Rabu, 23 Juni 2021

Genmuda – Pademi membuat gaya hidup kita berubah 180 derajat. Akan tetapi ada pula sisi positif yang bisa Kawan Muda lakuin selama pandemi, yakni bisa rutin berolahraga di rumah.

Seperti halnya di ruangan terbuka, olahraga di dalam rumah sejatinya juga punya banyak manfaat yang sama. Mulai dari melatih konsentrasi, terlihat awat muda, sampai mewujudkan body goals versi kalian.

Penasaran ada apa aja? Nih, Genmuda.com pilihin 7 olahraga yang bisa Kawan Muda lakukan selama di rumah aja.

1. Yoga

(Sumber: avrielle-suleiman/Unsplash)

“Tarik nafas dalam-dalam, perlahan keluarkan.“ Namaste. Nah, kalimat tersebut pasti sering banget kan muncul di kelas-kelas yoga. Olahraga ini mengajarkan kalian untuk mengatur pernafasan yang baik guna mencegah masalah kesehatan tebuh. Peregangan otot saat Yoga bermanfaat untuk mencengah masalah sakit punggung, sesak nafas, sampai otot sobek.

Untuk melakukan yoga di masa pandemi juga gak ribet. Kawan Muda bisa menonton kelas yoga di berbagai media sosial. Selain butuh kuota, paling engga kalian cuma butuh matras olahraga sebagai alas kalian saat berolahraga.

2. Sit-Up

(Sumber: Getty Images)

Yang mengidam-idamkan perut rata dan six-pack wajib mencoba olahraga ini. Sit-up mungkin kelihatannya gampang, namun selama kalian lakuinnya engga benar hasilnya bakalan jauh dari ekspektasi. Boro-boro perut rata, yang ada pinggang bakalan encok. Duh!

Nah, sit-up sebaiknya dilakukan di atas bidang rata dan dilindungi oleh matras untuk menghindari cedera. Atur nafas dan tempo gerakan. Jangan lupa, untuk melakukan sit-up secara berkualitas, bukan dilihat secara kuantitas. Jadi gak usah muluk-muluk, kalo anaknya ‘mageran’ cukup lakuin sit-up sebanyak 10 kali sehari aja.

3. Plank

(Sumber: Shutterstock)

Plank cocok banget buat mengecilkan dan membentuk otot perut kalian. Plank menawarkan berbagai variasi gerakan. Selama kalian melakukannya dengan benar plank bisa dibilang sebagai total body exercise yang punya banyak manfaat bagi tubuh.

Cukup lakukan gerakan plank sederhana selama lima menit setiap hari. Mulai dari basic plank, elbow plank, lalu angkat salah satu kaki secara bergantian selama 30 detik.

4. Pilates

(Sumber: logan-weaver-via unsplash)

Pilates bisa kalian coba di rumah. Meski gak banyak gerakan, namun pilates berfungsi untuk membakar kalorimu dalam jumlah banyak. Karena mengutamakan ketepatan dalam bergerak, olahraga ini dapat melatih tubuh dan otot lebih kuat.

Gak cuma itu loh, pilates yang dilakukan secara teratur mampu membentuk tubuh yang indah, meringankan gejala nyeri punggung, meningkatkan ketahanan tulang, hingga meningkatkan peredaran darah di dalam tubuh. Pilates juga dianjurkan buat orang yang gak mau olahraga terlalu berat.

5. Zumba

(Ilustrasi: Geert Pieters on Unsplash)

Zumba termasuk jenis olahraga segala umur. Untungnya lagi, kalian bisa melakukannya di mana aja, bahkan secara virtual. Pokoknya senyaman kalian aja deh, girls!

Lebih lanjut zumba punya banyak manfaat buat tubuh, mulai dari menurunkan berat badan, mengencangkan dan membentuk otot, membakar kalori berlebih, memperlambat proses penuaan tubuh, dan meningkatkan kesehatan jantung.

6. Pound fit

(Sumber: Istimewa)

Ayunkan stik pound fit dan ikuti iramanya. Ya, segampang itu buat melakukan olahraga yang sempat hype beberapa tahun belakangan ini. Di masa pandemi kalian bisa ikutin kelas pound fit secara virtual atau sekedar ikutin gerakan dari video di Youtube.

Secara garis besar pound fit adalah aktivitas kardio yang menggabungkan berbagai gerakan seperti yoga dan pilates. Karena dikemas secara fun dan berirama dalam menggerakan ripstix, kalian pasti gak bakal ngerasa kayak lagi olahraga, deh.

7. Skipping

(Sumber: Getty Images)

Skipping atau yang biasa kita kenal dengan lompat tali dapat dengan mudah dilakukan di rumah selama pandemi. Selain modalnya gak mahal-mahal banget, olahraga ini sangat berfungsi buat melatih otot kaki dan tangan.

Lakukan sedikit peregangan sebelum melakukan lompatan. Kemudian silakan melompat sekuat yang kamu bisa. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya skipping dilakukan selama 10-15 menit per hari.

Mudahnya lagi, berbagai macam perlengkapan dan aksesoris olahraga di atas bisa kamu dapetin di Shopee. Soalnya ada promo olahraga dan outdoor day mulai tanggal 26 Mei 2021, dengan berbagai macam promo menarik, mulai dari gratis ongkir hingga cashback hingga 60%.

Gak usah ribet pergi keluar rumah karena kalian bisa langsung beli kebutuhan olahraga dengan sistem COD. Jadi engga ada alasan lagi dong buat males-malesan olahraga di rumah. Selamat mencoba ya, girls! (sds)

Comments

comments

Velesya Dea
A charmwoman