Jum'at, 10 Juli 2020

Genmuda – Kawan Muda pasti tau dan masih pake aplikasi Snapchat kan? Yap aplikasi yang memudahkan penggunanya buat membagi kegiatannya dalam ‘real time’ berupa foto dan video ini jadi salah satu aplikasi favorit anak muda kekinian.

Kamis lalu (22/6) aplikasi Snapchat baru aja di-upgrade sama produsennya. Tapi banyak yang gak ngerti sama layanan barunya ini, soalnya jadi agak terlalu mengumbar privasi dari si penggunanya.

Emang apa sih layanan barunya?via: tumblr

Namanya SnapMap, atau Snapchat Map. Layanan ini memudahkan penggunanya buat membagikan lokasi dimanapun dia berada ke semua temannya di aplikasi ini. Snapchat mengenalkan layanan ini lewat video yang diunggah di channel resmi Youtube milik Snapchat dengan judul ‘Introducing Snap Map’.

https://youtu.be/bvl82FfnUvw

Ternyata, Snap Map ini didasarkan pada akuisisi terbaru, startup pemetaan sosial Zenly. Dikutip dari techcrunch.com, Snapchat udah beli Zenly antara 250 – 350 juta dolar Amerika,  atau setara dengan 3,3 – 4,6 triliun rupiah.

Apa sih aplikasi Zenly?

Zenly adalah aplikasi GPS yang menunjukkan keberadaan teman-teman kamu dalam waktu nyata atau realtime. Aplikasi yang berasal dari Paris ini udah diunduh sebanyak 1 juta kali di Play Store.

Jadi, sebenernya ini adalah aplikasi terpisah dari Snapchat, cuma emang si Snapchat ini mengakuisisi Zenly,  jadi semua penggunanya bisa pake layanan Snap Map ketika udah memperbarui atau update ke versi yang paling baru.

Gimana cara kerjanya si Snap Map ini?

Ketika kamu pake fitur ini, akan ada tampilan peta atau map (makanya namanysa Snap Map). Di situ kamu bakal liat ada dimana temen kamu berada, dan juga keberadaan kamu itu ditandai dengan ActionMoji atau emoji.

Kamu yang pengen tau temen kamu lagi dimana, bisa langsung zoom in dan zoom out aja di tampilan peta itu. Tapi kalo kamu sama sekali gak mau membagikan lokasi kamu, bisa diubah kok pengaturannya. Tinggal ganti aja ke menu Only Me (Ghost Mode).

Orang lain jadi tau dong keberadaan kita?

Ya iya dong, kan udah jelas-jelas kamu membagikan lokasi dimana kamu lagi berada. Tapi selain dengan mengubah pengaturan jadi Ghost Mode biar orang-orang gak bisa liat lokasi kamu, ada cara lain kok buat menghindari ini.

Gampang banget, tinggal matiin aja GPS kamu. Ketika kamu matiin sistem pemetaan ini, orang lain gak bakal bisa liat lokasi kamu berada.

Serem juga ya. Bisa dipake buat kejahatan nih

Iya bisa aja sebenernya. Karena semudah itu orang lain tau lokasi persis kamu, dan dia bisa menuju tempat kamu kapan aja. Misalnya kamu lagi sendirian di rumah, dan gak sengaja mengaktifkan GPS kamu, kalo ada orang yang berniat jahat, ya bisa aja dia langsung ke tempat kamu saat itu juga.

Atau, layanan ini bisa jadi sumber keributan kamu dengan si doi. Salah-salah kamu malah kegep bohong.

“Kamu dimana?”

“Aku di rumah, kenapa?”

“Boong! Di Snap Map kamu aku liat kamu lagi di kafe. Lagi ngapain kamu!”

Nah lo.

Terus apa lagi yang mesti kita tau tentang Snap Map?

via giphy.com

Sebelumnya, aplikasi Facebook juga udah punya layanan kaya gini, namanya ‘Nearest Friend’. Tapi, gak sespesifik kayak si Snap Map ini. Nah, beberapa hal ini yang mesti kamu pahami soal Snap Map, dilansir dari Theverge.

  1. Kalo kamu pilih buat ‘share location’, lokasi kamu bakal ke-update setiap kamu buka Snapchat.
  2. Cuma sesama temen aja yang bisa saling liat lokasi satu sama lain.
  3. Snapchat bakal menghapus lokasi kamu beberapa saat kemudian alias cuma sebentar aja untuk update lokasinya (tapi ga ada waktu spesifiknya, terserah Snapchat-nya aja).

(sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.