Selasa, 19 Januari 2021

Genmuda – Menurut beragam penelitian yang udah dilakuin sejak lebih dari 10 tahun yang lalu, minum kopi ternyata bisa menurunkan resiko kematian dini seseorang, alias ngebuat orang tersebut hidup lebih lama. Beneran gak sih? Kok bisa?

Apa hubungannya minum kopi sama bikin gak cepet mati? Ternyata, jawabannya ada di kesehatan kita Kawan Muda. Gak sedikit penelitian yang mempelajari gimana kopi bisa menurunkan resiko beragam penyakit, khususnya penyakit jantung dan diabetes, yang merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian.

Dalam sebuah studi terbaru yang udah melakukan peneliitian selama 10 tahun di Amerika Serikat mengatakan, orang yang minum kopi secara teratur bisa menghindari penyakit-penyakit mematikan, dibandingkan mereka yang gak minum kopi sama sekali. Penelitian ini menggunakan data dari 90.317 orang dewasa tanpa kanker atau riwayat penyakit kardiovaskular lainnya, yang dirangkum dari tahun 1998 sampai 2009.

Peserta penelitian tersebut melaporkan asupan kopi mereka, bersama dengan rincian diet serta kesehatan lainnya. Hasilnya, pada tahun 2009, sekitar 8.700 orang peserta meninggal dunia. Setelah memperhitungkan faktor-faktor lain seperti merokok dan gaya hidup, para peneliti menemukan bahwa peminum kopi yang meninggal dalam kurun waktu 10 tahun tersebut lebih rendah daripada orang-orang yang bukan peminum kopi. Risiko kematian terendah ada bagi mereka yang minum 4-5 cangkir kopi per hari.

Ternyata, para peminum kopi bisa mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung, penyakit pernapasan kronis, diabetes, pneumonia, influenza, sampe bunuh diri loh Kawan Muda. Orang yang mengonsumsi 2-3 cangkir kopi per hari memiliki risiko kematian 18 persen lebih rendah. Dan ternyata lagi, minum kopi sampai lima cangkir sehari, atau 400 miligram kafein per hari, gak punya kaitan dengan resiko penyakit jangka panjang.

Tapi, walaupun kopi bisa mengurangi resiko penyakit, studi ini gak ngebuktiin bahwa kopi bisa memperpanjang hidup kita. Yang ada adalah korelasi minum kopi dengan gaya hidup sehat yang dilakuin orang-orang yang mengkonsumsinya.

“Minum kopi berkorelasi dengan perilaku kesehatan, dan mereka yang minum kopi secara teratur mungkin memiliki kebiasaan sehat lainnya, seperti berolahraga dan menjaga pola makan sehat.” Kata seorang peneliti, Dr. Marc J. Gunter seperti dikutip Huffington Post.

So, kopi bisa jadiin sebagai bagian dari gaya hidup yang sehat dan seimbang guys, di samping rajin olahraga dan mengatur pola makan. Minum kopi juga gak perlu yang mahal-mahal, nanti malah bikin kita “sakit” pas ngeliat dompet. He-he. Selamat minum kopi! (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥