pilihannya gaes, bisa karpet besar, sticker di langit-langit, cermin besar, atau foto mantan yang sebesar kertas A2 juga boleh kok. Pemanfaatan skala barang dengan besar/kecilnya kamar sangat membantu membuat kamar kamu terasa lebih besar. Selamat mencoba yaw!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.