Jum'at, 30 Oktober 2020

Genmuda – Dimana-mana, kontes pemilihan cewek-cewek tercantik itu pasti ada peragaan busana pantai alias peragaan bikini. Gak tau kapan mulainya, tapi peserta kontes kecantikan di negara manapun, selain Indonesia dan mungkin negara dengan popularitas Muslim lainnya, pasti mengharuskan pesertanya jalan di runway dengan menggunakan bikini.

Tapi, sebenernya gak penting juga sih kenapa di kontes kecantikan atau beauty pageant si peserta harus pake bikini. Toh yang paling penting dari mereka adalah jawaban dari pertanyaan para juri, bukan sebagus apa tubuh mereka ketika dibalut sama kostum pantai itu. Malah di tahun 2014, ada rumor kalo penggunaan bikini ini bakal dihilangkan. Tapi, di negara ini, pesertanya justru harus pake bikini loh!

Wah dimana tuh?!

Eits semangat banget? Jangan berharap banyak ya, nanti kamu kecewa loh. Jadi, kontes ini emang bener peragaan busana yang mengharuskan pesertanya cuma pake bikini aja, alias bra dan celana dalam, dan ada juga yang mengenakan baju renang biasa, meski ada juga yang pake baju tradisional daerahnya. Pokoknya, ini harus kebuka gitu deh!

Look at all the amazing grandmas taking part in China's senior swimsuit contest
Sumber: Metro

Kontesnya pun dilakukan di kolam renang Happy Magic Watercube yang bernuansakan pantai, di salah satu daerah di China, yaitu Tianjin. Sebanyak 400 lebih perempuan ikut ambil bagian dalam kontes ini, dan tau gak sih kamu yang ikutan umurnya berapa?

Berapa hayo umurnya…

Kalo biasanya beauty pageants lain mengharuskan pesertanya berusia minimal 17 tahun sampe 25 tahun aja, kontes ini jelas lain dari yang lain. Karena pesertanya haruslah nenek-nenek yang minimal usianya adalah 55 tahun. Goks abis kan! Eits, gak cuma nenek-nenek aja nih yang ikutan, karena ada kakek-kakeknya juga loh!

Mereka yang ikutan lomba ini harus berbaris dan berjalan di pasir putih selayaknya para model yang jalan di runway, lalu berpose diatas sebuah lingkaran yang udah ditentukan sama juri. Acara ini diadain sama Hetong Elderly Welfare Association dan tujuannya adalah untuk mempromosikan tentang hidup positif dalam menjalani masa tua.

Look at all the amazing grandmas taking part in China's senior swimsuit contest
(Sumber: Metro)

Dan kamu tau gak peserta tertua yang ikutan lomba ini? Dia adalah nenek yang berusia 78 tahun yang bernama Ma Jing dan dia adalah penderita kanker. Doi terlihat gorgeous banget dalam balutan bikini birunya, meski kulitnya udah keriput dan rambutnya udah memutih.

“Saya sangat terhormat untuk mengikuti kontes bikini di umur setua ini. Untuk saya itu berarti bahwa saya sehat secara mental dan sehat secara fisik.” terang nenek Jing.

Look at all the amazing grandmas taking part in China's senior swimsuit contest
(Sumber: Metro)

Kontes ini diakui sangat ngebantu buat menaikkan percaya diri para peserta buat tetep nyaman untuk menunjukkan dirinya yang sesungguhnya, meski udah setua itu. Kontes yang udah dilaksanain selama 3 tahun ini, menghadiahkan 100 penghargaan buat kontestan yang menang dalam kontes itu. Keren ya! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.