Senin, 16 Mei 2022

Genmuda – Bulan lalu (23/3) Lenovo resmi meluncurkan ponsel baru mereka, yaitu Lenovo Vibe K4 Note. Ponsel satu ini memang termasuk salah satu produk unggulan mereka karena mengusung banyak fitur namun dengan harga yang terjangkau. Terus seperti apa sih kemampuan K4 Note yang katanya cocok banget untuk kamu penikmat multimedia.

Ada beberapa varian yang disediakan oleh Lenovo, namun unit yang akan Genmuda.com review adalah varian 16GB dengan kapasitas RAM 3GB dan dilengkapi dengan teknologi Virtual Reality Glass yang diberi nama TheaterMax oleh Lenovo.

Unboxing

Unit yang kami terima dibalut dengan kotak berwarna putih dan biru langit. Di dalamnya terdapat charger 2A (tanpa dilengkapi teknologi Quick Charge), kabel microUSB, soft case, dan antigores. Engga ada yang spesial dari aksesorisnya, bahkan kamu harus ngerogoh kocek lagi buat beli earphone tambahan.

Design

Lenovo Vibe K4 Note termasuk salah satu ponsel yang berukuran jumbo. Layarnya yang berukuran 5,5 inci dan memiliki bentang layar 1080 x 1920 pixels (~401 ppi) merupakan salah satu layar yang terbilang ciamik. Tingkat kecerahannya pun mencapai 450 nits, warna yang dihasilkan sangat baik dan akurat, makanya ponsel yang satu ini juga bisa kamu pake dengan nyaman di bawah terik sinar matahari. Bahkan bisa dibilang kualitas layarnya bisa bersaing dengan iPhone 6s Plus.

Ponsel ini dibalut frame metal dan plastik polycarbonate di bagian belakangnya. Sedangkan untuk proteksi di bagian depan, K4 masih mengusung Corning Gorilla Glass 3. Terdapat juga 2 buah speaker yang disematkan di bagian depan ponsel untuk memastikan suara yang dihasilkan berkualitas tinggi, apalagi untuk konsumsi multimedia.

Ketika dipegang, K4 Note terasa sangat kokoh dan tidak murahan. Padahal kalau diingat harga yang ditawarkan cukup ekonomis di kelasnya. Dengan berat 158 gram, ponsel sebesar ini masih termasuk cukup mudah untuk digunakan. Sayangnya capacitive button K4 Note belum memiliki backlit, jadi bakalan sedikit kesulitan untuk tekan tombolnya saat gelap.

Hardware

Kartu Sim Dual SIM (Micro-SIM)
Dimensi 153,6 x 76,5 x 9,2 mm / 158 gram
Layar IPS LCD capacitive touchscreen, 5,5 inci 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density) + Corning Gorilla Glass 3
Memori 16 GB, microSD, up to 128 GB
Ram 3 GB
Kecepatan Internet HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
Sistem Operasi Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
Processor / Chipset Mediatek MT6753, Octa-core 1,3 GHz Cortex-A53
Kamera Belakang 13 MP, f/2,2 aperture, dual LED flash
Kamera Depan 5 MP, f/2,2
Kapasitas Baterai Non-removable Li-Ion 3300 mAh battery

Ada beberapa varian yang ditawarkan Lenovo, untuk unit review yang Genmuda.com dapatkan adalah versi 16GB dengan RAM 3 GB. Berbekal prosesor Mediatek MT6753 Octa-Core 1,3 GHz, diharapkan ponsel ini dapat memikat hati para casual user yang engga begitu butuh sama spesifikasi tinggi.

Untungnya kamu bisa menggunakan dual SIM dan bisa berbahagia karena ponsel ini udah mendukung LTE di Indonesia. Batrenya juga terbilang cukup gede, yaitu 3300 mAh.

UX (User Experience)

Smartphone satu ini masih menggunakan Android 5.1 (Lollipop) dan dibalut dengan tampilan antarmuka buatan Lenovo sendiri, yaitu Vibe UI. Beberapa fitur unggulan di Lollipop sendiri bisa kamu temukan di K4 Note, yaitu Material Design, Multi User Support dan Battery Saver. Belum ada kepastian kapan K4 Note bakal dapetin update ke Android Marshmallow.

Antarmuka K4 Note terbilang simpel, bar notifikasi yang disediakan bisa di-edit sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selain itu terdapat juga fitur Wide Touch, di mana pengguna bisa masukin beberapa jalan pintas menuju aplikasi favorit seperti kamera, musik, kalkulator dan sebagainya.

Ada pula fitur Smart Scene yang bisa ngebuat pengaturan ponsel kita berubah sesuai dengan waktu ataupun tempat. Contohnya nih gaes, kamu bisa masukin pengaturan pada jam 9 malam akan otomatis silent, atau langsung otomatis mematikan GPS pas kamu udah terhubung dengan koneksi Wi-Fi di rumah. Ditambah lagi kamu bisa nyalain Knock to Light, yaitu fitur yang ngebuat kamu bisa ngebuka lockscreen hanya dengan mengetuk layar dua kali. Fitur yang satu ini bener-bener bikin ketagihan loh gaes, percaya deh.

Ngomong-ngomong tentang lockscreen, kamu juga bisa pake sidik jari kamu untuk nambah keamanan hape kamu, karena K4 Note udah dilengkapi dengan fingerprint sensor di bagian belakang. Ngebuka kuncinya juga terbilang cepat dan terpercaya, sayangnya kalau jari kamu sedikit basah, sensornya jadi rada sulit untuk memverifikasi jari kamu. Jari yang bisa kamu daftarin ke sensornya cuma dua, sedangkan di ponsel lain ada yang bisa ngasih opsi hingga 5 jari.

Untuk kameranya, ponsel ini dipersenjatai dengan kamera 13 Megapixel dari Samsung S5K3M2 ISOCELL sensor dengan ukuran 1,12 um, aperture f/2,2 dan dual-tone LED flash. Antarmuka kameranya juga sangat simpel, kamu bisa dengan mudah nyalain atau matiin flash, ngubah ke kamera depan dan mode HDR.

Bisa dibilang hasil kameranya cukup baik kalau digunakan di tempat yang memiliki cahaya yang cukup banyak. Macro juga cukup bagus, tapi kameranya sedikit mengalami kesulitan untuk fokus kalau objek yang mau difoto ukurannya kecil. Ponsel ini belum memiliki mode manual, hal ini termasuk wajar mengingat harga yang ditawarkan juga cukup kompetitif. Kalau digunakan di situasi low-light, hasil kamera K4 Note belum bisa dibilang bagus. Warna yang dihasilkan tampak pucat dan memiliki banyak noise.

Lenovo Vibe K4 Note dan VR headset keluaran Lenovo (Foto: Genmuda.com/2016 Eve)
Lenovo Vibe K4 Note dan VR headset keluaran Lenovo (Foto: Genmuda.com/2016 Eve)

Kamera selfie meskipun sudah 5MP tapi tampak kesulitan akibat lensa fokusnya fixed. Kalau tangan kamu engga pas, bisa jadi hasil foto selfie kamu sedikit buram.

Hasil videonya juga kurang memuaskan, meskipun kameranya bisa merekam video Full HD 1080p dengan kecepatan 30fps. Belum ada fitur slow motion recording, tapi hasil suaranya cukup berkualitas.

Untuk pemakaian sehari-hari, K4 Note bisa mengimbangi kebutuhan pengguna pada umumnya. Meskipun di atas kertas prosesornya masih kalah dibanding Snapdragon 650 atau Helio X10, tapi seenggaknya kamu bakal kebantu sama RAM yang cukup lega.

Untuk VR sendiri, Lenovo sudah nyiapin VR headset besutan mereka. Sangat berguna kalau kamu doyan nonton film dari handphone, kamu bisa pake TheaterMax untuk maksimalin pengalaman multimedia kamu.

 

Wrap-Up

Pros
+ Layarnya terang dan akurat
+ Sensor Fingerprint cukup cepat
+ Kualitas suara bagus karena didukung Dolby Atmos
+ Harga ekonomis

Cons
– Batre engga bisa dibuka
– Belum ada fast charging
– Performa gaming masih kurang memuaskan

Bisa dibilang ponsel ini cukup memuaskan pengguna dengan harga yang terbilang miring.

 

Our Score

Design 7

Software 9

Performance 7

Camera 6

Battery Life 7

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast