Selasa, 11 Agustus 2020

Genmuda – Babak baru pertikaian Marc Marquez v Valentino Rossi dimulai! Meski optimis menang dengan cara jujur melawan Marquez, statistik kecepatan di Circuit of the Americas (CotA) gak nunjukin angka yang bagus buat Rossi.

Rossi mengaku senang sekaligus tertantang jelang balapan di Circuit of the Americas Austin, Texas, Senin (23/4) dini hari WIB. Doi optimis menguasai trek karena atmosfer trek itu.

Namun demikian, Rossi perlu usaha keras buat buktiin omongannya. Pertama, karena belokan, tanjakan, dan turunan trek itu gak cocok dengan motor Yamaha YZR-M1 Rossi. Kedua, karena Rossi belum pernah jadi yang tercepat di sirkuit itu meski performanya bagus.

1. Marquez tercepat

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Berdasarkan data fastestlaps.com, rekor tercepat di sirkuit itu masih dipegang sama Marc Marquez. Pembalap asal Spanyol itu berhasil melewati satu putaran dalam waktu 2 menit 2,74 detik dengan motor Honda RC213V, motor yang masih doi pakai musim ini.

2. Maverick Vinales kedua

via motomaxx.id
(Sumber: motomaxx.id)

Mepet sama Marquez, ada Vinales. Dengan motor Yamaha YZR-M1, rekan satu tim Rossi itu tuntaskan satu putaran lap dalam waktu 2 menit 2,87 detik.

3. Di bawahnya ada Jorge Lorenzo

via motorcycle-usa.com
(Sumber: motorcycle-usa.com)

Zaman Lorenzo masih jadi rekan satu tim Rossi sekaligus frenemy doi di Yamaha Movistar, doi termasuk tercepat ketiga di Circuit of The Americas. Dengan motor Yamaha YZR-M1, doi tunaikan satu lap dalam 2 menit 3,26 detik.

Namun sayang, prestasi Lorenzo turun setelah doi menunggangi Ducati Desmosedici GP17. Berdasarkan data, waktu penyelesaian lapnya malah lebih lambat 0,89 detik.

4. Baru deh Rossi keempat

via cycleworld.com
(Sumber: cycleworld.com)

Yah. Di sinlah realita menendang tepat di kepala Rossi. Pembalap uzur senior itu terpaut 0,38 detik lebih lambat dari Lorenzo. Bisa engga ya doi naik peringkat?

5. Dani Pedrosa yang kelima

via bikesrepublic.com
(Sumber: bikesrepublic.com)

Anak kesayangan tim Repsol Honda ini terbilang lumayan di Amerika. Dengan waktu 2 menit 3,87 detik, doi tunaikan satu lap dengan motor Honda RC213V.

6. Andrea Iannone yang dulu lebih jago

via motorlat.com
(Sumber: motorlat.com)

Andrea Iannone tuntaskan satu lap dalam 2 menit 3,91 detik. Namun, itu dulu. Prestasi tercepatnya di CotA itu tercipta ketika doi tunggangi Ducati GP16. Setelah pindah tim dan pakai motor Suzuki GSX-RR, nama doi belum pernah masuk daftar tercepat di sirkuit itu.

7. Cal Crutchlow

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Prestasi Cal Crutchlow gak bisa dibilang bagus, tapi gak bisa dibilang jelek. Doi sukses tunaikan satu lap dalam 2 menit 4,26 detik dengan motor Honda RC213V dari tim LCR Honda.

Doi gak bisa dianggap remeh, loh. Saat Rossi jatuh dan Marquez gagal naik podium, Crutchlow malah juara 1 di Argentina. Dengan data itu aja bisa diperkirakan kalo balapan MotoGP di Amerika Serikat bakalan seru.

Pastinya, lebih seru ketimbang drama konferensi pers jelang balapan di Austin itu. Sementara para pembalap berkumpul bersama media, Kamis (19/4) waktu setempat, Rossi dan Marquez malah gak keliatan batang hidungnya.

Pihak Dorna selaku pengelola MotoGP sengaja gak mengundang kedua pembalap yang lagi sengit itu sebagai peringatan keras supaya gak kebanyakan ribut. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.