Selasa, 1 Desember 2020

Genmuda – Sama kayak beralih dari dunia SMA ke dunia perkuliahan, beralih dari dunia perkuliahan ke dunia kerja pada dasarnya juga engga mudah. Hal itu pun biasanya terjadi gara-gara kebiasaan lama yang masih suka kebawa-bawa.

Semasa kuliah, kamu mungkin suka ngerasa kayak lagi berada di tahap paling bebas dalam kehidupan kamu. Gimana engga? Pakai baju tidur plus jaket dan sandal jepit aja kamu masih bisa datang ke kelas dan kuliah kayak biasa (kecuali dosen kamu orangnya cenderung kaku abis). Asyik banget ‘kan tuh?

Tapi, di sisi lain kebiasaan yang kayak gitu dapat berdampak buruk pula buat kamu. Gara-gara udah nyaman pakai baju semaunya, kamu akhirnya jadi lupa gimana cara berpakaian yang sesuai. Padahal, kalo kamu udah masuk dunia kerja (baca: dunia nyata), tentu ada dress code yang harus kamu patuhi.

Secara khusus, bisa dibilang cara berpakaian bakal lebih ngaruh pas kamu magang. Berhubung kamu masih anak bawang, kamu pun harus nyiptain kesan yang baik, salah satunya lewat cara berpakaian kamu. So, apalagi kalo kamu magang kantoran, 5 hal berikut ini jelas sebaiknya engga kamu pakai:

1. Tank top/kaos/baju tanpa lengan

via aliexpress.com
(Sumber: Istimewa)

Kecuali kamu magang di bidang fashion atau bidang kreatif lainnya, ngegunain pakaian semacam ini jelas engga disaranin. Mengingat selalu ada waktu dan tempat buat segala hal, otomatis baju tanpa lengan bukanlah pilihan yang baik buat kamu pakai kerja. Kalo emang kamu ngotot banget mau pakai baju tersebut, ya minimal paduin sama cardigan, blazer, atau jas biar terkesan lebih formal.

2. Celana pendek

Sama kayak baju tanpa lengan, celana pendek emang masih boleh kamu gunain di beberapa tempat kerja tertentu. Terlepas dari itu, sebagian besar kantor biasanya jelas engga ngebolehin karyawannya buat kerja pakai celana pendek, apalagi hot pants. Nekat pakai celana pendek sama aja nunjukin bahwa kamu engga profesional.

3. Sandal jepit

via ties.com
(Sumber: Istimewa)

Ini mah udah engga perlu ditanya lagi alasannya apa. Jangankan sandal jepit biasa, sandal gunung, sandal/sepatu karet, atau alas kaki lain sejenisnya aja sebaiknya harus kamu hindari. Dengan kamu ngegunain sandal, kamu secara engga langsung ngasih kesan bahwa kamu engga cukup peduli buat pakai sepatu yang lebih sesuai. Mending simpan sandal dulu kamu buat ke pasar atau ke pantai.

4. Hoodie

Sesuka-sukanya kamu pakai hoodie, ada baiknya kamu hindari ke kantor dengan ngegunain pakaian bertutup kepala semacam itu. Sweatshirt atau sweater tanpa kerah dengan garis leher bulat masih boleh deh kamu gunain, asal jangan hoodie. Jenis pakaian ini bisa dibilang terlalu kasual buat dipakai ke kantor.

5. Pakaian kotor

via myclothinghelper.com
(Sumber: Istimewa)

Iya sih kamu mungkin telat bangun, belum mandi, belum sarapan, dan bla… bla… bla… lainnya. Terlepas dari itu, bukan berarti kamu bisa seenaknya ngambil baju yang belum disetrika atau bahkan belum dicuci. Kalo kamu tau kamu tipe yang bakal suka telat, coba deh buat selalu siapin baju di malam sebelumnya. Daripada buru-buru di pagi harinya, mending repot di malam harinya ‘kan? (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer