Selasa, 4 Oktober 2022

Genmuda – Kawan Muda pasti udah gak asing lagi kan sama sticker di Line? Rasanya emang gak lengkap ya kalo ngobrol di Line tanpa pake sticker, meskipun cuma sekedar buat bilang HAHA atau nunjukin ekspresi sedih. Pokoknya, semua ekspresi udah bisa terwakili sama adanya sticker.

Ngomong-ngomong soalsticker, kalian tau gak sih siapa yang bikin sticker Mr. Kumis di Line? Sticker Mr. Kumis ini adalah salah satu sticker yang pernah menduduki top 10sticker yang paling banyak dibeli sama pengguna Line.

Kalo kamu search di bagian sticker dengan kata kunci “Mr. Kumis”, kamu bakal nemuin beberapa stiker yang serupa yaitu “Kumis Mas Gundul”, “Kumis yang Lain”, “Aku Kamu dan Kumis”, “Buku Harian Kumis”, Kumis Tralala”, “Mr. Kumis Chibi Edition”, dan “Sahabat Kumis”.

Buat Mr. Kumis sendiri dijual dengan harga Rp 23.000 dan terdiri dari 24 sticker. Tapi kamu juga bisa beli sticker sachet dengan harga lebih murah, tapi jumlah sticker lebih sedikit. Contohnya sticker “Buku Harian Kumis” yang terdiri dari 8 sticker dan dijual seharga Rp 2.400.

Kenalan dulu ya sama sang kreator

©Genmuda.com/2017 Intan
Ini dia Kang Archyd. Kreator dibalik sticker Mr. Kumis yang nyeleneh itu. ©Genmuda.com/2017 Intan

Mohamad Archyd Ekaputra atau biasa dipanggil Archyd adalah sosok di balik karakter Mr. Kumis sekaligus kreator sticker dengan nama “Enhanced Monkey”. Cowok kelahiran 10 September 1988 ini udah punya sekitar 22 karakter sticker, dan Mr. Kumis adalah salah satu karakter yang paling populer karena pernah menduduki peringkat pertama selama 6 hari berturut-turut sebagai sticker yang paling banyak dibeli.

Saat Genmuda.com wawancarai via email soal pendapatannya, doi gak mau ngasih tau secara langsung nih, rahasia dapur katanya. Tapi dari pengakuaannya, doi bisa dapet sekitar 1000-an Yen dalam sehari. Nah, itung aja sendiri coba deh.

Berawal dari iseng

©Line Indonesia
©Line Indonesia

Setelah menghadiri acara Line Creative Talk dan ketemu sama para kreator-kreator di Line Sticker dan Line Webtoon beberapa minggu yang lalu, doi menceritakan awal karirnya yang emang gak serius buat menekuni kerjaan ini.

“Awal saya jadi kreator sticker itu di tahun 2015. Waktu itu saya sering pake sticker kalo ngobrol di Line, dan ternyata bisa bikin sticker sendiri. Waktu itu saya gak punya alat gambarnya, cuma pake kertas sama spidol. Di foto pake handphone, terus dipindahin ke komputer, baru diedit.” Aku kang Archyd saat diwawancara pada acara Line Creative Talk.

Menurutnya gak ada inspirasi atau ide khusus buat bikin karakter si Mr. Kumis, karena gagasan itu hadir dari obrolan-obrolan sehari-hari atau tingkah laku orang di sekitarnya aja. Misalnya, ketika lagi ngobrol dan ada cerita-cerita lucu, dari sinilah si ide itu akhirnya bermunculan. Sosok Mr. Kumisnya sendiri adalah seorang bapak-bapak atau mas-mas keker berkacamata dan berkumis tentunya.

“Karena saya malas membuat karakter mata, makanya saya memutuskan untuk membuat karakter berkacamata. Untuk kumisnya hanya pemanis saja biar rada macho hehehe”, tutur Archyd.

Selain karakter, Mr. Kumis juga dilengkapi sama kata-kata kocak dan kekinian kaya “Oke oce”, “Ena ena”, “Nyimak” dan “Anjay”. Saat ditanya mengenai inspirasi gimmick tersebut doi cuma bilang random aja.

“Sejujurnya semua itu hanya ke-random-an yang HQQ haha. Biasanya saya dapet kata-kata dari obrolan, chat, media sosial dan lain-lainnya.” ungkpan Archyd.

Cowok lulusan Universitas Langlangbuana Bandung jurusan Ekonomi ini awalnya gak nyangka kalo sticker buatannya banyak yang beli. Bahkan doi sempat ngerasa minder karena sticker yang ada di pasaran sekarang itu banyak yang lebih bagus dan lebih bervariatif.

Namun karena keminderan inilah yang bisa jadi semangat buat berkarya lebih bagus, dan menduduki peringkat pertama lagi di line store. Untuk bisa jadi kreator sticker di Line sendiri, Archyd berpesan bahwa yang paling penting adalah gak takut buat mencoba hal baru, mulai bikin dari sekarang, dan mesti percaya sama diri sendiri.

“Jangan bikin sticker pas sekolah atau pas lagi di kantor, nanti kena omel si obos (bos maksudnya guys) hahahaha.”

Nah itu tadi wawancara sama Kang Archyd, si kreator sticker Mr. Kumis di Line. Kalo kamu juga tertantang jadi kreator sticker di Line kayak doi langsung aja kunjungi situs Line. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.