Kamis, 1 Desember 2022

Genmuda – Seiring dengan munculnya sejumlah artis baru dari waktu ke waktu, wajar aja kalo makin ke sini orang-orang jadi makin sulit buat nentuin siapa idola favoritnya. Bahkan, saking sulitnya, sampai-sampai ada sejumlah hal yang cuma dipahami oleh para penganut multifandom loh, Kawan Muda.

Multifandom pada dasarnya merupakan keikutsertaan atau keterlibatan seorang fans di lebih dari satu fandom. Hal semacam itu biasanya kerap dialami oleh para K-Popers, mengingat tiap tahunnya ada aja grup dan idola K-Pop yang baru debut, apalagi engga sedikit pula grup dan idola K-Pop yang bagus.

Meski begitu, fenomena multifandom sebetulnya juga bisa dialami bukan cuma oleh para K-Popers. Sebut aja contoh lainnya adalah para fans Justin Bieber dan One Direction. Para Beliebers engga jarang ngefans juga sama One Direction, demikian pula sebaliknya para Directioners terhadap Bieber.

Dengan demikian, bisa dibilang multifandom merupakan sebuah fenomena yang emang udah terjadi secara global, bukan cuma di sejumlah negara tertentu aja. Oleh karena itu, kalo kamu selama ini ngerasa udah jadi bagian dari multifandom, 5 hal berikut ini pasti sering kamu alamin:

1. Satu fandom utama, sisanya sampingan

via tumblr.com

Umumnya, kamu yang ikutan multifandom pasti udah punya satu idola utama dan sisanya cuma termasuk fandom sampingan aja. Kalo engga, palingan kamu cuma sekedar suka sama idola atau bias yang lainnya dan engga benar-benar ikutan fandom-nya. Dengan demikian, ujung-ujungnya kuncinya ada pada konsistensi kamu sendiri dan fandom mana yang kamu prioritasin.

2. Labil dan dilema

Kayak yang Genmuda.com bilang di awal, kemunculan banyak artis baru kerap bikin orang-orang jadi makin sulit buat nentuin mau masuk fandom yang mana. Kayak kasus Bieber dan 1D misalnya, kamu yang tergabung dalam Beliebers dan Directioners sekaligus pasti sempat kelabakan saat album ‘Purpose’ dan ‘Made in the A.M.’ dirilis di tanggal yang sama. Apalagi pas kedua bintang tersebut harus bersaing di tangga lagu dan ajang penghargaan, bakal makin labil dan dilema aja deh kamu para Beliectioners.

3. Berusaha ngehindarin perang fans

via gifsec.com

Kalo lagi ada perang fans, ada tiga kemungkinan yang bisa kamu pilih. Pertama kamu dukung salah satu fandom, kedua jadi penengah, dan ketiga ngejauh. Masing-masing pilihan tersebut tentu ada plus dan minusnya, tapi biasanya yang terbaik dalam pilihan yang terakhir. Kalo kamu pilih yang pertama, yang ada kamu bakal makin diserang dan dituduh ‘pengkhianat’. Sebaliknya kalo kamu pilih yang kedua, itu cuma bakal bertahan sampai ada fans lain yang nyerang kamu dan kamu akhirnya malah capek sendiri.

4. Bingung pilih foto atau lagu

Walau terbilang agak receh, hal ini justru penting banget buat para fans yang udah die-hard abis. Entah cuma sekedar nentuin gambar background buat akun medsos maupun milih ringtone buat di hp, semua itu lagi-lagi bakal jadi keputusan yang engga mudah kalo kamu masuk dalam multifandom. Saking banyaknya pilihan, alhasil kamu pun malah jadi bingung sendiri.

5. Gampang bokek

via gurl.com

Balik lagi ke kasus fans Bieber dan 1D, sebagian dari kamu yang termasuk dalam Beliectioners mungkin akhirnya rela buat langsung beli album mereka di hari pertama peluncurannya tanpa pikir panjang. Pas kemudian merchandise-nya mulai dijual, kamu bisa jadi juga langsung beli gitu aja tanpa khawatir soal isi dompet. Hingga akhirnya pas semuanya udah kebeli, baru deh kamu sadar kalo uang kamu udah abis kepakai demi idola kamu. Ingat, ini masih pertengahan bulan loh, Kawan Muda. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer