Rabu, 27 Januari 2021

GENMUDA – Bencana kebakaran hutan dan kabut asap yang melanda Indonesia ternyata engga cuma dirasakan di negeri kita aja. Tapi juga sampai Negara tetangga hingga luar angkasa.

Kamu pasti udah banyak mendengar mengenai kebakaran hutan dan kabut asap yang menimpa wilayah-wilayah di Sumatera dan Kalimantan kan? Bencana ini terjadi hampir setiap tahun, dan mengakibatkan banyak banget dampak buruk, bukan cuma buat lingkungan, tapi juga manusia, termasuk saudara-saudara kita.

Sudah ribuan bahkan jutaan penduduk yang mengalami dampaknya. Salah satu yang paling mengkhawatirkan adalah gangguan pernafasan akibat asap yang beracun dan berbahaya bagi kesehatan. Bukan cuma orang dewasa, tapi anak-anak kecil juga jadi korbannya.

 

Selain di beberapa wilayah Indonesia, kabut asap ini juga sampai ke negara-negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand. Lantas apa sih penyebab terjadinya bencana tersebut, dan kenapa kita masih terus ngalamin setiap tahunnya?

Ini semua terjadi juga karena ulah manusia guys.  Banyak perusahaan-perusahaan serta perorangan yang secara ilegal membuka lahan hutan buat dijadiin perkebunan kelapa sawit. Hingga kini, Pemerintah masih terus melakukan penyelidikan buat menghukum oknum-oknum yang bertanggung jawab atas bencana kebakaran hutan dan kabut asap.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menegaskan kalau tidak boleh ada lagi izin ataupun pembukaan lahan baru di areal gambut. Penegasan tersebut disampaikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ibu Siti Nurbaya, Selasa (3/11). Kalau kamu masih belum juga aware, kamu bisa ngelihat langsung gimana daruratnya situasi kita, bahkan dari luar angkasa. Yup, saking besar dan meluasnya bencana ini, kabut asapnya sampai tertangkap oleh satelit NASA!

Sejauh ini sudah banyak banget upaya yang terus dilakuin beragam pihak, dari Pemerintah, bantuan dari negara-negara lain, sampai masyarakat sendiri. Terus, cara apa yang bisa kita lakuin?

Ada beberapa cara buat kamu ikutan berpartisipasi membantu saudara-saudara kita yang sedang berjuang melawan asap di sana. Pertama, kamu bisa ikut ngasih bantuan, baik berupa materi atau masker, obat-obatan medis, makanan, dan lain sebagainya lewat lembaga-lembaga yang membuka penerimaan donasi.

Kalau kamu pengen ikut langsung terjun ke daerah bencana, kamu juga bisa ikutan jadi relawan. Tapi yang pasti, kamu harus mendaftar di organisasi ataupun LSM yang memang resmi ya guys, dan pastiin juga fisik kamu kuat. Selain itu, juga bisa ikutan buat engga membeli dan menggunakan produk-produk dari perusahaan pelaku pembakaran hutan, agar mereka jera dan mendapatkan hukuman yang setimpal.

Meski engga langsung berimbas langsung tapi Kawan Muda juga harus percaya, kalau hal baik bisa dimulai dari diri sendiri dan ditularkan ke orang lain. Gimana? Kamu sejutu kan? (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥