Kamis, 29 Oktober 2020

Genmuda – Kawan Muda kepikiran gak sih nanti kehidupan kita bakal tergantikan sama keberadaan robot yang manusia bikin sendiri? Mungkin nanti kita bakal perang sama mereka, mirip-mirip di film “War of The Planet of The Apes” dimana manusia harus melawan kera pintar ciptaan mereka sendiri.

Manusia makin pintar, teknologi makin canggih, dan manusia lainnya yang gak punya keahlian mungkin akan tersingkir atau bahkan tersaingi sama keberadaan robot-robot buatan manusia di masa depan. Kamu sendiri bertanya-tanya gak sih kapan kita bakal ngeliat robot yang sama persis dengan manusia?

Bisa ya robot mirip banget sama manusia sampe gak bisa dibedain?

Bisa banget! Mengingat teknologi udah makin canggih, dan banyak orang-orang cerdas yang berlomba-lomba buat bikin replika manusia dalam bentuk robot. Contohnya kayak di film science fiction “Star Trek: The Next Generation” yang mencatat upaya dari data robot humanoid supaya makin mirip sama manusia.

Image result for hanson robotics
Sumber: Hanson Robotics

Tapi, meski udah mirip, tetep aja ada bedanya sama manusia secara biologis. Mereka (robot-robot) gak merasakan emosi di banyak bagiannya, dan penciptanya gak bisa menyamai warna asli untuk kulit dan matanya. Ya mau digimanain juga mereka tetep robot ya.

Terus kira-kira kapan kita bisa liat robot yang sama banget kayak manusia?

Futurism udah melakukan pengambilan suara dan bertanya sama netizen, kapan kira-kira robot bisa sama banget dengan manusia. Dari 27 persen responded bilang kira-kira di tahun 2030, dan lebih dari 60 persen memprediksi kira-kira sebelum tahun 2050. Salah satu responden bahkan bilang kalo ini bakal terjadi tahun 2080. Wah kok lama banget?

Menurut poling tersebut, masih banyak banget yang harus dibenerin sebelum robot bisa jadi sesempurna manusia. Manusia harus mengembangkan tingkat kecerdasan dan organ tubuh lain yang harus mirip sama manusia kayak mata, lidah, bibir, kulit, rambut, dan bahkan suara. Jadi, kayaknya butuh kerja keras banget sampe robot bisa menyerupai manusia.

Salah satu robot yang pengerjaannya hampir mendekati adalah Sophia. Robot ini udah punya warna kulit yang sama kayak manusia. Bahkan dalam salah satu video wawancaranya, doi udah bisa ngobrol sama manusia, cuma emang suaranya agak aneh dan kaku, gerak wajahnya juga masih gak selentur manusia. Sophia juga belum punya rambut, tapi doi udah kritis dan nanya banyak hal sama si penciptanya. Keren!

Hal apa lagi yang harus diperhatikan?

Jenis teknologi dan beberapa purwarupa Max Aguilera-Hellweg, –yang udah menerbitkan foto dan ceritanya tentang robot abad 21 yaitu Humanoid, mengatakan bahwa udah ada robot yang bisa menyerupai manusia.

“Ini berubah dan berkembang sangat cepat, dan mereka (robot) sudah ada di tengah-tengah kita. Kita hidup di masa depan hari ini, dan masa depan akan terjadi dalam waktu yang sangat cepat.” terang Max.

Satu perusahaan yang mencoba buat menghindari faktor ‘creepy’ dari si humanoid robot ini adalah Hanson Robotics, yang berasal dari Hong Kong. Pimpinan bagian penjualan, Jeanne Lim bilang kalo mereka sedang berupaya buat bikin robot ini berinteraksi sama manusia dengan menggunakan ekspresi wajah yang tepat.

Iya sih, serem juga ya kalo ngobrol sama robot tapi ekspresi wajah sama ucapannya beda. Emang agak creepy gimana gitu sih, tapi semoga aja pengerjaannya selesai dalam waktu dekat ya. Jadi, kamu udah siap temenan sama robot? (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.