Selasa, 1 Desember 2020

Genmuda – Buat kamu para penggemar Ben dan Jodi dari film ‘Filosofi Kopi’, siap-siap buat kembali nyaksiin aksi keduanya, Kawan Muda. Kamu bahkan bisa ikutan terlibat dalam penentuan ceritanya sekuel film tersebut loh.

Menurut sutradara Angga Dwimas Sasongko, ide buat ngegarap sekuel ‘Filosofi Kopi’ muncul setelah doi ngegarap cerpen berjudul sama karya Dewi ‘Dee’ Lestari jadi sebuah cerita panjang. Doi ngelihat kalau cerita buat Ben dan Jody yang diperanin sama Chicco Jerikho dan Rio Dewanto ternyata masih bisa dikembangin.

“Secara brand kami bikin ‘Filosofi Kopi’ ekspan engga cuma ke film, tapi juga ke kedai, merchandising, dan fashion line. Kami ngerasa masih ada yang bisa dieksplor dari cerita Ben dan Jody,” kata Angga di acara konferensi pers di kedai Filosofi Kopi, Jumat (19/2).

Angga pun ngungkapin kalau ngerjain sekuel berjudul ‘Filosofi Kopi: Ben & Jody’ itu udah ngasih kesan tersendiri buat doi. “Keluarga ‘Filisofi Kopi’ sekarang juga masih bertahan, masih solid. Mengerjakan sekuel ini buat gue pribadi kayak travelling bareng keluarga. Ada sentimen personal dimana pengen aja ngerjain kolaborasi ini lagi dengan tim yang sama, dengan keluarga yg sama,” ujarnya.

Sementara itu, Dee selaku penulis cerpen ‘Filosofi Kopi’ ternyata punya dua alasan kenapa dirinya akhirnya setuju dengan ude sekuel ‘Filosofi Kopi’. Salah satu alasannya itu pun engga jauh beda dari pendapat Angga soal karakter Ben dan Jody yang masih bisa dikembangin.

(Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
(Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

“Alasan yang pertama sebetulnya simpel, karena saya suka dengan apa yg mereka kerjakan di ‘Filosofi Kopi’ pertama. Kedua, karena saya sendiri sebagai penulis melihat karakter Ben dan Jody punya potensi yang unik dimana mereka bisa melampaui bingkai cerita mereka sendiri,” jelasnya.

Eits, tapi kamu masih harus bersabar, soalnya kamu belum bisa nonton ‘Filosofi Kopi: Ben & Jody’ dalam waktu dekat ini, Kawan Muda. Kamu harus ikutan nyumbang cerita dulu buat film tersebut. Sama kayak ‘Filosofi Kopi’ yang pertama, sekuelnya itu juga ngegunain konsep user generated movie.

“Yang pertama skalanya mungkin lebih terbatas karena ceritanya udah ada. Kami ngajak penonton untuk ngebangun konsep visual yang pengen dia tonton nanti di film. Ketika kami bikin yang kedua, kami ngajak penonton ngebuat ceritanya. Jadi jalan cerita diserahin ke penonton,” papar Angga.

Terus, gimana caranya biar bisa ikutan bikin cerita buat ‘Filosofi Kopi: Ben & Jody’? Well, gampang kok, kamu cuma perlu buka filosofikopi buat ngumpulin ide cerita kamu. Lumayan loh, 2 pemenang yang terpilih bakal dapat hadiah masing-masing 10 juta rupiah, beasiswa workshop script writing di PlotPoint, sekaligus ikut proses Big Reading bareng para pemain.

FYI, Angga dkk. sengaja ngegunain konsep user generated movie lagi soalnya doi ngelihat ada semacam sense of belonging pada kisah ‘Filosofi Kopi’. Doi pun berharap bakal ada ide-ide menarik yang bakal disumbangin buat ‘Filosofi Kopi: Ben & Jody’, tapi “yang penting ada benang merah sama kopi serta Ben dan Jody”.

“Pengennya melewati batas dari apa yang gue bayangin dari Ben sama Jody. Gue yakin ada banyak orang yang lebih kreatif dan punya ide lebih gila dari gue, tapi terkadang mereka engga punya ruang dan akses buat nunjukin itu,” kata Angga.

So, gimana, Kawan Muda? Udah kepikiran belum mau bikin cerita yang kayak gimana buat ‘Filosofi Kopi: Ben & Jody’? Kamu masih punya waktu kok mulai dari 20 Februari besok sampai 20 Mei mendatang. Syutingnya sendiri baru bakal dimulai di pertengahan tahun dan rilisnya di akhir tahun ini.

Kamu pun engga perlu sampai bikin dalam bentuk skenario segala, soalnya kamu cuma diminta bikin storyline atau semacam sinopsis buat digodok lagi sama Angga dkk. Kamu cukup ngumpulin 1 ide cerita aja dan kalau bisa kamu bikinnya sendiri aja ya jangan ramean. Selamat berkarya, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer