Minggu, 17 Oktober 2021

Genmuda – Predikat anjing sebagai sahabat terbaik manusia pada dasarnya emang udah engga perlu diraguin lagi. Apalagi kalo kamu (sorry to say) jomblo, dijamin hidup kamu bakal makin berwarna kalo kamu melihara anjing.

Bersyukur buat kamu para pemelihara anjing, sejumlah riset udah nemuin bahwa anjing punya beragam karakteristik menarik dalam kaitannya dengan manusia. Banyak orang pun percaya bahwa anjing bisa ngasih kenyamanan dan ngedampingin pemiliknya dengan sepenuh hati, bahkan lebih dari manusia.

Dengan demikian, kalo kamu sekarang masih jomblo, kamu sebetulnya engga perlu maksain diri ribet-ribet nyari pasangan cuma demi ngubah status hubungan kamu aja. Ketimbang pacar pada umumnya, teman kaki empat kamu justru bisa nawarin lebih banyak hal nyenengin. Berikut ini 5 di antaranya:

1. Anjing bisa ngenalin emosi manusia

via giphy.com

Di saat manusia masih suka engga peka terhadap sesama manusia lainnya, anjing justru engga demikian. Riset udah nunjukin bahwa anjing bisa ngebaca ekspresi wajah, nyampein kecemburuan, maupun nampilin empati. Anjing ngenalin semua sifat mirip manusia tersebut selama berevolusi di antara 11 sampai 16 ribu tahun yang lalu. Secara khusus, lewat merhatiin, nolerir, dan bergaul dengan pemiliknya, anjing akhirnya nunjukin karakteristik yang kerap jadi cerminan manusia.

2. Anjing mimpiin wajah pemiliknya

Menurut psikolog Harvard, saat tidur anjing ternyata mimpiin wajah pemiliknya loh, Kawan Muda. Hal itu terjadi karena anjing mimpiin hal yang menarik perhatiannya di sepanjang hari, sama kayak manusia. Berhubung kehidupan anjing umumnya engga jauh-jauh dari pemiliknya, otomatis anjing bakal mimpiin wajah dan aroma sekaligus hal-hal yang bisa nyenengin atau ngeganggu pemiliknya itu. So, kamu engga perlu sedih lagi deh kalo kamu engga punya pacar yang bisa mimpiin kamu.

3. Anjing ingat semua hal yang kamu lakuin

via Funnyjunk

Namanya juga manusia, salah satu penyakitnya pasti suka lupa ini itu. Namun demikian, lain halnya dengan anjing, anjing justru bisa ingat segala hal yang udah kamu lakuin, terlepas dari hal tersebut ada kaitannya sama dirinya atau engga. Dengan kata lain, anjing bakal ngamatin dan ingat setiap hal kecil yang kamu lakuin, walaupun hal tersebut engga berpengaruh sama dirinya. Kesimpulan itu terdapat dalam sebuah riset dari seorang peneliti perilaku binatang yang berbasis di Hungaria, Claudia Fugazza.

4. Anjing bisa bikin kamu ketawa

Sorry buat para pemilik kucing, ternyata ada fakta yang sulit dibantah nih. Sebuah riset percontohan yang ngelibatin 95 orang peserta udah nemuin bahwa pemilik anjing secara signifikan lebih sering ketawa daripada pemilik kucing. Bahkan, peserta riset yang engga punya binatang peliharaan aja malah lebih sering ketawa dari pemilik kucing. Dengan begitu, kalo kamu lagi butuh hiburan, anjing kamu jelas bisa bikin kamu jauh lebih bahagia dari sebelumnya.

5. Anjing super setia

via tumblr.com

Well, yang satu ini mah udah engga perlu dipertanyain lagi. Menurut penasihat sains ASPCA, Dr. Stephen Zawistowski, anjing benar-benar setia (lagi-lagi) karena anjing berevolusi sebagai hewan kawanan. Saat anjing masuk ke rumah dan kehidupan kamu, otomatis keluarga kamu udah jadi kawanannya. Emang sahabat terbaik manusia banget lah pokoknya, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer