Rabu, 30 September 2020

Genmuda – Kerjaannya emang memberantas para penjahat super. Temen-temennya juga punya kekuatan di luar nalar manusia. Tapi, apakah Batman dan Ironman patut disebut pahlawan super padahal mereka hanyalah manusia biasa tanpa gadget mereka?

Berdasarkan pengertian dari kamus merriam-webster.com, gelar superhero cuma bisa diberikan kepada karakter yang punya kekuatan di luar kemampuan manusia pada umumnya (superhuman).

Kamus dictionary.com malah nambahin kalo superhero adalah karakter yang bisa punya kekuatan besar juga karena pengaruh hal gaib. Misalnya aja ‘Doctor Strange.’

Kalo diliat sekilas dari fisiknya aja, Batman dan Ironman emang engga masuk kriteria dua kamus itu, gaes. Tapi, Genmuda.com punya beberapa alesan yang bikin DC dan Marvel pertahanin dua karakter utama itu sebagai superhero utama mereka.

1. Kecerdasan luar biasa

via giphy.com

Jangan lupa tcoy, Bruce Wayne dan Tony Stark punya kemampuan otak jauh di atas manusia pada umumnya. Keduanya dapet nilai tertinggi di universitas dan masih belajar dan bereksperimen terus meski udah lulus.

Bruce Wayne bahkan memperluas cakupan ilmu dengan belajar bisnis, ilmu detektif, berbagai bela diri, ilmu interogasi, hingga ke teknologi modern. Sementara itu, Tony Stark fokus perdalam ilmu bisnis dan teknologinya.

2. Niatnya di atas rata-rata manusia

via mashable.com

Hal lain yang bedain Wayne-Stark dengan manusia biasa adalah semangat mereka yang engga ada abisnya. Ketika orang tua Wayne ditembak mati, doi engga terpancing buat bales dendam. Dia malah terpanggil buat menjadi penjaga setia Gotham supaya engga ada lagi anak yang jadi yatim-piatu karena tindak kriminal.

Sementara itu, Tony Stark engga pernah nyerah meski doi disekap di teroris di gurun terpencil. Dengan kepala dinginnya, doi malah bikin baju prototipe Ironman Mark I dengan teknologi seadanya. Dan, doi juga bertekad berhenti produksi senjata lagi supaya engga jatuh ke tangan teroris.

3. Salah satu orang baik yang paling berpengaruh di dunia

via tenor.co

Meski kepribadian eksentrik mereka agak engga bisa diterima masyarakat umum, pada dasarnya mereka orang baik. Buktinya, Bruce Wayne bikin yayasan panti asuhan gratis buat semua anak yatim-piatu di Gotham City, sementara Tony Stark bikin yayasan beasiswa buat semua anak kuliah di bidang teknologi. Di film dan komiknya, kedua sosok itu juga keliatan deket sama berbagai pejabat negara. Malah, beberapa kali ngobrol santai sama petinggi angkatan bersenjata negara.

4. Mereka survive melawan musuh berkekuatan besar

via tumblr.com

Satu lagi hal istimewa dari Batman dan Ironman adalah mereka itu survivor. Mereka termasuk segelintir manusia biasa yang masih hidup meski diserang habis-habisan sama musuh jauh lebih kuat. Batman nyaris tewas ketika dihajar Bane, sementara Ironman berkali-kali hampir meninggal, sebut aja waktu ngelawan Loki, Ultron, dan sahabatnya sendiri, Captain America feat Winter Soldier.

5. Paling menginspirasi pembacanya

via smosh.com

Dengan kata lain, kekuatan Wayne dan Stark adalah yang paling logis, alias bisa ada di dunia nyata. Mereka juga mendapatkannya setelah berusaha abis-abisan. Karenanya, banyak pembaca komik dan penonton filmnya terinspirasi meniru jejak Wayne dan Stark.z

Menurut Genmuda.com, siapapun yang udah berhasil menginspirasi orang lain tergolong orang hebat. Gimana menurut Kawan Muda? Ayo tulis komentar kamu di bawah ini. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.