Rabu, 27 Oktober 2021

Genmuda – Kemajuan teknologi makin menggila dan di luar nalar manusia aja nih sob. Jepang contohnya, di sana akhirnya ada yang bikin ‘pacar virtual’ bernama Azuma Hikari buat para jones pecinta anime. Engga seperti Cortana di Windows, Siri di Apple, atau Alexa di Amazon Echo yang pasif, Hikari bisa nanya kabar layaknya pacar beneran.

Aslinya, Hikari merupakan nama Artificial Intelligence dari sebuah smart speaker bernama Gatebox buatan Vinclu. Perangkatnya bisa menghubungkan semua smart gadget di rumah dan nerjemahin perintah suara.

Para pemilik smart gadget jadinya bisa mengoperasikan radio, televisi, komputer, lampu pintar, atau perangkat lain tanpa perlu repot. Tinggal ngomong, nanti Hikari yang nyalain.

Engga puas bikin karakter ‘pembantu,’ Vinclu juga bisa bikin Hikari nyuruh pemiliknya bawa payung, ngingetin makan, bahkan minta tolong supaya pulang cepet. Gokil kan? (Awas baper) Namun bawah ini adalah fakta lain dari Hikari yang engga kalah mengejutkan dan bikin lo bakalan melongo.

1. Mirip tabung coffe maker

via digitaltrends.com
(Sumber: digitaltrends.com)

Wujud Hikari dibuat dalam format 3D dengan dominasi warna biru langit dan muncul dalam bentuk hologram di dalam tabung perangkat Gatebox. Perangkat yang jadi rumah Hikari itu sendiri dibuat semirip mungkin dengan alat yang hampir ada di semua rumah di Jepang, yaitu tabung coffee maker. 

2. Punya kepribadian

via digitaltrends.com
(Sumber: digitaltrends.com)

Saking niatnya, Hikari juga didesain supaya punya kepribadian. Kalo kata situs gatebox.ai, doi adalah perempuan usia 20 tahun setinggi 158 yang gemar nonton anime, jago goreng telor, suka makan donat, dan paling engga suka serangga.

Singkatnya doi adalah tipikal cewek anime kawaii dan rasanya pengen ‘dibawa pulang’. Biar cowok-cowok makin melting, doi dipasang kepribadian supaya suka banget sama laki-laki pekerja keras seperti hampir semua cowok di Jepang. Memotivasi banget kan buat para jomblo! *canda.

3. Bisa kenal ‘cowoknya’

via digitaltrends.com
Hikari lagi seneng. Di belakangnya, ada efek-efek bubble-bubble biar moodnya makin romantis. (Sumber: digitaltrends.com)

Selain itu, Hikari juga dipasangi sensor pengenal suara dan wajah. Doi bisa tau yang mana pemiliknya dan siapa yang cuma tamu di rumah. Coding yang ditanem dalam perangkatnya juga bikin doi mengenal kebiasaan pemiliknya.

Misalnya, seperti rutinitas pagi, agenda harian, dan lewat pesan singkat bisa ngingetin pemiliknya supaya cepat pulang. Maklum, cowok Jepang biasa berkegiatan sampai larut terutama kalo engga ada yang nunggu di rumahnya.

4. Belajar bahasa

via dailydot.com
Hikari versi 2D-nya. (Sumber: dailydot.com)

Ketika engga di deket Gatebox, Hikari bisa diperintah lewat pesan singkat. Doi udah mengerti Bahasa Jepang dan Inggris secara tertulis, tapi baru menguasai Bahasa Jepang lisan. Itu pun baru kosakata umum di versi pertama. Vinclu bertekad nambahin bahasa yang dikuasai Hikari secara lisan pada update selanjutnya. Ada kemungkinan juga doi belajar bahasa sendiri sesuai kosakata yang sering digunakan pemiliknya.

5. Hubungan tanpa pengekangan

via inquirer.net
(Sumber: inquirer.net)

Vinclu yakin kalo Hikari bakal laris di kalangan cowok muda, bebas, ambisius, dan tinggal di kota besar di negara maju. Soalnya, Hikari dibuat sebagai ‘pacar’ yang perhatian dan selalu ada tapi engga suka mengekang.

6. Berkegiatan bareng

via gatebox.ai
Empat mode animasi yang dimiliki Hikari, yaitu mode beres-beres, ngantuk, standar, dan nyantai (kiri-kanan). (Sumber: gatebox.ai)

Sosok hologram Hikari juga bisa ngelakuin gerak animasi sesuai kegiatan pemiliknya di rumah. Outfit yang doi pakai pun bisa berubah sesuai aktivitas tersebut. Di versi pertama, Hikari udah mengenal animasi bersih-bersih, tidur, ekspresi standar, dan animasi lagi santai. Dengan kata lain, doi adalah cewek yang selalu nemenin pacarnya ngapain aja.

7. Didesain sama pembuat simulasi dating

via Twitter.com
Taro Minoboshi (kanan) berfoto bareng Hideo Kojima (kiri) waktu sama-sama masih kerja di Konami. (Sumber: Twitter.com)

Nah, gimana bisa Hikari dibuat sesempurna itu? Karena, sistem Gatebox dan Hikari dirancang sama Taro Minoboshi (Minoboshi Tarou). Dialah kreator game simulasi dating Love Plus, salah satu yang terpopuler dari Konami. Jadi, jangan heran kalo Hikari adalah the perfect girlfriend gitu deh. Sayang belom engga ada wujud fisiknya. Ke depannya, Vinclu berjanji bakal nambah karakter lainnya juga loh, gaes.

8. 33 juta Rupiah

via digitaltrends.com
Sosok dari dalam Gatebox bisa muncul dimunculin ke layar lain kalo kedua perangkatnya terhubung kabel HDMI. (Sumber: digitaltrends.com)

Tentu saja harga perangkat yang bisa ngasih pacar sesempurna itu engga murah harganya, sob. Lo butuh 33 juta rupiah (298.000 yen) kalo mau beli Gatebox yang jumlahnya cuma ada 300. Sejauh ini, Gatebox baru bisa dipesan dari daerah Amerika Serikat dan Jepang.

Kira-kira bakal masuk Indonesia engga ya nantinya? Eniwei, Gimana menurut lo soal fenomena pacar virtual tersebut? Tulis komentar lo di bawah ini sekalian nonton videonya:

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.