Senin, 6 Juli 2020

Genmuda – Buat kamu yang sekarang lagi didahapi Ujian Nasional, semangat dan jujurlah sewaktu mengerjakan. Jangan hentikan semangatmu, karena setelah pengumuman kelulusan bukan berarti kamu bebas dari segala pembelajaran, yang suka malesin. Jujur aja? Di perguruan tinggi kamu bakal dihadapi banyak hal yang lebih sulit, Kawan Muda.

Empat tahun menimba ilmu di universitas, akhirnya kamu lulus dan potret-potret pake toga. Masih belum berhenti sampai di situ, setelah lulus kamu baru dihadapi situasi yang sesungguhnya dalam hidup ini, bekerja.

Yak, dengan bekerja kamu bisa menghidupi berbagai kehidupan kamu, membuktikan kepada orang tua bahwa akhirnya kamu bisa menghasilkan uang, atau jika cukup, kamu bisa membalas jasa-jasa mereka. Dunia kerja akan bertahan lama, memasuki pertunganan, pernikahan, sampai kamu dipanggil ayah atau ibu, bekerja masih jadi satu kegiatan penting dalam peradaban manusia.

Nah, buat kamu yang belum mengenal dunia kerja. Genmuda.com mau kasih tau nih tipe-tipe orang kantoran yang umumnya ada di mana pun. Jadi, kamu engga perlu heran lagi begitu menyandang status orang kantoran.

 

1. Alarm Lover’s

Alarm yang bisa nampar kamu (Sumber: geek.com)

Dibangungin mama papa? Jangan berharap. Walaupun sesekali masih bisa memintanya, tapi sebagai seorang pekerja kamu harus bisa mengatur pola hidup kamu sendiri. Dan, bangun pagi itu dirasa paling sulit karena kebiasaan kamu waktu kuliah yang masih menempel, atau emang kamu makhluk nokturnal.

Tipe orang kantoran yang engga bisa jauh dari alarm sejatinya adalah seorang pekerja keras. Segala hal ingin dilakukan tepat waktu. Bangun tepat waktu, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, dan pulang tepat waktu. Terkadang, reminder handphone isinya hanya berbagai jadwal, biar engga lupa.

2. Gdabak-gdubuk

Kalimat di atas tuh mengilustrasikan orang kantoran yang bangun kesiangan dan bergerak secepat mungkin, sampai timbul suara gdabak-gdubuk. Orang kantoran dengan tipe gdabak-gdubuk biasanya seringkali telat, kebalikan dari tipe orang kantoran di atas.

3. Ring.. ring.. ring..

Dari judulnya, pasti otak kamu udah mengarah ke namanya teknologi berukuran persegi panjang yang praktis, yak, handphone. Orang kantoran yang lekat banget sama HP tuh bukan karena sok sibuk, tapi segala pekerjaannya memang ada di dalamnya. Itulah kehebatan teknologi sejauh ini.

Tapi, kadang ada juga yang sibuk sama handphone-nya cuma ngotak-ngatik playlist.

4. Duh, mager

Tipe orang kantoran ‘Duh, Mager’ bukan berarti males kerja, yang Genmuda.com maksud tuh mereka yang melakukan segala sesuatunya enggak jauh dari meja. Mau minum? Minta ambilin OB. Butuh berkas? Minta ambilin OB. Bahkan makan siang pun sampai di meja kantor.

Bisa kita tarik dua hal dari tipe ini. Pertama, karena kerjaannya lagi numpuk dan berat banget buat mengangkat tubuh dari kursi atau yang kedua, yak mager. Anyway, OB itu singkatan dari Office Boy yak, atau tenaga pembantu.

5. Whoop! An idea!

(Illustrasi: deviantart.com)

Tipe ini Genmuda.com definisikan sebagai orang kantoran yang pinternya engga ketolongan. Perusahaan biasanya bergantung dengan pengetahuan dan pengalaman orang tersebut.

Segala ide yang keluar dari pikirannya bisa memberikan warna baru dan kemajuan perusahaan. Kamu mau kayak gini? Belajar yang semangat yah, Kawan Muda. Suatu saat nanti pasti kamu bisa.

6. Bossy

Orang kantoran bertipe bossy bisa disebut manusia manja, atau emang di kantor. Apa-apa nyuruh, karena males bergerak sendiri atau emang menganggap dirinya layaknya bos. *males banget engga sih?

7. Di mana ya tadi?

Kalimat di atas identik dengan… orang pelupa. Tipe ini tuh emang mendasari sifat manusia banget. Tapi, dalam dunia kerja sifat seperti ini bisa menjadi teledor dan buruk buat perusahaan.

Misalnya, besok mau rapat ketemu klien penting, tapi lupa. Kelar udah. Atau hal terkecil, lupa bawa charger handphone dan suka minjem sana-sini. Kamu gitu engga Kawan Muda?

8. Librarian

Orang kantoran tipe Librarian tuh ibarat perpustakaan berjalan. Mejanya penuh buku dan catatan. Gelas kopi dan kacamata menempel di kedua bola matanya. Tapi, pengetahuan mereka sangat luas loh, Kawan Muda.

9. Gossip #xoxo

Tipe orang kantoran seperti ini biasanya selalu punya bahan pembicaraan yang wajib diomongin setiap hari. Mulai dari berita miring, gosip kantor, pokoknya apapun. Terkadang, omongannya bisa mempengaruhi orang kantoran lain dan bisa juga bersifat merusak kekompakan perusahaan.

10. Anak Magang

Kamu bisa saja mengawali dunia kerjamu melalui jalur ini, Anak Magang. Tapi, kalo kamu engga ngerasain, misalnya suatu saat kamu udah bekerja dan ngeliat orang berpenampilan muda banget, kayaknya masih polos, atau dandannya lebih heboh dari karyawan, itulah Anak Magang.

Yep… yep… yep… Kurang lebih beberapa tipe di atas yang bisa Genmuda.com kasih buat kamu. Kurang lebihnya, baiknya kamu rasakan sendiri yah. Karena pasti lebih asik kalo sebuah pengalaman kamu nikmati dan lalui sendiri.

Seperti pepatah bilang, ada gula ada semut, engga nyambung. Udah ah, Kawan Muda. Selamat beraktivitas, tetep semangat ya! (sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis