Rabu, 2 Desember 2020

Genmuda – Berusaha nonjolin identitasnya sebagai pionir teknologi di dunia otomotif, Honda luncurin mobil special edition yang jadi sorotan yaitu ‘New Brio RS’ yang dinamis dan cocok buat anak muda. Ada pula Honda ‘Civic Hatchback’ yang elegan dan performanya paling pol.

Di kesempatan itu, ada pula tiga mobil special edition lain yang diluncurkan yaitu ‘All New Jazz RS,’ ‘Mobilio Prestige,’ ‘Honda HR-V Special Edition.’ Semuanya mengusung konsep baru yang lebih sporty, makin enak dipandang, dan bernilai lebih.

Di seri Brio terbaru ini, Honda nawarin sejumlah ‘modifikasi’ interior dan eksterior kendaraan. Semuanya terlihat makin sporty dengan garnish di bumper belakang dan finishing sporty di knalpotnya. Sementara itu jok mobil yang harganya di bawah 200 juta ini dibalut sarung jok balap loh.

Harganya dibanderol sekitar 160-179 juta rupiah. Sementara itu, ada pula versi Brio Satya yang jauh lebih ramah kantong dengan harga kisaran 130-150 juta rupiah. Dalam keterangan persnya, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor Tomoki Uchida bilang, “Edisi spesial kami luncurkan untuk penyegaran mata konsumen.”

Honda Civic Hatchback Pertama di Asia

©Genmuda.com/2016 TIM
Depannya Civic banget tapi belakangnya Hatchback. ©Genmuda.com/2016 TIM

Civic merupakan model yang punya sejarah pajang di Indonesia. Di GIIAS, kami pun mengeluarkan Civic jenis hatchback untuk pertama kalinya di kawasan Asia-Oceania,’ kata Chief Operating Officer Honda Asia-Oceania, Noriaki Abe ketika konferensi pers pembukaan booth Honda di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, Serpong, Kamis (11/8).

Menurut Abe, hatchback atau mobil tapa pantat merupakan salah satu mobil paling diminati di kawasan ini. “Kami yakin Civic baru bakal sesukses Civic sedan,” ujar Abe. Mobil baru itu dilengkapi mesin VTEC Turbo dengan tarikan sekuat 141 tenaga kuda (104 kW). Dari spesifikasi teknisnya, mobil ini mengonsumsi 1 liter bensin tiap 15,15 km.

Civic baru itu dihargai sekitar 475-479 jutaan. Ada pula versi Civic Hatchback Prestige dengan finishing eksterior dan interior yang lebih sporty dan berkelas. Jok, setir, dan pegangan transmisi mobil ini dilapisi kulit premium yang oke punya. Gokilnya lagi, mobil ini bisa diaktifkan dari jarak jauh dengan fitur remote engine start.

Pencuri perhatian

©Genmuda.com/2016 TIM
Penampakan Honda Clarity di GIIAS 2016. Mobil konsep ini belom siap dijual di Indonesia.

Meski begitu, mobil yang benar-benar mencuri perhatian media di booth Honda merupakan Honda Clarity. Soalnya, mobil berteknologi mesin fuel cell ini menggunakan hidrogen dan oksigen sebagai bahan bakar. Zat buang yang dikeluarkan mobil itu pun bentuknya air loh.

Teknologi sel bahan bakar (fuel cell) memanfaatkan reaksi kimia dua zat tadi buat menghasilkan energi listrik. Mobil ini pun bisa jalan sejauh 750 km untuk sekali pengisian bahan bakar. Tarikan mesinnya pun engga main-main. Biarpun beroperasi dengan listrik, Clarity punya power sebesar 140 tenaga kuda.

Kalo kata Tomoki Uchida, Clarity merupakan upaya yang dilakukan Honda buat menekan polusi yang berbahaya. “Kehadiran Honda Clarity sejalan dengan tema ‘Advanced New World’ yang diusung Honda kali ini,” ujar Uchida. Kehadiran mobil itu juga sesuai dengan tema GIIAS 2016 yaitu “Green Technology for a Better Future.” (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.