Sabtu, 13 Juli 2024

Genmuda – Seiring berkembangnya dunia fesyen, berbagai inovasi baru akhirnya terus bermunculan. Busana Muslim pun engga luput dari perkembangan dan inovasi tersebut.

Baru-baru ini, Dolce & Gabbana udah ngeluncurin koleksi busana Muslim perdananya. Koleksi tersebut kabarnya terdiri dari 14 tampilan dalam warna-warna netral dengan aksen renda serta desain bunga dan lemon khas rumah mode Italia itu.

Dolce & Gabbana the Abaya collection ❤️❤️❤️❤️ #dgabaya ❤️

A post shared by stefanogabbana (@stefanogabbana) on

Kabar tersebut pertama kali diungkapin secara eksklusif oleh Style.com/Arabia. Desainer Stefano Gabbana pun dengan bangga udah nyebarin kabar gembira itu lewat akun Instagram-nya, dengan nyertain caption, “Dolce & Gabbana the Abaya collection #dgabaya”.

Well, tentu harga yang ditawarin Dolce & Gabbana bakal jauh ngelampauin kisaran harga kebanyakan orang. Terlepas dari itu, tetap aja koleksi busana Muslim perdana Dolce & Gabanna tersebut bakal bikin banyak cewek cukup terobsesi buat bisa punya.

#dgabaya ❤️❤️❤️❤️❤️

A post shared by stefanogabbana (@stefanogabbana) on

Dolce & Gabbana pun bukan merek fesyen ternama pertama dan satu-satunya yang ngeluarin koleksi busana Muslim, atau minimal nampilin model Muslim. Sebelumnya, ada juga beberapa merek fesyen ternama lainnya yang udah lebih dulu ngambil langkah serupa.

So, apa aja sih merek-merek fesyen ternama tersebut? Berikut ini adalah 5 contohnya:

 

  1. DKNY
(Sumber: The Independent)

Di tahun 2014, DKNY udah berkolaborasi dengan editor fesyen Styles Magazine, Yada Golsharifi, dan desainer Dubai, Tamara Al Gabbani buat ngerilis koleksi Ramadan perdananya, yang terdiri dari beragam outfit yang cantik dan elegan. DKNY pun bisa dibilang udah jadi rumah mode yang ngepeloporin peluncuran koleksi busana Muslim.

  1. Mango
(Sumber: MVSLIM)

Tahun lalu, Mango udah ngeluncurin koleksi Ramadan perdana mereka. Koleksi tersebut mungkin terkesan lebih berfokus pada wanita Muslim, tapi sebenarnya bisa dipakai pula oleh wanita manapun. Walau agak lebih lebar dan lebih tertutup, koleksi tersebut engga kalah kece dan elegan dari koleksi-koleksi busana lainnya kok, Kawan Muda.

  1. Tommy Hilfiger
(Sumber: Emirates Woman)

Engga lama setelah Mango ngeluncurin koleksi Ramadannya, Tommy Hilfiger ternyata langsung menyusul dengan koleksi serupa, namun dalam edisi terbatas. Koleksi Ramadan Tommy Hilfiger cuma tersedia di Timur Tengah serta terdiri dari gaun, rok, blus, dan bolero.

  1. Uniqlo
(Sumber: Uniqlo)

Bekerja sama dengan desainer Hana Tajima, tahun lalu Uniqlo udah ngerilis koleksi Hana Tajima LifeWear, yang antara lain terdiri dari koleksi hijab. Kolaborasi Uniqlo dan Hana lalu berlanjut di tahun ini lewat Uniqlo x Hana Tajima, yang diluncurin secara online pada Jumat (8/1) ini dan bakal tersedia di Uniqlo Malaysia mulai Jumat (15/1) mendatang (serta beberapa toko tertentu di Singapura, Indonesia, dan Thailand).

  1. H&M
(Sumber: thenational.ae)

Di tahun 2015, H&M untuk pertama kalinya nampilin seorang model Muslim. Model keturunan Pakistan-Maroko bernama Mariah Idrissi (23) itu merupakan salah satu dari sejumlah model yang terlibat dalam film pendek H&M, ‘Close the Loop’, yang nampilin keberagaman dalam fesyen. Mariah pun ngaku kalau doi ngerasa sangat terbantu selama proses syuting karena H&M nyediain area berpakaian pribadi dan ngejamin interaksi yang terbatas dengan laki-laki. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer