Senin, 3 Oktober 2022
Tekno

Ini Fitur Anyar iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang Siap Bikin Kamu Takjub

via DailyMail.co.ukCEO Apple Tim Cook lagi ngebuka peluncuran iPhone 7 di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (7/9) waktu setempat. (Sumber: Reuters / Daily Mail)

Genmuda – Apple resmi luncurin iPhone 7 dan iPhone 7 plus beserta sederet gadget pelengkapnya di Bill Graham Civic Auditorium, San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (7/9). Ponsel terbaru itu udah bisa dipesen di Amerika Serikat, Inggris, dan Tiongkok, Jumat (9/9).

Semua teknologi terbaru Apple dipasangin di ponsel itu. “Ini simply iPhone tercanggih yang pernah kami produksi,” kata Tim Cook, CEO Apple waktu ngasih kesimpulan presentasi produk terbarunya.

Penasaran sama fitur penting apa aja yang ada di iPhone 7? Nih, Genmuda.com kasih tau sesuai dengan 10 poin penting yang disampaikan Tim Cook dan timnya di peluncuran produknya. Cekidot!

1. Engga ada lubang headset

via The Verge
(Sumber: The Verge)

Engga ada. Cuma ada colokan Apple Lightning yang biasa dipakai buat nge-charge ponsel. Sebagai gantinya Apple udah nyiapin headset khusus iPhone dengan colokan Lightning, bukan jack 3,5mm yang umum digunain. Adapun fungsi colokan adaptor bisa dipakai untuk headset 3,5mm. Intinya, pengguna iPhone 7 engga bisa gunain headset kabel sambil mengecharge ponselnya.

2. Halo teknologi headphone wireless

via The Verge
(Sumber: The Verge)

Di peluncuran itu, Apple juga luncurin headset wireless yang jadi standarnya iPhone 7 (tapi dijual terpisah). Teknologinya mirip sama headset EarPods tapi dilengkapi chip wireless W1 yang jauh mengupgrade kualitas suaranya. AirPods —headset wirelessnya, bisa dibeli sekitar 159 dollar AS (sekitar 2 jutaan rupiah), tapi produk tersebut baru dirilis akhir Oktober.

3. Tombol home tetap ada tapi pakai tombol sentuh

via The Verge
(Sumber: The Verge)

Jadi, engga bakalan ada sensasi ‘klik-klik’ di jari waktu mencet tombolnya. Gantinya, iPhone 7 bakalan getar kalo tombol homenya disentuh. Teknologinya mirip kaya trackpad yang ada di MacBook. Hikmahnya, pengguna iPhone 7 engga perlu takut tombol homenya cepet rusak.

4. Mario masuk iOS

via The Verge
(Sumber: The Verge)

Kedatangan Shigeru Miyamoto, kreatornya Mario Bros ke peluncuran iPhone 7 sangat engga disangka-sangka. Di situ, doi bilang kalo Mario Bros, game klasik yang super tenar itu bakalan tersedia di Apple Store. Gamenya pun udah dimodif supaya bisa gampang dikontrol dengan smartphone.

5. Kameranya ganda

via The Verge
(Sumber: The Verge)

Dari dulu, kamera iPhone emang selalu the best di antara kamera di smartphone lain. Kali ini, Apple keliatan ambisius banget mempertahankan gelar itu dengan masang kamera ganda di bagian belakang iPhone 7 plus. Apa fungsi kamera ganda? Buat ngambil foto ‘telephoto’ alias foto yang di-zoom namun tetap berkualitas dan engga pecah. Atau kamu bisa juga ngambil foto ‘wide angle’ yang bersih dan keliatan warnanya dengan jelas.

Ponsel iPhone 7 biasa engga punya kamera ganda di belakangnya, tapi masih punya kamera 12-megapixel yang oke, flash, dan lensa dengan apperture f1.8. Intinya, kameranya tetap oke buat motret di tempat gelap sekalipun.

6. Layar makin cerah

via PC Advisor
(Sumber: PC Advisor)

Pada layar iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, Apple menyematkan layar yang 25% lebih cerah. Warna yang ditampilin lebih banyak, juga dengan color management lebih baik. Bisa dibilang, layarnya bakalan lebih better dari layar HD biasa.

7. Tahan air dan debu

via Business Insider
(Sumber: Business Insider)

Teknologi perakitan terbaru Apple bikin iPhone 7 anti air dan debu. Beneran. Bisa tetep nyala meski dipakai di tengah hujan deres sekalipun. Kesiram air pun masih bisa survive. Cuman, tetep engga disaranin sih buat berenang sambil ngantongin iPhone 7.

Selain ngeluncurin ponsel canggih dengan 7 fitur itu, Apple sekalian juga luncurin Apple Smartwatch series 2 yang tahan air, punya GPS bawaan, dan bisa dipakai mainin Pokemon GO. Ada juga info soal peluncuran iOS 10 di pertengahan September sob.

Tim Cook dan timnya menjelaskan jika Apple iPhone 7 akan dibanderol sekitar 649 dolar AS (8,5 jutaan rupiah) dan iPhone 7 plus 769 dolar AS (10 jutaan rupiah). Ponselnya tersedia dengan warna hitam, jet black, gold, dan rose gold. Kalo kamu penasaran, liat aja nih video rangkumannya di bawah ini:

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.