Minggu, 4 Desember 2022

Genmuda – Kawan Muda tau gak, kalo sebagai negara berkembang dan paling aktif di media sosial, Indonesia menjadi magnet dari berbagai perusahaan elektronik dunia, khususnya smartphone. Di tengah banyaknya merk dan jenis smartphone, nyata smartphone China hampir menguasai 31 persen pasar Indonesia.

Catatan tersebut dirilis oleh International Data Corporation (IDC) pada bulan Juli lalu. Bahkan pengiriman smartphone asal China ke Indonesia menembus angka 7,3 juta unit di kuartal pertama tahun 2017.

Gak menutup kemungkinan kalo dominasi Apple atau Samsung di Indonesia bisa aja tergeser oleh sejumlah brand smartphone asal negeri Tirai Bambu pada tahun 2017. Selain harganya lebih terjangkau, kualitas smartphone China emang cukup pas buat kebanyakan orang Indonesia yang suka main game, selfie, atau buka medsos.

Terus smartphone asal China apa aja sih yang paling laris di Indonesia? Nih, ulasannya gaes.

1. Xiaomi

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Murah, tahan banting, dan gampang dioprek. Ini jadi alasan kenapa banyak orang Indonesia pilih smartphone keluaran Xiaomi. Soal kualitas dan desainnya, Xiaomi bisa dibilang ngewakilin semua kalangan di Indonesia. Mau yang mahal dan mewah ada, mau yang murah dan apa adanya juga ada. Saking tingginya permintaan, sejumlah smartphone Xiaomi yang belum resmi masuk di Indonesia aja sering dijual di berbagai situs e-commerce lokal.

2. Oppo

©Genmuda.com/2017 TIM
Tampilan depan si ponsel limited edition. ©Genmuda.com/2017 TIM.

Oppo bisa dibilang punya branding yang gencar banget di Indonesia. Seri F3 yang dirilis bulan Mei kemarin juga menawarkan sejumlah fitur menarik dengan kamera depan 16MP wide angle. Ditambah dengan kualitas sensor buatan Sony membuat warna foto yang dihasilkan jadi seimbang meski kamu lagi membelakangi cahaya. Wajar kalo akhirnya Oppo dipilih orang Indonesia, terutama buat yang cari smartphone dengan kamera bagus dan harga terjangkau.

 

3. Vivo

©Genmuda.com/2017 TIM
Tada~ Ini dia Vivo V5s. ©Genmuda.com/2017 TIM.

Kalo penulis boleh jujur, Vivo dan Oppo ibarat bisnis ‘minimarket tetangga merah-biru.’ Selain soal promosi, Vivo gak mau kalah gandeng banyak artis dan influencer di peluncuran Vivo V5s bulan Mei 2017. Biarpun ada plus minusnya, ponsel premium keluaran Vivo tersebut punya harga sekitar Rp 3,5 jutaan.

4. Huawei

via: Android Central
(Sumber: Android Central)

Meski promosinya gak hype kayak Oppo atau Vivo, justru Huawei diem-diem punya produk premium setipe iPhone 7 Plus, yaitu Huawei P10 Plus. Biarpun dibanderol dengan harga Rp 11 jutaan, namun pengalaman smartphone dengan dual kamera ciptaan Leica jelas bikin hasil fotonya maksimal dan cukup worth it kalo kamu ngerasa iPhone 7 Plus masih kemahalan buat kantong kamu.

5. Lenovo/Motorola

©Genmuda.com/2017 TIM
Tampak samping Moto M. ©Genmuda.com/2017 TIM

Sejak Lenovo mengakuisisi dan mengganti nama Motorola jadi “Moto by Lenovo” di awal tahun 2016, produknya masih aja dikenal orang Indonesia dengan nama Motorola. Namun demikian, Lenovo sendiri termasuk dalam brand China yang laris di Indonesia. Kehadiran Moto Z dan Moto M di tahun 2017 jadi bukti kalo Lenovo terus mengekspansi pasar Indonesia, terutama yang butuh smartphone dengan harga terjangkau.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.