Jum'at, 30 Oktober 2020

Genmuda – Serunya becanda bisa berubah jadi petaka kalo gak liat situasi dan kondisi. Seperti yang menimpa Anisa Salim (14 tahun), Senin (18/9) lalu. Karena terdorong teman dari belakang, sebatang jarum pentul bersarang di dadanya, bikin dia susah napas, makan, dan minum. Duh!

Kejadiannya bermula ketika Anisa pengen benerin jilbab di depan kelas. Dia melakukannya sambil menjepit jarum pentul di bibir. Tiba-tiba dia terdorong dari belakang oleh temen yang becanda. Seketika itu juga, jarum pentul itu tertelan. Gak masuk lambung, jarumnya tertahan di rongga dada.

Cewek bernasib malang itu sempet dibawa ke RSUD Sumedang, lalu dirujuk ke RS Hasan Sadikin Bandung untuk dioperasi. Namun, kembali lagi untuk sementara ke RS Sumedang karena terbentur biaya. Keluarga Anisa berharap BPJS bisa bantu biaya pengobatan anaknya.

via tribunnews.com
Anisa Salim masih terbaring sakit. (Sumber: tribunnews.com)

Menggigit atau mengempit jarum pentul di bibir saat benerin hijab bukan cuma kebiasaan Anisa, melainkan banyak cewek. Itu dilakuin dengan maksud mempermudah ngambil jarumnya karena jarum yang ditaro di lantai suka hilang atau susah dicari.

Sebelum kesialan yang nimpa Anisa disorot, kebiasaan itu keliatan aman-aman aja. Sekarang, baru disadari kalo benda runcing dan tipis macam jarum pentul tergolong riskan untuk dikempit di bibir. Buat kurangi kebiasaan itu sekaligus punya aksesoris hijab yang aman, coba aja benda di bawah ini.

1. Magnetic brooch

via aliexpress.com
(Sumber: aliexpress.com)

Dengan ukuran lebih besar dan lebih berat dari jarum pentul, bros magnet gak bakalan cocok dikempit di mulut. Aksesoris penjepit ini lebih cocok disimpen di kantong. Gak perlu khawatir kehilangan juga karena pasti terasa saat ditaro kantong.

2. Klip jilbab

via istimewa.com
(Sumber: istimewa.com)

Kalo mau aksesoris yang relatif lebih kecil tapi gak seriskan jarum pentul, coba deh pake klip hijab. Pilihan bandulannya ada banyak, mulai dari yang polos hingga yang bling-bling.

3. Infinity ring

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Fungsi infinity ring mirip cincin kacu pramuka. Inget, kan? Cara pakainya pun sama. Tinggal masukin ujung hijab ke dalam cincin itu dan hijabnya gak bakalan kedodoran atau lepas-lepas lagi.

4. Ciput ninja


Aksesoris selanjutnya yang pasti paling aman dan gak bakalan tertelan yaitu ciput ninja, orang ukuranya gede. Akan tetapi, aksesoris yang juga disebut daleman hijab ini mengubah gaya berhijab seseorang.

Gaya yang awalnya polos dengan hijab kotak bisa berubah jadi gaya yang keliatan berlapis-lapis. Tapi, ada kabar baiknya. Karena daleman hijab ini udah menutup aurat, hijabnya bisa tinggal disampirkan kayak gayanya Cheril Raisa.

5. Hijab instan

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Paling gampang sih pake hijab instan. Modelnya ada banyak dan kamu bisa bikin sendiri biar gak perlu kebanyakan benerin jilbab. Dengan begitu, kamu selalu punya hijab yang sesuai gaya tanpa perlu pake penjepit apapun yang berisiko tertelan. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.