Jum'at, 7 Agustus 2020

Genmuda – Siapa yang ngerasa mood setelah liburan selalu down dan belum siap ngadepin rutinitas lagi? Kamu engga sendirian. Hampir semua orang di seluruh dunia engga siap ngadepin hari pertama beraktivitas meski liburannya full dipakai jalan atau males-malesan seharian.

Ada yang bilang alesannya karena belum puas bersenang-senang waktu libur, tapi ada juga yang mengira tiap orang pada dasarnya emang pemalas. Wow, engga perlu sampai nyalah-nyalahin orang gitu lah. Soalnya, para peneliti di Eropa juga ngerasa males di hari pertama kerja.

Pada akhirnya, mereka penasaran terus meneliti penyebab datengnya kemalasan yang engga masuk logika umum itu. Dari sekian banyak pendapat mereka, di bawah inilah yang Genmuda.com pilih karena sepertinya mirip banget pola hidup Kawan Muda.

1. Kebanyakan makan

via giphy.com

Hayo, ngaku. Waktu liburan kamu pasti menikmati berbagai santapan kuliner enak kan? Porsi makan yang lebih banyak dari biasanya bikin saluran porsi kerja pencernaan lebih tinggi juga. Karena engga biasa kerja keras, akhirnya stamina terkuras lebih cepet dan bikin lelah waktu bangun tidur. Udah pasti kan besoknya ngantuk.

2. Tidur siang

via giphy.com

Godaan tidur siang saat liburan adalah jebakan betmen. Melakukannya berarti bikin kamu susah tidur malem dan bikin kurang tidur di hari pertama berkegiatan. Mood pasti bakalan jelek. Selain itu, kebanyakan tidur siang juga bikin kamu kehilangan orientasi hari, gaes. Maksudnya kamu bisa bingung apakah hari udah berganti atau belum ketika kamu bangun tidur siang. Kalo emang butuh tidur siang, usahain jangan lebih dari 20 menit supaya malemnya tetep bisa tidur pules.

3. Sengaja begadang

via tumblr.com

Waktu libur, kurang tidur juga bisa terjadi karena disengaja. Misalnya aja, waktu nonton, nongkrong, atau ngegame sampai lewat jam dua belas malam. Receh sih, tapi begadang beberapa jam aja bikin berantakan pola tidur yang udah diatur selama hari-hari sebelumnya. Tidur sebelum tengah malem jadi susah, bangun pagi nyaris engga mungkin.

4. Kebanyakan aktivitas

via mmfilesnfindings.wordpress.com

Nafsu bersenang-senang juga bisa bikin waktu libur malah diisi kegiatan lebih banyak daripada biasanya. Misalnya aja, jalan ke bioskop, terus ke restoran, lalu pindah tempat nongkrong sampai malem banget. Padahal tiap hari cuma pergi dari rumah-kantor/sekolah/kampus-rumah. Tubuh yang engga biasa ngelakuin jadwal padet malah ngerasa kecapean. Jadi jangan sok-sok sibuk deh kalo besoknya masih banyak kegiatan.

5. Engga mau kehilangan momen

via pinterest.com

Waktu libur, kamu terbiasa abisin waktu sama pacar, keluarga, atau sahabat dan secara psikologis bikin kamu engga mau kehilangan momen ketika liburan berakhir. Semisal kamu juga deket sama rekan sekelas atau sekantor, kamu bakal ngerasa berat juga waktu menghadapi liburan panjang. Intinya sih, tiap orang pada dasarnya susah move on.

6. Alkohol

via giphy.com

Genmuda.com engga nganjurin kamu minum alkohol, tapi tetep ada anak muda yang udah cukup umur dan emang diizinin mengonsumsi bir atau sejenisnya. Mereka keliatannya lagi bersenang-senang dan mungkin gampang tidur di malemnya. Tapi, paginya jadi susah banget bangun. Kalo kebanyakan minum alkohol, kamu malah bisa susah tidur dan susah bangun selama seminggu ke depan. Intinya sih, semua yang berlebihan itu engga bakal baik buat tubuh kamu, gaes.

Enam hal itulah yang bikin kamu kehilangan semangat ngadepin rutinitas setelah libur. Kesimpulannya, kamu harus terus jaga waktu tidur dan bangun supaya gampang menyesuaikan diri lagi. Gimana menurut kamu? Tulis komentar di bawah ini, ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.