Rabu, 15 Juli 2020

Genmuda – Masuk ke usai 20 sampai 30 bisa dibilang adalah periode emas dan produktif dalam hidup dan karir seseorang. Mulai dari menentukan pendidikan, karir, jodoh, dan lain-lain semuanya umum terjadi pada rentang usia tersebut.

Di balik perjalanan hidup yang penuh lika-liku kayak ‘maze runner’ pasti banyak dari Kawan Muda yang masih ragu sekaligus bingung, “Apa sih yang harus gue lakuin di usia gue sekarang?”. Kalo kamu udah punya pilihan yang mantap Genmuda.com acungin jempol deh, tapi kalau masih ada yang bingung, ini dia 10 keputusan hidup yang bisa kamu ambil biar nanti engga menyesal.

1. Belajar banyak hal, jangan pernah berhenti

(Sumber: Tumblr)
(Sumber: Tumblr)

Sebagai generasi muda jangan pernah cepat puas akan perkerjaan yang kamu geluti. Mau itu dalam bidang akademik atau non akademik. Motivasi engga cepat puas itu pun memaksa kamu buat cari tau banyak hal baru yang mungkin belum kamu temui. Namun, jangan sampe rasa ingin tahu ini bikin kamu gelap mata ya, apapun itu jangan lupa untuk selalu tetap bersyukur dengan apa yang kamu dapetin sekarang.

2. Jangan takut gagal, setidaknya kamu telah mencoba

Lebih baik kamu berusaha dan mencoba daripada tidak sama sekali. Misalnya kamu sekarang galau mau ikutan tes SBMPTN tapi takut gagal. Kalau kamu belum ikut tesnya kenapa harus pesimis duluan? Intinya jangan pernah takut menantang diri kamu sendiri ya!

3. Teman bisa bertambah, sahabat hanyalah mereka yang bisa dipercayai jadi lebih selektif boleh loh!

'How I Met Your Mother' (Sumber: Eric McCandless/FOX)
‘How I Met Your Mother’ (Sumber: Eric McCandless/FOX)

Sebagaimana yang udah Genmuda.com jelasin, umumnya tiap orang hanya punya 5 teman baik (sahabat) dalam hidup mereka. Namun demikian bukan berarti kamu harus pilih-pilih teman ya, punya banyak teman itu asik kok selama kamu bisa membatasi mana yang bisa ngertiin pribadi kamu dan mana yang cuma sekedar ‘kenalan’.

4. Jangan memaksakan diri kamu terlalu berlebihan dalam mengerjakan sesuatu

Tiap ada peluang pasti engga mau kamu lewatin gitu aja dong? Semuanya mau kamu kerjain sendirian. Tapi Kawan Muda harus tau kalau tubuh kamu punya batasan loh. Kamu harus bisa mulai menentukan skala prioritas, mana yang penting, butuh, atau cuma sekedar keinginan kamu semata.

5. Hadapi kenyataan, buanglah kebiasaan buruk dan jangan lari dari masalah

(Sumber: Pinterest)
(Sumber: Pinterest)

Hidup itu cuma sekali, sama kayak masa muda kamu sekarang. Mereka engga bakalan terulang lagi dalam hidup kamu. Jadi mulailah buang kebiasaan buruk kamu yang engga bisa kamu rasakan manfaatnya di masa depan. Plis, hidup itu engga semanis FTV, kamu engga bisa punya jodoh ganteng/cantik cuma gara-gara ketabrak di tengah jalan terus menikah dan bahagia.

6. Lakukan apa yang kamu sukai, jangan dengarkan apa komentar orang

Sama konteksnya pada saat kamu milih jurusan kuliah, pilihlah jurusan yang emang kamu sukai, tanpa ada tekanan dari keluarga apalagi pacar. Pada poin ini Genmuda.com cuma bisa menyarankan jika nantinya apa yang kamu kerjakan sekarang akan berpengaruh pada apa yang terjadi di masa depan. Akan tetapi perlu diingat ya, engga semua komentar harus kamu cuekin, yang baik harus tetap didengerin buat jadi motivasi lebih.

7. Nikmati masa muda, sesuaikan dengan usia kamu juga ya!

Berlakulah sesuai dengan anak seusia kamu Kawan Muda. Engga mau kan kalau kamu ‘dicap’ kekanak-kanakan atau ketuaan? Prinsipnya sederhana kok, tinggal jalanin hidup secara sederhana dan engga perlu dibuat lebay. Apalagi kayak drama berseri yang tamatnya bisa tiga kali Lebaran.

8. Pilih sekolah atau kerja semuanya sama-sama baik

(Sumber: blog.oxforddictionaries.com)
(Sumber: blog.oxforddictionaries.com)

“Gue mau kerja dulu ah, nanti baru kuliah.” atau “Kuliah dulu dong, dari situ baru deh dapetin kerjaan impian”. Dua pilihan tersebut engga ada yang salah Kawan Muda, selama yakin akan pilihan kamu nicsaya kesempatan buat dapetin dua-duanya sebelum usia 30 tahun juga terbuka lebar kok. Yang salah itu adalah “Engga mau sekolah dan kerja tapi mau hidup kaya raya!” *bye-bye!

9. Menikah bukan perkara siapa cepat, tapi siapa yang paling bisa bertahan

Klise, tapi menikah bukan hanya perkara siap materi aja loh. Harus ada kesiapan mental di antara kamu dan si doi. Dan hal inilah yang bakalan kamu bawa saat menempuh biduk rumah tangga hingga akhir hayat nanti. Jadi pilih cepet-cepetan atau tahan lama? Kalau bisa dijalani dua-dua sih oke banget ya!  (*tsah!).

10. Keluarga adalah segalanya dalam hidup kamu

(Sumber: huffingtonpost.ca)
(Sumber: huffingtonpost.ca)

Tak peduli ribuan purnama berlalu kayak cerita Rangga di ‘AADC2’, pada akhirnya Rangga tetap lebih memilih bertemu dengan ibunda, ketimbang mengejar Cinta ke Jakarta. See? Sejauh-jauhnya kamu pergi keluarga adalah segalanya. Jangan sampe kamu terlalu sibuk hingga kurang memperhatikan keadaan kedua orang tahu kamu sendiri. Coba tanya, “Seberapa sering bilang ‘I Love You’ ke bonyok dengan pacar sendiri?”

Kalau kamu udah bisa memilih salah keputusan di atas ceritain ke Kawan Muda yang lainnya ya? Dan yang patut diingat semua keputusan hidup tetap harus dipikirkan secara matang dan jangan terlalu buru-buru ya. Udah ya jangan terlalu serius. Ciao!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.