Selasa, 25 Januari 2022

Genmuda – Kalo udah ngomongin Korea Selatan, yang paling pertama dibahas pasti soal industri hiburannya, termasuk soal boyband dan girlband yang udah menjadi ‘wabah’ di beberapa negara. Tampang ganteng dan cantik jelas bikin kids jaman now klepek-klepek dan ngebet pengen kayak mereka. Makanya gak heran sampe ada istilah Korean’s Wave setiap tahunnya.

Udah puas bahas drakor yang wajib ditonton (5/12) dan artis Korea dengan bayaran termahal (14/12), gak afdol kalo Genmuda.com gak bahas seputar boyband girlband asal Korea Selatan yang paling populer sepanjang tahun 2017. Mau tau siapa aja? yuk cekidot.

1. BTS

Boyband dengan nama lengkan “Bangtan Boys” atau “Bangtan Sonyeondan” memulai debut sejak 2013. Dengan album pertamanya “Dark and Wild”, cowok-cowok BTS udah mulai narik perhatian pecinta musik. Punya tujuh anggota yang ganteng-ganteng, mereka gak cuma ngandelin tampang, tapi juga keahlian masing-masing personil yang digali sama produser BangPD-Nim

Masih tergolong muda, boyband bentukan BigHit Entertainment ini udah punya banyak penggemar di Korea dan Internasional. Army, –sebutan untuk fanser BTS, gak pernah absen buat nonton setiap konsernya.

FYI, BTS berhasil mendapatkan penghargaan skala Internasional di Billboard Music Award untuk kategori Artis Jejaring Sosial Terbaik. Bahkan MV DNA mereka berhasil ditonton sebanyak 205 juta kali.

2. Wanna One

Kalo kata istilahnya Indonesia, boyband satu ini jenis masuk tipe kecil-kecil cabe rawit. Gimana enggak, baru juga debut tahun 2017 tapi mereka udah hampir sejajar sama boyband senior yang ternama. Dibentuk dari ajang Produce 101 season 2, boyband ini punya 11 cowok ganteng dan imut.

Berhasil di ajang Mnet Asian Music Award untuk grup pria terbaik, jadi bukti kalo mereka bisa bersaing sama para sunbae-nim, kayak EXO, BTS, atau SUJU. Debut dengan Album pertama “1-1=0 (Nothing Without You)”, mereka juga berhasil bikin MV Energetic ditonton oleh 40 juta penonton, daebak!

3. EXO

Nah, bukan K-popers sejati kalo gak tau boyband ini. Ada Chaenyol, D.O, Sehun dan kawan-kawan yang dijamin bikin para cewek klepek-klepek. Sebagai anaknya SM Entertainment emang udah terjamin kegantengan dan kualitas personilnya.

Boyband penyanyi “Ko Ko Bop” yang ditonton 102 juta kali ini udah langganan menangin berbagai penghargaan. Di ajang MTV Europe Music Award mereka menangin penghargaan dalam kategori Best Korean Act. Karena prestasinya itu, ada yang menyebutkan kalo EXO adalah boyband penerusnya SUJU. Kamu setuju gak, gengs?

4. Twice

Ada 9 cewek cantik dalam satu grup jelas bikin cowok-cowok betah duduk sambil nonton penampilan mereka. Kalo lagi liat video koser musik mereka, justru backsound yang paling kedengeran dari bangku penonton adalah suara cowok, loh. Serius!

Baru berumur 2 tahun, pemilik lagu “TT” ini udah punya sederet penghargaan. Dari mulai Mnet Asian Music Award, Piala Bonsang, hingga Seoul Music Award, udah pernah dibopong sama girlband didikan penyanyi top di Korea Selatan, Park Jin Young. Gak cuma itu, lagu bawaan mereka selalu bisa bikin viral, contohnya koreografi “TT” yang banyak di-cover sama artis ternama lainnya.

5. Red Velvet

Selain punya nama yang sama dengan kue yang sempet hype di Indonesia dua tahun belakangan, ternyata girlband ini juga gak kalah tenar dan viralnya sama kue berwarna merah tersebut. Digawangi sama Irene, Seulgi, Wendy, Joy, dan Yeri mereka punya banyak ReVeluv, yang selalu mensupport karya mereka. Sama kayak EXO, Red Velvet merupakan girlband dari SM Entertainment.

Cewek pelantun lagu “Russian Roulette” ini juga punya riwayat prestasi kayak Seoul Music Award for Best New Artist (2015), MAMA 2017 untuk Grup Wanita Terbaik, dan masih banyak lagi. Secara individu tiap membernya juga punya prestasi mentereng, kayak Wendy dan Seulgi yang suka ngisi soundtrack drakor, dan Irene sebagai MC Music Bank.

6. Blackpink

Rival SM Entertainment dan JYP Entertainment, tentunya YG Entertainment. Bapak asuhnya G-Dragon cs. ini juga punya Girlband baru yang gak kalah keren. Diisi sama Jisoo, Rosé, Linda, dan Jennie, lagu debut mereka “Boombayah” berhasil bikin para K-Popers langsung ketagihan nonton MV mereka.

Punya ciri khas girlband YG, mereka selalu tampil dengan gaya elegan tapi berani. Si cantik Jisoo, Si rapper Lisa, si lucu Rose, dan si manis Jennie jelas jadi kombinasi paling ampuh buat bersaing di panggung hiburan K-pop. Menyabet penghargaan Golden Disk New Rising Star Award di ajang Musik Digital (2017) bikin mereka patut masuk dalam daftar girlband yang patut diperhitungkan tahun 2017.

7. Seventeen

Kalo kamu beranggapan jumlah membernya ada 17, kamu salah, gaes! Nama Seventeen diambil dari rata-rata usia para membernya. Boyband dari Pledis Entertainment ini punya total 13 member dengan sub unit yang berbeda.

Terdapat 3 unit sub dalam Seventeen, ada unit vokal, unit performance, dan unit hip-hop. Jadi udah kayak paket lengkap deh. Dari komposer imut Woozi, leader ganteng S.Coups, sampe si polos Wonwoo bikin para Carat,– sebutan fansnya, semakin jatuh cinta.

Buat Kawan Muda, di antara 7 grup ini ada bias kamu gak? Kasih tau Genmuda.com dong! (sds)

Comments

comments