Rabu, 23 September 2020

Genmuda – Jaman sekarang rasanya susah ya kalo ke mana-mana dengan “bare face” gitu. Seenggaknya pake BB atau CC atau DD cream. Engga sampe DD cream aja, ternyata ada juga loh EE cream! Duh banyak banget ya ternyata cream yang dibutuhin sama kulit kita, khususnya cewek yang perhatian sama penampilan wajahnya.

Sekarang Genmuda.com mau kasih tau kamu nih sejumlah perbedaan dari BB, CC dan DD cream dilihat dari segi fungi, kapan harus ngegunainya, apa keuntungannya, dan “coverage”nya seperti apa. Nih langsung baca selengkapnya di bawah:

1. BB Cream

via: Google
Ini yang namanya BB Cream (Sumber: Istimewa)

“BB Cream” Krim ini awalnya digunakan di Jerman pada tahun 1960 untuk membantu menyamarkan bekas luka operasi. Dan di tahun 1980an, BB krim jadi populer di Asia, apalagi di Korea Selatan. Terus apa sih kepanjangan BB krim? BB krim adalah singkatan dari “blemish balm krim” atau “beauty balm krim”.

Tujuan dari BB krim ini adalah buat menyembuhkan dan melindungi kulit kamu, baik dari sinar matahari atau semua debu-debu yang kita hadapin setiap hari. Selain untuk kulit yang normal, BB krim ini juga bisa aman untuk kulit yang sensitif loh. Tapi, ternyata BB krim ini engga terlalu cocok buat kulit berminyak dan gampang jerawatan. Kegunaan lain dari krim ini adalah untuk melembabkan dan mencerahkan wajah, sekaligus sebagai primer, dan sunscreen (tapi pastiin punya SPF yang cukup ya).

FYI, beda warna kulit, beda juga loh pilihan warna yang harus dipakai. Jangan sampe terlalu terang, atau yang ada di bawah warna kulit kita. Untuk pilihan warnanya, mulai dari yang paling terang (extra light) sampai menuju ke warna sawo matang/coklat (medium to dark) ada kok. Jadi tinggal sesuain aja sama warna kulitmu.

2. CC Cream

via: Google
Ini yang namanya CC Cream (Sumber: Istimewa)

Nah, kalo CC krim muncul di tahun 2010, dan langsung jadi tren buat cewek-cewek. CC krim juga punya dua kepanjangan, yaitu “color correcting krim”, dan “complexion correcting krim”. Beda sama BB krim yang kerjaannya melindungi wajah, CC krim malah digunakan sebagai primer menyamakan warna kulit kita.

Kalo Kawan Muda punya noda merah bekas jerawat, atau bintik-bintik hitam yang diakibatkan karena kulitnya terlalu sering kena matahari, kamu bisa gunain CC krim sebelum pake make up yang lainnya. Di sisi lain, CC krim dan BB krim ini sama-sama  berfungsi untuk melindungi kita dari sinar matahari, melembabkan wajah, dan juga mencerahkan wajah.

TAPI, CC krim ini cuma cocok untuk kamu yang kulit wajahnya berminyak atau yang punya bintik hitam akibat penuaan. Coverage dari CC krim ini ternyata lebih bagus dan teksturnya lebih tebal daripada BB krim.

3. DD Cream

via: Google
Ini yang namanya DD Cream (Sumber: Istimewa)

Setelah ada BB dan CC, ternyata lanjutannya masih ada lagi girls, yaitu DD krim. “Dynamic Duo” krim ini fungsinya adalah kombinasi dari BB dan CC krim loh! Selain untuk melindungi wajah, DD krim berfungsi sebagai “color corrector.”

Jadi sebenernya, kegunaan si DD krim ini adalah gabungan dari BB krim dan CC krim. Cocok deh pokonya buat kalian yang punya jenis kulit kombinasi. JSYK, krim ini juga disebut sebagai ABC krim, atau anti-aging, blemish balm, dan color correcting krim. Lengkap pokoknya!

4. EE Cream

via: Google
Ini yang namanya EE Cream (Sumber: Istimewa)

Udah selesai sampe DD krim aja? Ternyata enggak! Masih ada lagi nih EE krim. Namanya engga kurang enak ya, tapi ternyata, dilansir dari Futurederm, si EE krim ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi buat kulit kamu.

Kandungan vitamin A, D dan E, juga omega 6 dan 9 lengkap ada di EE krim. Walaupun teksturnya paling beda sendiri dari semua krim pendahulunya, EE krim ini justru cocok banget diaplikasikan buat semua jenis kulit. Lengkap deh sehatnya!

Jadi itulah perbedaan antara BB, CC, DD dan EE krim. Yang mana krim yang cocok untuk kamu, Kawan Muda? (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.