Sabtu, 13 Juli 2024

Genmuda – Kabar gembira buat kamu yang suka lari nih, Kawan Muda. Selain bikin tubuh kamu makin sehat dan bugar, lari ternyata juga bisa bikin otak kamu makin cemerlang loh.

Belakangan ini olahraga lari seakan jadi tren tersendiri di Tanah Air. Berbagai lomba lari engga ada abisnya diadain dan makin hari makin banyak aja orang yang berinisiatif buat ikutan lari, entah cuma sekedar buat pamer di medsos doang atau emang benar-benar demi kesehatannya.

Nah, buat kamu yang sampai detik ini masih belum tergerak buat lari, kini ada satu lagi alasan yang mungkin bisa ngubah pikiran kamu. Iya sih udah bukan rahasia lagi kalo lari emang baik buat pinggang maupun suasana hati kamu. Tapi, di samping itu semua, lari baru-baru ini juga udah terbukti bisa bikin kamu lebih pintar dan lebih terpengaruh buat belajar.

Lebih tepatnya, olahraga sebelumnya emang udah diketahui bisa ningkatin ingatan dan najamin fungsi kognitif. Terkait dengan hal itu, sebuah riset baru udah nemuin bahwa hanya “aerobik dan olahraga berkelanjutan” tertentu yang berpengaruh pada penggunaan otak.

Menurut riset dari Finlandia tersebut, latihan ketahanan kayak angkat beban jelas engga bakal bikin kamu lebih pintar. Sebaliknya, High-intensity interval training (HIIT) cuma punya dampak yang kecil, engga peduli sebagus apa efeknya pada otot pinggul atau bokong kamu.

Sementara itu, engga kayak angkat beban atau HIIT, lari justru punya pengaruh yang jauh lebih optimal pada pelatihan otak. Lari ternyata bisa memulai suatu proses yang disebut sebagai neurogenesis pada bagian otak di mana pembentukan ingatan dan navigasi spasial terjadi.

Meski begitu, ada satu hal yang perlu kamu ingat nih, Kawan Muda. Lari engga serta merta berperan dalam ngehasilin suatu pengetahuan baru. Lari pada dasarnya justru berperan dalam ngebantu supaya proses perolehan pengetahuan baru yang kamu alami itu bisa lebih tajam.

So, kalo kamu lagi mau ulangan atau ujian, lain kali ada baiknya kamu ngeluangin waktu buat lari sebelum belajar. Kalo kamu masih belum terbiasa buat lari secara teratur, kamu coba jalan kaki dulu aja selama minimal 30 menit setiap harinya. Selamat mencoba! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer