Sabtu, 21 Mei 2022

Genmuda – Kata orang, makan cokelat itu lama-kelamaan bisa bikin gemuk. Padahal, sejumlah riset udah ngebuktiin kalau cokelat engga kayak gitu. Bahkan, sebuah riset belum lama ini juga udah ngasih satu lagi alasan biar kamu engga pantang makan cokelat loh, Kawan Muda.

Cokelat yang Genmuda.com maksud di sini adalah cokelat hitam alias cokelat murni. Cokelat hitam memang udah terbukti punya segudang manfaat buat kesehatan dan kecantikan. Mulai dari antioksidan buat menangkal penyakit jantung, endorfin buat nimbulin perasaan bahagia, sampai flavonoid buat kulit, semua bisa kamu peroleh dari cokelat hitam.

Tapi, di samping itu, cokelat hitam sebenarnya juga bisa bikin kamu lebih baik dalam berolahraga. Sebuah riset yang diterbitin di ‘Journal of the International Society of Sports Medicine’ beberapa waktu yang lalu udah nemuin kalau epicatechin — yang merupakan suatu nutrisi tanaman pada kakao — bisa ningkatin stamina dan daya tahan pas kamu lagi fitness.

Kok bisa gitu? FYI, para peneliti udah minta 8 pesepeda santai buat makan 1,4 ons cokelat setiap hari selama dua minggu sebagai pengganti makanan ringan atau makanan penutup manis mereka yang biasanya. Sebagian dari mereka pun harus makan cokelat putih — yang pada dasarnya engga mengandung konten kakao — dan sebagiannya lagi cokelat hitam.

Nah, para pesepeda yang makan cokelat hitam ternyata punya performa yang jauh lebih baik dalam tes fisik ketimbang para pesepeda yang makan cokelat putih. Mereka ngegunain lebih sedikit oksigen, mengayuh lebih jauh sebelum ngerasa lelah, dan mampu menempuh jarak lari yang lebih jauh dari sebelumnya.

Belum usai sampai di situ, para peneliti kemudian menukar pula para pesepeda dan cokelatnya, sehingga pesepeda yang tadinya makan cokelat putih kebagian juga buat makan cokelat hitam dan sebaliknya. Siapa sangka, hasil temuan para peneliti lagi-lagi nunjukin hal yang sama loh, Kawan Muda.

Singkatnya, epicatechin yang banyak ditemuin pada cokelat hitam bakal ngedorong sel di sekitar pembuluh darah buat ngelepasin oksida nitrat, yang pada gilirannya bakal ngelebarin pembuluh darah sehingga aliran darah dan fungsi jantung bakal meningkat. Itulah yang bikin cokelat hitam berpengaruh pada performa olahraga seseorang.

So, pada dasarnya makan cokelat itu sebenarnya bakal bermanfaat banget buat kamu, asalkan kamu masih bisa nakar porsinya, Kawan Muda. Cukup dengan satu setengah potongan cokelat, kamu engga perlu khawatir lagi soal ukuran perut dan pinggang yang bakal membesar. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer