Rabu, 21 April 2021

Genmuda – Kabar gembira buat kamu yang sekarang duduk di kelas XII atau sedang sibuk milih kampus buat melanjutkan studi. Memasuki tahun 2016 ini, Universitas Padjadjaran, bakal mengratiskan biaya kuliah Sarjana Kedokteran dan Dokter Spesialis pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2016.

Kebijakan tersebut diambil atas pertimbangan minimnya tenaga dokter dan dokter spesialis di berbagai daerah, terutama di Jawa Barat. “Kenyataannya, daerah-daerah itu memerlukan tenaga, jadi mereka siap untuk bisa memberikan biaya pendidikannya,” ujar Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad.

Tapi nih, program ini engga gratis cuma-cuma ya. Unpad memiliki syarat kepada para mahasiswa Pendidikan Dokter dan Dokter Spesialis buat memenuhi perjanjian antara calon mahasiswa dengan Unpad. Perjanjian tersebut intinya menyatakan, ketika lulus nanti para dokter yang kuliah gratis wajib mengabdi di wilayah/instansi yang ditentukan oleh Unpad.

“Unpad ingin membangun sikap kesiapan mengabdi sungguh-sungguh kepada masyarakatnya bagi para lulusannya. Jika tidak bersedia memenuhi perjanjian itu, jangan pilih kuliah di Kedokteran Unpad.” tegas Rektor dilansir dari situs resmi Unpad.

Terus gimana kalau mahasiswa tersebut engga bisa memenuhi persyaratan yang diberikan Unpad? Rektor berkomitmen tidak akan mengeluarkan izajahnya.

Kalo ngelihat visinya pasti hal tersebut sejalan dengan tugas mulia profesi dokter yang kadang sulit menjangkau daerah-daerah terpencil. Melalui program ini Unpad sendiri berusaha menghasilkan lulusan yang benar-benar mencintai masyarakat.

FYI, buat tahun akademik 2016/2017, FK Unpad menyediakan daya tampung 250 kursi yang dibagi 125 kursi SNMPTN dan 125 kursi SBMPTN. Jadi kalo kamu udah kekeuh banget mau jadi dokter, kayak wajib banget belajar sungguh-sungguh biar bisa keterima di FK Unpad dan kuliah gratis. Semangat Kawan Muda!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.