Jum'at, 7 Agustus 2020
Ngulik

James McAvoy Jadi Cowok dengan Puluhan Kepribadian dalam Film ‘Split’

©Universal Pictures/2017James McAvoy memerankan Kevin Wendell Crumb yang punya 23 kepribadian berbeda ©Universal Pictures/2017 John Baer

Genmuda – Tiga orang remaja putri mendadak diculik oleh seorang pria misterius. Ketiganya kemudian disekap ke dalam suatu ruangan dan mengetahui jika pria tersebut  memiliki 23 kepribadian berbeda. Kisah inilah yang kemudian menjadi jalan cerita menegangkan ala film “Split.” 

Ya, M. Night Shyamalan sebagai sutradara emang kembali menyajikan jalan cerita plot twist dengan tema seorang yang mengalami masalah kepribadian ganda. Meski film “The Last Airbender” (2010) dan “After Earth” (2013) terbilang gagal total, namun doi berhasil mengembalikan kejayaannya lewat film terbarunya kali ini.

Satu orang dengan 24 kepribadian berbeda

©Universal Pictures/2017
James McAvoy sebagai Kevin yang sedang menjadi karakter Hedwig
©Universal Pictures/2017

Sosok utama dalam film adalah Kevin Wendell Crumb (James McAvoy). Dalam sosok dirinya terdapat 23 kepribadian dan satu kepribadian misterius yang sewaktu-waktu dapat berubah-ubah. Kadang ia bisa menjadi pria gemulai bernama Barry, anak kecil bernama Hedwig, pria dewasa bernama Dennis, hingga seorang wanita bernama Patricia.

Teror film ini dimulai setelah Casey (Anya Taylor-Joy), Claire (Haley Lu Richardson), dan Marcia (Jessica Sula) dibius oleh oleh Kevin kemudian disekap dalam suatu ruangan. Begitu sadar ketiga remaja cewek ini panik dan berusah kabur dari tempat Kevin. Akan tetapi usaha para cewek itu sia-sia. Bahkan Kevin mununjukan kepribadian berlainan terhadap ketiga orang sanderanya tersebut.

Tegang sampe akhir

©Universal Pictures/2017 John Baer
Ki-ka: Casey (Anya Talyor-Joy), Claire (Hayley Lu Richardson), Marcia (Jessica Sula), dan Hedwig (James McAvoy)
©Universal Pictures/2017 John Baer

Shyalaman cerdik menyajikan jalan cerita yang bikin penonton kepo sekaligu sport jantung. Alurnya dibagi menjadi tiga sudut pandang berbeda, yakni perjuangan tiga sandera melarian diri, penyamaran Kevin dari terapisnya Dr Fletcher (Betty Buckley), dan masa lalu Casey yang membuatnya menjadi cewek yang tegar.

Di sini Kawan Muda mungkin bakalan jatuh hati melihat gaya sutradara keturuan India itu mengupas satu tokoh dalam banyak kepribadian. Ia pun mampu memecah 23 kepribadian dalam diri Kevin secara naratif dan membangun latar cerita yang lebih menegangkan hingga akhir. Hasilnya? Kamu bakalan bertanya-tanya sama motif dari tokoh utamanya.

Jenius, namun bukan untuk semua penonton

©Universal Pictures/2017
Salah satu adegan saat karakter Barry (James McAvoy) berkonsultasi dengan Dr. Fletcher (Betty Buckley) ©Universal Pictures/2017

Dengan genre yang ditawarkan “Split” cukup jenius layaknya “The Sixth Sense” (1999). Mulai dari scoring, efek close up, plus pergerakan kamera secara pelan di momen-momen krusial terbukti mampu melengkapi jalan ceritanya menjadi satu kesatuan yang utuh.

Buat Kawan Muda yang engga begitu suka dengan film-film ‘mikir’, film ini mungkin kurang begitu cocok buat kamu tonton. Namun kalo kamu suka sama film dengan jalan cerita twist, “Split” jelas menjanjikan buat kamu tonton.

Selain faktor sinematografi, pujian juga layak diberikan buat James McAvoy. Aktor 37 tahun ini berhasil memberikan kualitas terbaiknya pada tokoh Kevin. Percaya, kamu pasti bakal kagum ngelihat bagaimana doi mampu berganti kepribadian hanya dalam hitungan detik.

Dan kalo kemarin Genmuda.com udah ngasih tau kamu soal hubungan “Split” dengan “Unbreakable” (2000). Kamu pun bisa menemukan benang merahnya di ending film. Tentunya kamu harus nonton dulu film yang diperanin sama Bruce Willis itu supaya bisa ngerti secara utuh.

Well, daripada nanti spoiler engga ada salahnya kamu nonton “Split” yang tayang di Indonesia tanggal 15 Februari. “Selamat menonton!”

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.