Sabtu, 4 Februari 2023

Genmuda – Pasti Kawan Muda udah pernah dengar dong adanya wacana kalau Ibukota Indonesia bakalan dipindahin. Hal ini jadi pertimbangan gara gara ngeliat Jakarta yang engga udah efektif lagi sebagai pusat pemerintahan yang ngerangkap pusat ekonomi juga.

Emang sih, katanya wacana ini udah ada dari masa Bung Karno sebagai Presiden RI, namun hingga kini belum terlaksana juga. Nah, isunya di masa pemerintahan Pak Jokowi, Ibukota Indonesia bakal dipindahkan ke Pulau Kalimantan yakni di Pangkalan Bun.

Karena ini permasalahan satu Indonesia, otomatis menimbulkan pro-kontra di antara masyarakat Indonesia. Apa yang bakalan terjadi kalau Ibukota beneran pindah ya? Nih, Genmuda.com kasih segala kemungkinan yang bisa terjadi.

Gimana Nasib Jakarta?

Terus gimana dong nasib Kawan Muda yang di Jakarta? Dalam waktu yang cepat rasanya engga mungkin untuk ikut memindahkan seluruh masyarakat Jakarta ke Kalimantan. Lagipula, banyak yang harus dipertimbangkan jika Pak Jokowi beneran ingin move on ke Kalimantan.

Mulai dari urusan pemerintahan, sosial ekonomi hingga pendidikan di sana. Yang pasti harus menata struktur pusat kepemerintahan di Jakarta yang udah mengakar ini bakalan jadi PR besar, bahkan belum tentu rampung hingga masa akhir jabatan Pak Jokowi.

Pangkalan Bun = The Next Jakarta

Sebenarnya dengan memindahkan Ibukota ke daerah lain, memungkinkan akan ada Jakarta season 2.Nantinya, banyak masyarakat yang akan pindah ke Pangkalan Bun, lalu menjadikan daerah tersebut sebagai satu-satunya tempat bergantung mencari nafkah.

Dengan kebiasaan dan sifat masyarakat Indonesia yang masih seperti ini, ditakutkan Pangkalan Bun lama kelamaan akan menjadi Jakarta yang seperti sekarang ini.

Pemerataan Pembangunan (Engga Cuma Jawa aja)

Positifnya adalah pembangunan engga cuma terpusat di Pulau Jawa aja. Kawan Muda yang tinggal di Kalimantan bisa berbahagia karena jika benar Ibukota dipindahkan ke Pulau Kalimantan, maka secara tidak langsung pemerintah juga akan fokus membangun daerah di Pulau tersebut.

Mungkin aja Kalimantan bakal punya jalur kereta api kayak Pulau Jawa, dan karena menjadi Ibukota otomatis apa yang kamu butuhkan akan mudah ditemukan karena pasti dijadikan mata pencaharian.

 

Tapi ternyata ada dua hal yang harus dipertimbangin nih Kawan Muda. Apa sih?

Sudah Habis tanpa Harus jadi Ibukota

Yah, seperti yang Kawan Muda tahu kondisi hutan di Kalimantan sangat menyedihkan. Banyak oknum engga bertanggung jawab yang membakar habis hutan, mengambil produk kelapa sawit dan menghilangkan rumah orang utan. Ini semua terjadi sebelum Ibukota pindah ke Pangkalan Bun.

Kawan Muda pasti bisa ngebayangin dong seandainya benar benar Ibukota dipindahkan? Mungkin nasib hutan, kelapa sawit dan habitat orang utan engga sebagus dulu.

Pindahkan Salah Satunya Saja

Kesalahan di Jakarta engga boleh terulang lagi kalau emang mau memindahkan Ibukota. Biar engga pindah-pindah lagi, ada baiknya memindahkan salah satu saja ke Pangkalan Bun entah itu pusat pemerintahannya atau pusat perekonomian.

Biar engga galau juga ngurusin Jakarta, lebih baik yang dipindahkan itu pusat pemerintahannya, pusat perekonomiannya dibiarkan di Jakarta. Supaya apa? Ya supaya engga makin sumpek dan kepenuhan.

Gimana menurut Kawan Muda? Kira-kira setuju engga sih kalo Ibukota dipindahkan? Kalo beneran pindah, Kawan Muda mau pindah juga engga ke Kalimantan? Kasih aja komentar kamu di bawah ini ya.

Comments

comments