Senin, 26 Oktober 2020

Genmuda – Di jaman yang serba digital dan serba update kayak sekarang ini, yang namanya smartphone tentu udah jadi semacam kebutuhan. Bahkan, saking dibutuhinnya smartphone, sejumlah orang akhirnya malah jadi kecanduan.

Coba deh kamu tantang diri kamu sendiri buat engga megang smartphone seharian. Kira-kira apa sih yang bakal kamu rasain dan alamin, Kawan Muda? Kamu bakal resah, cemas, panik, marah, atau justru jadi gila sendiri? Kalau baru 5 menit aja kamu udah engga tahan, bisa jadi kamu udah kecanduan tuh!

Tapi, terlepas dari apapun reaksi kamu saat lagi nahan diri buat engga mainin smartphone, sebenarnya ada satu hal khusus yang diam-diam ternyata udah berpengaruh besar dalam bikin kamu kecanduan smartphone. Yang lebih menariknya lagi, hal tersebut berasal dari setting-an smartphone kamu.

Memang apa sih hal khusus pada setting-an smartphone yang bisa bikin kamu sampai engga bisa hidup tanpa gadget tersebut? Well, hal itu engga lain dan engga bukan adalah notifikasi pada smartphone kamu. Kalau kamu perhatiin, notifikasi yang muncul di layar smartphone umumnya berwarna merah.

FYI, merah merupakan warna yang bisa ngestimulasi otak. Oleh karena itu, setiap kali kamu ngecek smartphone kamu dan ngelihat ada notifikasi yang masuk, kamu otomatis bakal terdorong (atau lebih tepatnya tergoda) buat langsung ngeklik dan ngebuka notifikasi tersebut.

(Sumber: cultofmac.com)

Singkatnya, merah merupakan warna yang paling efektif buat ngebantu ningkatin perhatian kita terhadap detail yang ada. Bahkan, dalam sebuah jajak pendapat baru-baru ini, sekitar 72% dari kita bakal selalu ngecek smartphone kita setiap jam.

Lantas, apa sih trik sederhana buat ngurangin kecanduan smartphone? Menurut James Hamblin dari The Atlantic, cara terbaik buat seengganya ngebatasin kebiasaan ngecek smartphone yang terlalu sering adalah dengan ngubah smartphone kamu ke modus hitam putih (grayscale mode).

Dengan kata lain, kamu mau engga mau harus nyingkirin semua warna dan kecerahan pada perangkat kamu buat ngurangin kecanduan kamu pada smartphone. Modus hitam putih tersebut kini udah tersedia di Android 5.0 alias Lollipop dan udah ada di fitur UPSM (Ultra Power Saving Mode)-nya Samsung Galaxy S5 dan Samsung Galaxy S6. Fitur semacam itu pun udah ada di iPhone (iOS 8).

Nah, buat ngaktifin modus hitam putih di perangkat Android, kamu harus ngaktifin Developer Mode dengan ngeklik Setting > About Device/About Phone > Build Number (tekan Build Number sebanyak tujuh kali sampai ada notifikasi kalau Developer Mode-nya udah aktif). Abis itu, langsung ke Developer Options > Hardware Accelerated Rendering > Simulate Color Space > Monochromacy. Sebaliknya, buat di perangkat iPhone (iOS 8), kamu cuma perlu ngebuka Settings > General > Accessibility > Grayscale.

So, gimana nih, Kawan Muda? Tampilan layar pada perangkat kamu udah berubah jadi hitam putih belum? Selain bisa ngebantu kamu ngurangin kecanduan smartphone, penggunaan modus hitam putih juga bisa ngehemat baterai smartphone kamu loh. Satu trik berjuta manfaat deh pokoknya! (sds)

 

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer