Kamis, 1 Desember 2022

Genmuda – Indonesian Student Youth Forum (ISYF) kembali ngadain perhelatan akbar yakni Forum Pelajar Indonesia (FOR) ke-7 yang diikuti oleh 250 pelajar SMA se-Indonesia. Acara FOR yang berlangsung sejak 10-14 November 2015 ini, mengedepankan prinsip kebersamaan dalam keberagaman (United in Diversity) yang diimplementasikan dalam berbagai kegiatan yang meliputi bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan dan kebudayaan, kewirausahaan dan wawasan kebangsaan yang sesuai dengan Nawa Cita pemerintah Indonesia.

Adapun rangkaian kegiatan yang telah diikuti oleh peserta FOR antara lain; Meet the CEO, Meet the Leader, Corporate Visit, Serial Workshop, Cultural Performance, FGD, Kunjungan Kenegaraan, dan Social Action.

Dengan tema “Revolusi Karakter Pelajar Indonesia”, diharapkan dapat membuka mata anak muda untuk dapat berpikir rasional, berpikir masa depan, memiliki pola pikir untuk maju serta selalu berpikiran positif. Menurut A Fajar Kurniawan, Founder dari Indonesian Student Youth Forum (ISYF), pelajar saat ini perlu mendapatkan banyak pembekalan dan inspirasi sejak dini dari para tokoh muda yang mampu menginspirasi mereka untuk bisa meraih keberhasilan yang mereka impikan.

Pada penghujung acara FOR ke-7 ini, para peserta mendapatkan kesempatan buat ketemu sama tokoh muda inspiratif agar mereka dapat berdiskusi langsung dan mendapatkan insight dari para tokoh muda tersebut. Kali ini, Founder Kaskus, Ken Dean Lawadinata dan Naya Anindita ‘Jalan-Jalan Men’ yang berbagi pengalaman dan kisah mereka dengan para peserta FOR.

Ken Dean Lawadinata merupakan tokoh muda yang selama ini sudah banyak memberikan inspirasi bagi para pengusaha muda Indonesia untuk bekerja lebih giat dan pantang mundur dengan ide-ide cemerlang yang dimiliki. Kisah Ken akhirnya diangkat ke dalam layar lebar lewat film ‘Ken and Andrew The Movie’. Ken merasa senang bisa berbagi pengalaman dengan peserta FOR yang masih duduk di bangku SMA .

Sutradara muda Naya Anindita dan Founder Kaskus Ken Dean Lawadinata saat berbincang di sela-sela sesi Temu Tokoh Muda dengan peserta FOR ke-7
Sutradara muda Naya Anindita dan Founder Kaskus Ken Dean Lawadinata saat berbincang di sela-sela sesi Temu Tokoh Muda dengan peserta FOR ke-7

“Saya tidak meragukan potensi para pelajar dan pemuda di Indonesia untuk menjadi pengusaha. Pola pikir dan mental pelajar atau pemudalah yang selama ini patut diacungi jempol karena dapat menjadi inspirasi para entrepreneur atau pengusaha. Dan ide-ide gemilang serta inovasi yang kreatif banyak sekali bermunculan dari para pemuda-pemudi Indonesia,” ujar Ken.

Sementara itu, sutradara muda Naya Anindita juga menambahkan, bahwa kecintaannya pada dunia film yang kini menjadikannya sebagai seorang sutradara muda Indonesia, juga berakar dari kemauan dan niat yang kuat.

“Film Ken and Andrew The Movie adalah film layar lebar pertama buat saya dimana saya bertindak sebagai sutradara. Ini suatu kebanggaan saya dan keberhasilan saya karena niat dan cita-cita tadi yang membuat karakter saya terbentuk. Saya harap para pelajar saat ini pun mampu menjadi seorang inspirator untuk orang lain, menjadi manfaat bagi orang lain,” terang Naya.

Ikhsan Muslimin, salah satu peserta asal SMAN 1 Towuti Sulawesi Selatan merasa beruntung dapat ikut serta ajang FOR ke-7 tahun ini. “Saya senang sekali bisa menjadi salah satu peserta FOR, karena bisa mendapatkan pengalaman berharga yang belum tentu bisa didapatkan oleh teman yang lain. Beruntung sekali dengan adanya acara ini saya juga bisa bertemu dengan tokoh-tokoh di Indonesia yang inspiratif untuk saya dan teman-teman peserta FOR,” uangkapnya

Rangkaian kegiatan FOR ke-7 berakhir pada Sabtu 14 November 2015. Upacara penutupan telah dilaksanakan pada Sabtu malam dan diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada 250 peserta yang berasal dari 124 sekolah di 27 provinsi di Indonesia. (adv)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.