Selasa, 28 Juni 2022

Genmuda – Akun media sosial dibajak orang lain mungkin bukan hal baru lagi buat kamu. Biar dibilang iseng atau cuma becanda, ngebajak akun medsos orang bisa aja jadi tindakan kriminal, apalagi kalo yang dibajak adalah akun-akun medsos orang penting atau sok penting.

Kemarin, Senin (28/8) giliran akun Instagram Selena Gomez yang dibajak hacker. Ibarat gak ada angin, gak ada petir, tiba-tiba aja akun tersebut memposting foto bugil, Justin Bieber, yang merupakan mantan Selgom. Wadaw!

Sontak hal itu bikin heboh 125 juta followers pelantun lagu “Bad Liar” tersebut. Diberitakan oleh Variety, foto itu diambil oleh seorang paparazi saat Bieber berlibur ke Bora Bora di tahun 2015. Dan telah putus dari Selgom.

Namun demikian, kejadian konyol tersebut langsung gercep diatasi oleh pihak manajemen Selgom. Dan sekarang akun IGnya udah kembali normal dan foto mantannya itu udah menghilang dari timeline.

Meski kasus akun medsos artis dibajak sering dianggap cuma jadi gimmick biar makin ngetop, tapi Genmuda.com udah ngerangkum 7 kasus serupa yang gak kalah heboh dan konyol yang pernah dialamin oleh para artis. Cekidot gengs!

1. Justin Bieber

via: Mirror
(Sumber: Istimewa)

Sama kayak mantannya, Bieber lebih dulu kena hack di tahun 2014. Gokilnya lagi, hackernya itu ternyata orang Indonesia dengan nama akun @NotesCepot. Lucunya sejumlah fans menduga kalo penyanyi “Sorry” tersebut kepo dan gak sengaja ngeklik berita “Justin Bieber Cemberut” yang justru bikin akunnya dibajak.

Apa faedahnya: Jangan asal buka situs gak jelas.

2. Taylor Swift

via huffingtonpost.com
Taylor Swift. (Photo by Charles Sykes/Invision/AP/huffingtonpost.com)

Cewek serba bisa dan jago nulis lagu ini pun pernah kena ulah iseng hacker bernama “Lizard Squad” yang ngebajak akun Twitter sama Instagram doi. Saat itu dengan random doi ngetweet supaya follow akun si hacker buat buat ngedapetin foto bugil Swift. Dua jam kemudian Taytay (nama panggilan Swift) baru mengklarifikasi kalo medsosnya baru aja dibajak dan telah melaporkan kejadian tersebut.

Apa faedahnya: Lebih baik telat dua jam daripada gak sama sekali.

3. Katy Perry

via Istimewa
Ini Katy Perry. Dia cantik, merdu, dan albumnya laris. Tapi, belum menang Grammy. (Sumber: Istimewa)

Ini gak kalah heboh, gengs. Tahun 2016 akun Twitter Katy Perry pernah me-mention akun Taylor Swift dengan isi “Miss you @taylorswift13”. Dianggap keduanya udah beneran baikan, ternyata itu semua ulah seorang hacker. Maksud si hacker sih baik ya, tapi Katy Perry langsung menghapus tweet tersebut.

Apa faedahnya: Jangan gerecokin urusan cewek yang lagi berantem.

4. Tom Hiddleston

via stocknewsusa.com
Bakal ada lagu tentang Tom dari Taylor engga ya, Kawan Muda? (Sumber: Istimewa)

Akun Instagram pemeran Loki di film “Thor”, Tom Hiddleston, pernah ikutan dibajak saat doi masih pacaran sama Taylor Swift pada Agustus 2016. Terdapat postingan gambar kartun dengan keterangan #ERORR.404. Saat itu banyak yang beranggapan si hacker sengaja ngebajak akun Tom karena gak rela doi jadian sama Taytay. Drama banget!

Apa faedahnya: Di balik kebahagian kamu, pasti ada aja orang-orang yang iri. (penulisnya sok bijak)

5. G-Dragon

via: Allkpop
(Sumber: Allkpop)

Masih 11-12 sama Tom Hiddelston, akun IG personil Bigbang ini juga pernah dibajak oleh orang iseng. Kasusnya berawal saat G-Dragon digosipin lagi deket sama model Jepang, Nana Komatsu. Diduga ada fans yang gak terima, akun kedua doi @peaceminusone mendadak gak bisa diakses sampe akhirnya digembok.

Apa faedahnya: Kalo akun lo gak bisa balik, buat aja akun baru.

6. Natasha Wilona

via: Instagram
(Sumber: Istimewa)

Akun IG cewek yang diisukan deket sama Verrell Bramasta ini pernah kena bajak bulan November 2015. Tapi, karena gak mau diambil pusing akhirnya doi bikin akun baru lagi dengan nama @natashashawilona12 dan udah terverifikasi. Sedangkan akun lamanya sekarang malah jadi akun jual beli produk kecantikan. YAELAH. Bahkan, kalo kamu gak teliti akun dengan nama Natasha Wilona di Instagaram tuh banyak banget dan semua profile picturenya sama.

Apa faedahnya: Semakin lo ngetop semakin banyak yang ngikutin lo.

7. Ariel Tatum

via Instagram
Ariel Tatum (Sumber: Istimewa)

Sebelum memutuskan vakum dari Instagram, terus mendadak balik lagi ke Instagram, (maunya apa sih) akun milik Ariel Tatum itu pernah dibajak tahun 2015 silam. Lucunya doi malah bikin sayambara buat siapa aja yang berhasil mengembalikan akun tersebut bakal dapet hadiah plus dinner bareng. Waduh, siapa ya sosok yang beruntung tersebut?

Apa faedahnya: Penting buat melek teknologi.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.