Selasa, 31 Januari 2023

Genmuda – Murah, nyaman, dan jarang banget dimalingin. Alasan kayak gitu yang bikin orang suka banget pake sendal jepit (meski ada kemungkinan ketuker).

Kendati kayaknya enak di kaki, ternyata pake sendal jepit berbahaya loh buat kesehatan. Hal itu disampein sama Dokter Camilla Long yang bekerja di Wake Forest Baptist Medical Centre di North California.

Dilansir dari Mirror, dalam penelitiannya doi nemuin bahwa pake sendal jepit punya risiko bikin cara berjalan seseorang berubah menjadi menyeret sendal, atau bukan mengangkat kaki. Tanpa banyak orang tau,  hal inilah yang bikin kamu gampang sakit punggung. Gejala awalnya sih punggung kamu jadi terasa nyeri saat baru jalan beberapa menit.

Selain itu penggunaan sendal jepit secara terus menurus terbukti bikin ligamen yang berfungsi menopang lekukan tubuh saat berjalan menjadi membengkak dan menimbulkan rasa sakit.

Camilla menambahkan kalo sendal jepit dapat menyebabkan masalah pada tendon Achilles karena mereka gak menemukan di mana tumit kaki berada. Hasilnya kaki meregang secara terus menerus.

Doi juga gak menganjurkan buat pake sendal jepit saat jalan jauh, apalagi lari marathon. (Emangnya kamu Usain Bolt). Soalnya kaki manusia memerlukan banyak kerja sama sendi buat berjalan atau berlari, dan itu semua gak bisa kamu dapetin kalo pake sendal jepit.

So, daripada kamu kaki kamu kenapa-kenapa gak ada salahnya buat ganti sendal jepit kamu sama sepatu. Kalo sepatu kekinian kayak Adidas Yeezy kemahalan, cari aja sepatu lainnya di artikel ini.

Eniwei kamu sendal jepit kamu sering ketuker gak? Jangan lupa kasih tau penulis di bawah ya, mau curhat juga boleh kok.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.