Sabtu, 21 Mei 2022

Genmuda – Ada sejumlah ledakan dan baku tembak yang terjadi di beberapa kawasan Jakarta, khususnya Sarinah, Jalan MH Tamrin Kamis (14/1). Pasca terjadinya bom, masih terjadi baku tembak antara aparat kepolisian dengan pelaku pengeboman.

Hingga saat ini, masih simpang siur dan belum bisa dipastikan mengenai identitas pelaku, berapa dan siapa saja yang menjadi korban, serta lokasi-lokasi yang terkena serangan. Pihak kepolisian langsung mengamankan tempat kejadian perkara (TKP), dengan memindahkan masyarakat buat menjauhi lokasi pusat bisnis di Jakarta tersebut.

Di saat situasi siaga seperti ini, ada beberapa hal yang harus segera kita lakukan Kawan Muda. Apalagi kalau lokasi kita berada tidak terlalu jauh dari tempat kejadian.

 

  1. Tetap tenang

Ketika mendengar berita, atau jika kamu langsung menyaksikan kejadian serangan/teror, yang harus dilakukan pertama kali adalah tetap tenang. Jangan panik, dan segera berlindung ke tempat yang aman. Jangan langsung berlari atau keluar dari ruangan saat itu juga, kecuali emang sudah ada instruksi dari pihak keamanan atau banyak orang. Jaga kepala agar tetap dingin dan bisa berpikir jernih.

  1. Jangan percaya isu

Sampai sekarang aja, banyak banget kabar simpang siur yang beredar mengenai lokasi pelaku, target pelaku selanjutnya, sampai jumlah korban. Sebelum ada info resmi dari pihak berwenang, jangan langsung percaya dengan isu-isu tersebut ya. Apalagi kalau kamu ikut menyebarkan tanpa tau pasti kebenarannya. Yang paling efektif adalah tunggu info dari televisi dan media, bukan cuma sekedar broadcast group chat.

  1. Kasih kabar ke orang terdekat

Biar orang tua, keluarga, dan orang-orang terdekat kita gak panik, segera kasih kabar kalau kamu baik-baik aja dan dalam kondisi aman serta selamat. Kabar dari kita penting banget buat mereka, jangan sampai ada simpang siur mengenai kabar. Begitu juga kalau ada keluarga dan orang terdekat kamu yang diketahui berada di dekat lokasi serangan/teror, segera langsung kontak mereka ya.

  1. Jangan datang ke lokasi kejadian

Biasanya, masyarakat sering penasaran dan pengen tau, lalu datang ke lokasi kejadian serangan/teror. Padahal ini berbahaya banget guys. Serahin aja ya sama pihak berwajib, mendingan kita ikut memantau lewat berita aja. Gak perlu demi ‘citizen journalism’, kita jadi mempertaruhkan keamanan dan nyawa kita.

Stay safe, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥