Senin, 15 Juli 2024

Genmuda – Sadar atau gak, ada beberapa perubahan yang terjadi pada semua orang yang berpuasa. Pola tidur berubah karena sahur, simpanan lemak berkurang karena gak kebanyakan makan, dan kondisi badan juga beda karena gak minum seharian.

Selama puasanya gak ekstrim dari pagi sampai pagi lagi selama berhari-hari, efeknya pasti postif. Meski begitu, napas jadi agak bau sehingga bikin sebagian orang minder ketika berhadapan sama orang lain.

Kamu yang ngerasa punya masalah kayak gitu tapi punya mulut sensitif sebenernya bisa menghilangkan bau mulut tanpa bantuan obat kumur. Caranya cuma ngelakuin kebiasaan sahur yang sepele banget seperti di bawah ini.

1. Sahur dengan sayuran

via Istimewa

Sayuran bukan cuma ngilangin bau dari lambung yang keroncongan, tapi juga secara alami bersihin plak yang menempel di gigi. Serat dari sayur juga bikin isi perut jadi bersih dan mengurangi bau-bau aneh yang mungkin menguap keluar lewat mulut.

2. Cukup karbohidrat

Minimal makan nasi. Kalo bisa, makan juga pisang supaya cukup karbohidrat, sehingga gak gampang loyo. Selain dari faktor tenaga, kalo tubuh kekurangan karbohidrat maka bakal melepas zat bernama ketone yang bikin napas jadi bau.

3. Kurangi daging, keju, dan kopi

via giphy.com

Logikanya gini, deh. Daging dan keju yang membusuk di luar aja bau, apa lagi yang di dalam perut. Kalo gak bisa sepenuhnya mengganti daging dengan kacang-kacangan, tinggal kurangin aja porsinya.

4. Jangan kebanyakan bawang

Bawang putih atau bawang bombay emang bikin makanan lebih enak. Akan tetapi, bau bawang yang nempel seharian di area mulut dan rongga pencernaan, bikin napas jadi gak sedap. Apalagi kalo lupa sikat gigi sebelum sahur. *kelar hidup lo

5. Bersihin sela gigi dan lidah

Pasti jarang deh bersihin sela gigi pakai dental floss. Coba biasaan luangin waktu satu atau dua menit lebih banyak bersihin area yang jarang terjamah sikat gigi itu dan jangan lupa juga bersihin lidah.

6. Banyak minum air putih

via giphy.com

Proses minum air putihnya harus dimulai dari buka puasa. Empat gelas saat berbuka dan empat gelas pas sahur pasti cukup untuk mengurangi bau mulut kamu. Soalnya, salah satu penyebab bau mulut ya kekurangan cairan.

7. Jangan ngerokok

Gak usah dijelasin panjang lebar juga kamu udah tau kan betapa buruknya rokok bagi kesehatan.

8. Berkumur dengan air cengkeh

Ini opsi lain buat perokok. Kamu masih bisa ngerasain sensasinya sebats dengan berkumur pakai air cengkeh. Beli aja cengkehnya di pasar atau supermarket, abis itu rebus pakai air hangat kayak lagi bikin teh. Kalo udah gak panas, langsung aja berkumur disusul dengan menyikat gigi.

9. Susah nyari cengkeh? Berkumur pakai air garam+lemon

Kalo cengkehnya mahal atau susah dicari, berkumur aja pakai air garam dengan campuran lemon atau jeruk nipis. Efeknya sama-sama bikin napas kamu segar, kok.

10. Sembuhin penyakit kamu!

via Istimewa

Kalo trik di atas gak berhasil, mungkin ada yang salah dengan kesehatan kamu. Soalnya, napas bau tuh tanda utama kamu lagi sakit. Jadi, sembuhin dulu deh penyakitnya biar napas tetep segar.

Kalo mau lebih jelas sih, kamu bisa baca pendapatnya di sini, ini, atau ini. Yuk, lah! Selamat berpuasa kalo kamu menjalankannya dan jangan batal di tengah jalan, ya (kecuali yang berhalangan). (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.