Sabtu, 10 April 2021

Genmuda – Balikan. Jadi kata yang salah diartikan sama anak muda. Merujuk pada KBBI, balikan tuh adalah kata sifat; hasil membalikan atau umpan balik. TAPI, sekarang ‘balikan’ justru diartikan sebagai kembali membina hubungan sama mantan.

Sebenarnya engga ada yang salah juga jika seseorang mutusin balikan sama mantannya. Bisa jadi setelah pisah mereka jadi intropeksi diri, terus masih sayang, engga bisa pindah ke lain hati, akhirnya balikan deh. Klasik banget.

Namun, persoalan balikan ternyata engga cuma milik dua insan dalam hubungan percintaan. Dalam sepak bola ‘balikan’ udah jadi hal lumrah. Buktinya engga sedikit sejumlah pemain dan pelatih kembali lagi ke mantan klub mereka.

Berhubung bursa transfer musim panas 2016 udah resmi ditutup para Rabu (31/8) waktu Eropa, berikut ini Genmuda.com kasih tau beberapa pemain yang akhirnya mutusin buat balikan sama mantan klubnya.

1. David Luiz

via: Sky Sport
(Sumber: Skysport)

Harus diakui kalo David Luiz menjadi pemain belakang terhebat yang dimiliki oleh Chelsea. Sayangnya di musim 2014, pemain kribo ini dijual ke PSG seharga 50 juta poundstreling dan memecahkan rekor transfer bek termahal. Dua tahun di Paris dengan dua title juara League 1, Luiz akhirnya merasa kurang tertantang dan mutusin buat kembali membela The Blues pada akhir bursa transfer musim panas kemarin.

Belum diketahui berapa lama kontrak baru pemain 29 tahun tersebut di Stamford Bridge. Goal menyebutkan kalo mahar dari Chelsea supaya Luiz mau balikan sebesar 45 juta poundstreling. Lumayan kan transfernya untung 5 juta.

2. Alvaro Morata

via: 101greatgoals.com
(Sumber: 101greatgoals.com)

Pintu balikan juga terjalin antara pemain Spanyol, Alvaro Morata, dengan mantan klubnya Real Madrid. Usai bersinar bersama Juventus di Serie A dan Liga Champions, Morata tercatat menorehkan 27 gol dan 19 assist dari 93 laga di seluruh kompetisi.

Engga pake lama, El Real langsung gercep gaet Morata dengan nilai transfer 30 juta poundstreling dari Turin. Sayangnya meski udah resmi pulkam, kabarnya manajemen Madrid sengaja membeli doi untuk dijual lagi ke tim lain guna mendapatkan keuntunga. Kalo rumor itu benar kejadian sih sakit banget rasanya jadi Morata. Iya engga?

3. Mario Götze

via: Welt.de
(Sumber: Welt.de)

Butuh waktu sekitar tiga tahun bagi Borussia Dortmund buat mengajak Mario Götze balik ke Signal Iduna Park. Kepergian pahlawan Jerman di Piala Dunia 2014 ini emang sempat melahirkan kontroversi oleh para fans lantaran pindah ke klub rival, Bayern Munich.

Tiga tahun di Bayern, karir Götze di bawah asuhan Pep Guardiola emang justru kian redup. Engga heran kalo bintang 24 tahun itu pun akhirnya memutuskan balikan sama BVB dengan kontrak hingga tahun 2020.

4. Mats Hummels

via dfb.de
(Sumber: dfb.de)

Setali tiga uang, Dortmund dan Munchen ibarat ‘lingkaran setan’. Kedua tim yang menguasai Bundesliga satu lustrum belakangan itu seolah cuma tuker-tukeran pemain muda mereka. Kalo sebelumnya ada Götze, sekarang giliran Hummels  yang diajak balikan sama mantan klubnya.

Hummels sendiri merupakan salah satu pemain bertahan paling mahal selain David Luiz. Cowok kelahiran 1988 ini dibeli seharga 29 poundstreling dari Dortmund oleh mantan timnya Bayern Munchen. Bersama mantan timnya itu, Hummels bakal terikat kontrak selama 5 tahun ke depan bersama pelatih anyar, Carlo Ancelotti.

5. Paul Pogba

via: Manchester United
(Sumber: Manchester United)

Comeback Pogba ke MU emang jadi berita paling heboh sepanjang bursa transfer musim panas kali ini. Gimana engga, usai ‘terbuang’ di era Sir Alex dan hijrah ke Juventus, pemain timnas Prancis ini akhirnya diajak ‘balikan’ pada era Jose Morinho.

Hashtag #PogBack pun menjadi trending di dunia maya dalam beberapa minggu yang lalu. Diakui oleh sang pemain, MU adalah tim yang selalu ada di hatinya selama ini. Duh, so sweet banget sih Mas Pogba! He-he.

via: giphy

Nah, dari 5 pesepakbola di atas bisa dilihat kan kalo ‘balikan’ engga cuma soal hubungan percintaan doang. Bedanya balikan sama ‘mantan’ harus bawa perasaan, sedangkan kalo balikan sama ‘mantan tim’ ya harus bawa keuntungan. He-he. Gimana setuju engga?

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.