Jum'at, 25 September 2020

Genmuda – Masih dalam suasana long weekend, biasanya banyak yang disibukan sama liburan atau traveling ke tempat-tempat menarik. Ada beberapa orang yang siap banget sama liburannya sampe bawa kamera dengan beberapa kit-nya, supaya semua momen ketangkap dengan sempurna.

Tapi ada juga loh yang memilih buat mengandalkan pake handphone alias pake ponsel pintarnya buat mengabadikan momen liburan tersebut! Eits, jangan khawatir Kawan Muda, jaman sekarang kan udah banyak ponsel canggih yang mengakomodasi kebutuhan perkameraan kamu, salah satunya adalah ponsel yang unggul dengan dual kameranya.

Dual kamera? Maksudnya kameranya ada dua?

Yap! Betul banget. Dual kamera adalah jenis kamera yang punya dua lensa dengan sensor gambar atau frame film yang terpisah buat setiap lensa. Dual kamera ini juga punya kemampuan buat menangkap gambar tiga dimensi, dan proses ini yang dikenal sebagai fotografi stereo. Kamera ganda lain dipakai buat menangkap gambar dan video sekaligus.

Di tiap ponsel, dual kamera ini punya fungsi yang beda, tergantung sama jenis lensa yang dipake di handphone tersebut. Tapi secara keseluruhan, dual kamera punya beberapa kecanggihan dibanding single camera yaitu, bisa menghasilkan foto dengan efek depth-of-field atau bokeh yang lebih bagus.

Selain itu, fokusnya juga lebih cepat dibanding ponsel dengan 1 kamera, memungkinkan buat refocus pada foto yang udah diambili, bisa nambahin efek kreatif, dan udah jelas gambar yang didapat lebih detail dan ketajaman yang lebih bagus.

Terus ponsel apa aja yang punya dual kamera?

via: Android Authority
(Sumber: Android Authority)

Ternyata, ponsel dengan dual kamera ini udah dikeluarin sejak 2014 lalu, yaitu HTC One M8. Fungsi kamera pertama adalah bikin efek bokeh, dan lebih memfokuskan ke subyek gambar. Sementara kamera satunya, berfungsi buat mengatur fokus setelah obyek tersebut dicapture. Dengan harga 4 jutaan, kamu udah bisa bawa pulang ponsel canggih ini loh! Kalo kurang, ini dia 6 ponsel lainnya yang keren dengan dual kameranya.

LG V20

via: The Next Web
(Sumber: The Next Web)

Ponsel dengan ukuran layar 5,7 inci ini hadir dengan kamera depan beresolusi 5 megapiksel, dan kamera belakang masing-masing 16 mp dan 8 mp. Bukan cuma kamera belakangnya aja yang ganda, tapi kamera depan LG V20 ini juga masih sama kaya pendahulunya V10, yaitu bisa dual fungsi, wide dan standar.

Dengan RAM 4Gb dan harganya 7,7 juta, kamu udah bisa bawa pulang ponsel canggih ini loh! Selain LG V20, ada juga seri LG lain yang punya kamera ganda, yaitu LG G6.

Huawei P9

via: Cnet
(Sumber: Cnet)

Ponsel yang dirilia di Indonesia bulan Desember lalu dan dibanderol dengan harga 7 juta ini punya kamera depan beresolusi 8 megapiksel dan kedua kamera belakangnya beresolusi 12 MP. Dengan ukuran layar 5,2 inci, ponsel ini hadir dengan sentuhan baru.

Bekerja sama dengan merk kamera kenamaan Leica, salah satu kamera belakangnya punya fungsi khusus, yakni hanya memotret buat efek BW alias Black and White. Kamera canggih ini juga memungkinkan kamu menangkap gambar dengan jernih meskipun dalam kondisi low light. Ntaps!

Asus Zenfone Zoom S

via: Droid Lime
(Sumber: Droid Lime)

Dengan tagline “Build for Photography”, Zenfone menghadirkan seri dual kamera dengan kamera belakang beresolusi 12 MP dan dilengkapi sama optical zoom hingga 2.3x dan total zoom hingga 12x. Kamera depannya juga gak kalah canggih, yakni 13 megapiksel.

Zenfone S punya layar berukuran 5,5 inci dan juga smartphone dengan baterai 5000mAh tertipis dan teringan saat ini. Bisa juga kamu jadikan power bank untuk gadget lain pas lagi krisis. Dibanderol dengan harga 6 juta, tentu ponsel ini menjawab semua kebutuhan fotografi kamu.

Xiaomi Mi6

via: Gizok
(Sumber: Gizok)

Sempet diduga gak bakal dijual di Indonesia, nyatanya ponsel ini hadir di bulan Mei lalu. Dengan kapasitas RAM luar biasa banyak yaitu 6 GB, dan dijual dengan 2 pilihan yaitu memori internal 64 GB dan 128 GB, ponsel ini lumayan terjangkau dengan harga 6,5 dan 7,4 jutaan.

Dengan ukuran layar 5,15 inci, ponsel ini cukup enak digenggam karena gak gede-gede amat. Kamera depan beresolusi 8 MP, dan kedua kamera belakangnya beresolusi 12 MP. Denga resolusi yang cukup besar, Mi6 menghadirkan efek bokeh yang bikin foto obyek kamu makin keren.

iPhone 7 Plus

via: PC Mag
(Sumber: PC Mag)

Jangan kaget sama harga ponsel keluaran Amerika ini, karena yang kameranya 1 aja harganya mahal, apalagi yang kameranya 2 ya? Nah 2 kamera ini punya fungsi yang beda, yang satu untuk wide angle, dan satunya dibekali dengan lensa tele.

Dua kamera ini juga bisa digunakan buat mendapatkan DoF (Depth of Field) yang lebih tipis atau dikenal dengan nama bokeh yang lebih bagus. Kamera depannya? Cuma 7 MP gengs. Nah soal harga, kamu tinggal pilih nih mau yang 16 atau 17 juta?

Oppo F3 Plus

via: Android Pit
(Sumber: Android Pit)

Kalo 6 handphone sebelumnya punya kamera belakang yang canggih, Oppo si “Camera Phone” ternyata punya trik jitu buat mengambil pasar, yaitu dengan menggagas dual camera depan. Dengan penjualan yang gencar di Indonesia, Oppo nawarin kamu sensasi group selfie yang seru loh!

Dengan kamera belakang 16 MP dan dua kamera dengan yakni 16 MP juga untuk kamera standar, dan 8 MP buat kamera yang mengusung wide angle, jadi cocok buat selfie biar kebagian semua di 1 frame. F3 plus ini juga dilengkapi sama LED Flash di bagian depan, jadi kamu gak usah khawatir kalo mau foto pas lagi gelap. Harganya? 6 jutaan aja gengs, sikat!

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.