Rabu, 24 April 2024

Genmuda – Hadirnya YouTube sebagai media yang justru mainstream di kalangan anak muda bikin siapa aja punya kesempatan besar buat terkenal. Konten materi video kreatif jadi kunci keberhasilannya. Sementara tampang cakep dan TV-able jadi nomor sekian.

Itu yang dipercaya Kemal Palevi sejak mulai berkarya. Cowok kelahiran 25 Agustus 1989 itu kini telah memproduksi naskah Stand Up Comedy, film layar lebar, serta video YouTube yang materinya nyentil banget.

Bahkan, doi juga dipercaya sebagai penyiar di salah satu radio swasta dan juga jadi salah satu perwakilan Indonesia di Viral Fest Asia 2016 bulan Juli kemarin. Semuanya doi lalui lewat proses. Engga ada yang instan. Berikut ini perjalanan karir dan pendapat dari Kemal soal dunia kreatif di Indonesia. Cekidot!

Genmuda: Mau sedikit nge-rewind waktu nih. Waktu awalnya seorang Kemal Palevi ikut Stand Up Comedy tuh ceritanya gimana?

Kemal: Gue terlibat Stand Up Comedy gara-gara Raditya Dika, sih. Sekitar 2011 itu, Dika dan Pandji Pragiwaksono bikin komunitas Stand Up dan ngajak orang gabung. Waktu tau soal Komunitas Stand Up Indo, gue ngerasa bisa dan mau nyoba. Abis itu, nyamper Pandji dan Radit di Comedy Café.

Begitu mereka bikin acara-acara stand up pun gue langsung ikutan. Gue termasuk anggota generasi awal di komunitas itu. Kalo diibaratin kampus, gue jadi senior di Stand Up Indo.

 

Genmuda: Kalo gitu, kenapa pada akhirnya lo beralih ke dunia per-YouTube-an?

Kemal: Dunia YouTube dan Stand Up sebenernya engga terlalu jauh. Gue pakai YouTube buat nyalurin materi-materi yang engga sempet gue bawain live. Selama masih ada kanal video [stand up], Stand Up Comedy pun engga bakalan habis peminatnya. Selain itu, peristiwa-peristiwa yang enak dijadiin materi video juga makin banyak. Misalnya aja sopir taksi pada berantem, sinetron gak mutu yang episodenya gak abis-abis, atau hal-hal macam kayak gitu.

Genmuda: Meski keliatannya punya kerjaan yang enak di mata anak muda, tantangan apa yang lo hadapi sebagai YouTuber?

Kemal: Paling menantang tuh bikin konten yang menarik, bisa ngundang banyak penonton, dan akhirnya booming. Perlu otak yang encer dan penyampaian yang oke buat mencapai itu. Kontennya juga harus beda dari orang lain. Itu berhubungan dengan originalitas.

Gue pun jadinya perlu memperbanyak referensi dari video-video lain. Tentu saja supaya gue makin smart dan lawakan videonya makin sesuai keresahan yang dirasa anak muda.

 

Genmuda: Kalo gitu, lebih penting konten daripada kualitas gearnya?

Kemal:  Udah pasti lebih penting konten. Bikin video YouTube pakai kamera smartphone juga jadi kok. Buktinya, video rekaman HP yang isinya orang ngomong di dalem mobil aja bisa ditonton ratusan ribu orang kan. Karena itu, jangan ngebatasi diri kalo ngerasa engga punya gear yang oke.

Rekaman pakai kamera HP seadanya tetep bisa menarik asalkan materi yang dibawainnya mateng. Justru dengan keterbatasan itu seharusnya orang jadi memaksimalkan kreativitasnya. Karena itu lah kontennya perlu jenius atau kreatif.

Karena hal itu para YouTubers bisa dibayar mahal oleh brand ternama. Kreativitas mereka bikin orang percaya. Dan karena itu pula gue bisa diundang ke beberapa tempat.

 

Genmuda: Gimana pengalaman lo jadi perwakilan Indonesia di Viral Fest Asia 2016 (VFA) kemarin?

Kemal: Acaranya itu ‘pecah’ banget sih. Apa lagi pas konser, gala diner, dan workshop. Tapi sayang banget YouTuber Indonesia yang ke sana engga banyak berinteraksi dengan YouTuber negara lain yang juga dateng. Yang dari negara lain juga sama aja. Padahal, acara itu jadi kesempatan baik, buat bertukar pikiran dengan orang-orang dari seluruh dunia yang punya hobi dan bidang serupa.

“Gue ngerasa humor itu bukan bakat, tapi hal yang perlu dilatih.”

Genmuda: Terus, tema apa yang populer dan diminatin netizen juga YouTuber di VFA?

Kemal: Udah pasti tema ‘keresahan anak muda’ yang lagi populer. Misalnya aja, tentang orang yang terlalu lebay main medsos, cewek yang keranjingan snapchat, tentang muka orang yang dipoles Camera 360, atau tentang diputusin pacar. Pada dasarnya, kontennya mirip dengan konten yang booming juga di Stand Up Comedy.

Karena keresahan di tiap negara tuh berbeda, video yang booming di Indonesia belom tentu bisa terkenal juga di negara lain dan begitu juga sebaliknya. Bisa jadi, video YouTube yang bahas soal operasi plastik lebih populer di Korea Selatan daripada ngomongin soal korupsi atau putus cinta misalnya.

 

Genmuda: Dengan profesi lo sekarang, lebih seru jadi YouTuber atau penyiar radio?

Kemal: Dua-duanya seru kok. Gue suka siaran di radio karena di situ spontanitas dan sense of humor gue dilatih. Meski gue udah dikasih materi siaran sama tim kreatif radionya, gue tetep mesti ngembangin hal itu biar lucu dan sesuai dengan isu kekinian.

Gue ngerasa humor itu bukan bakat, tapi hal yang perlu dilatih. Hasil ‘latihan’ gue sebagai penyiar radio kan nantinya bisa dipakai di YouTube. Harapannya sih video gue bakal makin lucu dan nyentil biar penontonnya makin banyak.

 

Genmuda: Setelah film ‘Jagoan Instant’, ada rencana garap film berikutnya? Apakah posisi lo masih sama?

Kemal: Di film nanti gue tetep jadi aktor, sutradara, sekaligus penulis naskahnya. Ke depannya, gue udah mikir sekitar dua-tiga film lagi. Yang jelas genre filmnya komedi dan nyeritain anak kuliahan bandel yang pengen tobat. Di film itu gue bakal nunjukin kehidupan anak kuliah kekinian.

©Genmuda.com/2016 Everlyn
©Genmuda.com/2016 Everlyn

Genmuda: Jujur, lebih seru bikin naskah atau jadi aktor?

Kemal: Lebih seru bikin naskah lah. Udah jelas. Bukannya gimana-gimana. Tapi, gue ngerasa seperti jadi Tuhan kalo lagi bikin naskah. Soalnya, gue bisa bikin kehidupan, detil karakternya, hingga konflik-konfliknya. Lucu aja hasil imajinasi gue yang berasal dari kamar itu bisa diperanin orang, berakhir di bioskop, dan gue bisa dapet duit dari situ. He-he.

 

Genmuda: Profesi lo kan banyak, lebih seneng disebut YouTubers, Komika, Aktor, atau Penyiar?

Kemal: Apa ya. Gue pengennya dibilang seniman aja deh. Itu udah paling adil. Bukan maruk loh. Gue ngelakuin semua itu karena suka. Selain itu, bidang yang gue kerjakan sejauh ini kan ‘senapas.’ Semuanya saling berkaitan dan mirip-mirip.

Selain itu, gue pengen bilang ke anak muda supaya jangan ngebatasi diri. ‘Kita bisa sukses di semua bidang dengan syarat kita suka sama bidang itu. Mumpung masih muda dan punya energi, lakuin aja semua yang disuka’. Daripada nanti nyesel ketika udah tua.

Kalo emang suka sama kerjaannya, secapek pun engga bakal terasa. Sama aja kaya lagi pacaran. Lo pasti rela kan ngapelin cewek atau cowok lo meski jaraknya kaya dari Jakarta-Bekasi sekalipun. Itu karena apa? Karena lo cinta, kan?

 

Genmuda: Siapa sih tokoh yang pengen banget lo ajak kolaborasi di salah satu karya lo?

Kemal: Alhamdulillah semua orang yang pengen gue ajak kolaborasi udah pernah kerja bareng gue semua. Misalnya aja sama Om Indro Warkop, Sophia Latjuba, Prisa Nasution, atau Bang Yayan Ruhian. Kebetulan gue berhasil mencapainya waktu main di film-film ‘Comic 8’.

 

Genmuda: Ada cita-cita lo yang belom kesampean?

Kemal: Ada. Gue belom menang award, macem Penulis Karya Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, atau apapun lah. Gue juga pengen banget bikin perusahaan sendiri.

Tentu aja bidang usahanya yang bisa bikin gue bantu anak muda ngembangin kreativitasnya. Harapannya sih gue bisa bantu orang tenar di YouTube bukan karena tampang doang, tapi karena materinya yang smart.

 

Genmuda: Apa tips buat Kawan Muda yang mau atau sedang merintis di bidang seperti yang lo geluti?

Kemal: Tipsnya pede aja. Engga perlu takut karya lo nanti engga disuka orang. Kalo diri sendiri yang kebanyakan mikir yang engga-engga dan ngebatasi diri, kapan berkaryanya? Jangan takut gagal, kali. YouTuber di seluruh dunia pun butuh proses hingga akhirnya bisa bikin konten yang oke banget.

“…engga mungkin orang bisa langsung dapet 100 kalo prosesnya engga dimulai dari angka 1.”

Kalo dicengin, ya lo belajar supaya bikin karya yang lebih bagus lagi. Terus perbaiki diri hingga lo bikin karya yang engga ada celahnya. Jadi, haters engga bakal bisa ngomong apa-apa lagi. Ya kali deh lo mau langsung dipuji orang cuma dengan satu karya. Ibaratnya, engga mungkin orang bisa langsung dapet 100 kalo prosesnya engga dimulai dari angka 1.

 

Genmuda: Kalo diantara angka 1-100, seorang Kemal Palevi udah sampe di angka berapa?

Kemal: Gua masih 40 kali. Masih jauh dari sempurna. Kalo 100 mungkin udah kayak Slank atau Oom Iwan Fals. Itu tahap ketika orang dihargai emang karena karyanya.

 

Genmuda: Apa tiga kata yang bisa mewakili kemal?

Kemal: Beriman, beribadah, dan sukses. Luar biasa! Hahaha…

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.