Jum'at, 24 September 2021

Genmuda – Thanos porak-porandakan Avengers, Guardian of the Galaxy, bahkan Sorcerer Supreme dalam segala trailer “Avengers: Infinity War.” Kekuatan Sang Titan Gila keliatan paling tinggi di Marvel Cinematic Universe (MCU), tapi dia pernah kalah di banyak Komik Marvel.

Karakter yang langsung dibenci pada kemunculan perdana sebagai musuh utama film MCU itu bahkan pernah dikalahin dengan sekali pukulan. Pernah juga kalah sama karakter dengan kekuatan super paling absurd di Komik Marvel. Ada juga satu adegan kekalahan yang dramatis.

Berhubung dibuat tanpa menyimpang jauh dari Komik Marvel, besar kemungkinan Thanos di MCU pun pada akhirnya bakalan kalah. Di komik, inilah karakter yang bisa kalahin alien raksasa berkulit biru keunguan itu.

1. Doctor Doom

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Dilengkapi kekuatan sihir, teknologi baju zirah setara Iron-Man, dan mesin pembalik waktu, Victor von Doom alias Doctor Doom punya kekuatan setara dewa. Sang Anti-Hero itu kalahin Thanos dengan sekali pukulan maut dalam Komik Marvel “Secret Wars #8”.

2. Squirrel Girl

via imgur.com
(Sumber: imgur.com)

Doreen Green, cewek muda yang mengidolakan Iron-Man mengalami mutasi. Doi jadi bisa mengontrol tupai. Dengan memerintah tupai supaya mengeroyok lawannya, Squirrel Girl kalahin banyak musuh kuat di Komik Marvel, seperti Doctor Doom, Galactus, bahkan Thanos di Komik Marvel “GLX-MAS #1”.

3. Drax

via comicvine.com
(Sumber: comicvine.com)

Drax di komik beda banget dari Drax di MCU. Di komik, alien dengan dendam kesumat terhadap Thanos itu punya energi terbilang engga terbatas dan salah satu karakter kuat selain Thor. Dia menghujam jantung Thanos dengan tangan kosongnya pada Komik Marvel “Annihilation.”

4. Thane

via comicbookherald.com
Thanos terjebak perangkap Thane. (comicbookherald.com)

Sebagai anak Thanos, Thane diajarin untuk menguasai sihir. Tangan kirinya punya kekuatan mengubah kenyataan sementara tangan kanannya punya kekuatan untuk menjebak seseorang di alam antara hidup dan mati. Kekuatan tangan kanan itu dia pakai ke Thanos pada komik “Infinity #6.

5. Adam Warlock

via cbr.com
(Sumber: cbr.com)

Ilmuwan luar angkasa sengaja membuat manusia paling sempurna dengan tujuan menjaga Infinity Stone. Maka, terciptalah Adam Warlock. Setelah berkali-kali kalah dari Thanos, dia berhasil menyihir Sang Titan Gila jadi batu dengan bantuan Spider-Man di Komik “Marvel Two-In-One #2.”

6. Thor

via cbr.com
(Sumber: cbr.com)

Thor di film mirip banget kayak Thor di komik. Keliatan ceria di luar, tapi menyimpan sakit hati yang besar karena kahilangan orang-orang tercinta. Kekesalan itu menggelora hingga jadi sumber kekuatannya menghajar Thanos dengan Palu Mjolnir hingga tewas di Komik “Thor Vol 2 #25.”

7. Hulk

via cbr.com
(Sumber: cbr.com)

Di komik, ada banyak momen ketika Hulk ngalahin Thanos. Salah satunya, ketika Hulk jadi zombie di Komik “Marvel Zombies #2.” Dengan satu tepukan tangan, dia menggencet kepala Thanos hingga ambyar.

8. Captain Marvel

via: Genmuda.com/2018 Liki
(Sumber: Istimewa)

Captain Marvel di Komik “Captain Marvel #33” kalahin Thanos dengan bantuan Drax dan Mantis. Pertarungan antara musuh bebuyutan itu begitu sengit. Pertarungan dua karakter kuat itu di MCU pun menjanjikan serunya.

9. Deadpool

via 9gag.com
(Sumber: 9gag.com)

Komik “Deadpool vs Thanos #4” nampilin upaya Deadpool menggoda Mistress Death untuk ninggalin kekasihnya, Thanos. Setelah tertikung, Thanos tewas karena kehidupannya diambil oleh perempuan yang menghidupkannya kembali dari kematian.

10. Diri sendiri

via cbr.com
(Sumber: cbr.com)

Mini seri “Infinity Abyss” begitu mind blowing karena ceritain Thanos vs Thanos. Kok bisa? Iya, bisa karena Thanos menciptakan lima kloning dirinya, yaitu X, Mystic, Warrior, Amor, dan Omega dengan segala kekuatan dan kebengisan Thanos.

Namun, Thanos asli menyadari bahwa tindakannya salah dan nyawanya ikut terancam karean kelima kloning itu ingin menjadi satu-satunya pemilik gelar Titan Gila.

Dengan memohon bantuan Spider-Man, Doctor Strange, Moondragon, Adam Warlock, dan Captain Marvel, Thanos kalahin para kloning. Diapun nunjukin sedikit penghargaan terhadap kehidupan makhluk selain dirinya.

Cerita itu cocok banget kalo MCU pengen bikin “Avengers: Infinity War” edisi Ramadhan dengan judul “Taubatnya Iblis Jahannam.” (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.