Rabu, 21 April 2021

Genmuda – Harus diakui kalo yang namanya penggunaan paket internet di Android itu emang gede. Apalagi beberapa aplikasi game juga membutuhkan data internet yang gede. Mau engga mau caranya cuma hemat kuota, apalagi ini masih akhir bulan.

Eits, hemat bukan berarti engga main Android sama sekali ya. Genmuda.com sadar kok kalo mengakses internet lewat smartphone tuh udah jadi kebutuhan wajib kamu milenia kayak Kawan Muda. So, gimana caranya jadi pengguna Android yang bijak dalam pemakaian kuota? Perhatiin yuk 10 langkah berikut ini biar kantong kamu engga jebol.

1. Kirim file pakai bluetooth aja

Kirim-kiriman file pakai cloud-transfer tuh sangat ngabisin kuota internet, bukan cuma punya kamu tapi juga orang yang nerima filenya. So, ada baiknya kamu back to basic. Pakai aja Bluetooth buat mindahin file kalo kamu lagi sama temen. Emang sih transfer file macam ini cuma bisa dilakukan kalo kamu dan temen dalam jarak di bawah 10 meter. Tapi, kamu bisa menghemat banget.

2. Offline navigation

Sekarang, peta Google Map udah bisa didownload dan diakses secara offline kok. Atau, kamu bisa pakai aplikasi Sygic GPS. Appsnya emang engga sepopuler Waze dan Google Map. Tapi, apps peta dan navigasi jalan itu emang dibikin supaya bisa diakses secara offline. Dengan kata lain, kamu engga bakal boros kuota intenet kalo lagi nyari jalan.

3. Masukin lagu ke ponsel aja keleus

(Sumber: fonepaw.com)

Apps dan situs streaming lagu macam Spotify, 8Tracks, dan YouTube emang jadi sumber hiburan yang menggiurkan apa lagi waktu bosen. Sadar engga kalo apps streaming macam itu tuh sangat menguras data internet. Daripada kamu bolak-balik streaming lagu yang sama, mendingan kamu download lagunya terus kamu dengerin lewat music player biasa biar lebih hemat.

4. Engga usah auto update

Update apps jadi salah satu penyebab paket data terkuras drastis. Karena itu, baiknya kamu matikan fitur auto-update dari Google Play kamu. Tinggal buka Google Play, kemudian buka Setting dan masuk ke menu Auto-Update Apps. Setelah itu, kamu tinggal pilih Do Not Auto-Update Apps biar engga ada apps yang update otomatis. Atau, pilih Auto-Update Apps over Wi-Fi Only biar tiap apps cuma bisa update otomatis kalo lagi pakai WiFi.

5. Background datanya matiin deh

(Sumber: androidpit.com)

Background data merupakan paket internet yang dipakai meski appsnya engga lagi kamu buka. Biasanya sih ini dipakai buat sinkronisasi email, update dari medsos, atau update ramalan cuaca. Cara matiinnya gampang banget. Buka aja Setting di Android kamu, terus masuk menu Data Usage dan pilih Restrict app background data.

6. Main game offline aja

Sadar engga kalo game macam Pokémon GO, Criminal Case, Candy Crush, Tap Titan, atau Tahu Bulat tuh selalu mengonsumsi paket data waktu kamu mainin? Mereka gunain data itu biar terus tersambung ke server dan terus mengupdate peringkat kamu. Biar irit, kamu bisa matiin sambungan ke server di pengaturan tiap game.

7. Buang Facebook App

Aplikasi dari medsos yang paling banyak digunakan ini emang terkenal sangat haus baterai dan paket data. Udah deh hapus aja. Kamu bisa download apps yang namanya Tinfoil Facebook. Itu jauh lebih hemat. Atau, buka FB pakai browser aja. Simpel.

8. Pakai Opera Video Compression

(Sumber: androidpit.com)

Punya fitur mengompres video merupakan salah satu keunggulan browser Opera dibanding browser lain. Kamu bisa pakai fitur itu biar streaming videonya makin cepet dan udah pasti lebih irit data internet. Buka Settings di browser Opera-nya, terus masuk menu Data Savings. Di dalemnya, kamu centang deh opsi Video compression. Vòila!

9. Compress Web Lewat Chrome

(Sumber: androidpit.com)

Kalo sering browsing pakai Chrome, baiknya sih kamu nyalain fitur web compression di browser itu. Dengan mengompress situs, kamu bisa hemat 30-35% data interet. Buka Settings di Chrome kamu, terus masuk ke menu Data Saver. Tinggal kamu centang aja pilihan data saver itu. Udah. Gitu aja. Gampang kan?

10. Batasi pemakaian apps boros data

Kalo kamu buka menu Data Usage di Android Settings, kamu bakal nemu daftar aplikasi mana aja yang paling banyak gunain data internet kamu. Tinggal hapus aplikasi rakus itu. Atau, kamu bisa matikan fitur auto sync masing-masing aplikasinya. Kalo engga bisa matiin fitur itu, yah giliran kamu yang perlu menahan diri supaya engga keseringan mainin appsnya.

Dengan 10 tips itu, kamu bukan cuma bisa hemat pake data internet, tapi juga hemat baterai. Hemat baterai kan sama aja dengan hemat listrik. Lumayan lah itung-itung buat menyelamatkan lingkungan. Jadi, gimana menurut kamu? Ada cara lain buat hemat data internet Android? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.