Selasa, 22 September 2020

Genmuda – Diputusin itu engga enak abis guys. Kesannya, kita kayak remah-remah roti tawar yang abis dimakan trus dibuang gitu aja. SAKITNYA TUH DIMANAAAA?

Selain sakit hati, diputusin juga nyangkut sama harga diri. Kamu bisa dapat beragam tanggapan dari teman-teman kamu, nyokap-bokap, sampai seluruh kampus. Mulai dari dihibur sana-sini sambil dikasih nasehat sok bijak (yang bikin kamu capek dengernya), sampe jadi bahan ejekan tiap kali kamu main ke tempat tongkrongan.

Belum cukup sampe di situ, lebih parahnya lagi kalau kamu diputusin secara engga manusiawi dan engga ber-peri-kepacaranan (halah maksa). Contohnya, si pacar habis minta dibeliin cincin berlian 36 karat, eh besoknya minta putus. Atau setelah kamu ngegepin doi selingkuh, eh malah kamu juga yang diputusin. *jleb*

Kalau Kawan Muda baru aja ngalamin kejadian di atas, sabar dulu. Engga perlu ngelempar petasan ke rumah mantan kamu atau pergi ke dukun santet. Kalau kata Taylor Swift sih, “There is nothing I do better than revenge”. Nih, Genmuda.com kasih cara-cara “bales dendam” yang paling oke buat kamu tiru!

  1. Treat yo’ self

Putus cinta bikin hati retak-retak kayak kaca rumah kelempar bola kasti, apalagi kalo diputusin dengan cara yang engga baik-baik. Jadi ngapain kamu mikirin (apalagi sampe nangis-nangisin) orang yang engga ngehargain kamu? Mendingan senang-senang dan nyibukin diri dengan ngelakuin apa yang bikin happy. Treat yo’ self!

 

  1. Hapus mantan dari hidup kamu

SERIUS. Kecuali kalo kamu putusnya baik-baik dan atas dasar kesepakatan dua belah pihak, engga apa-apa ngejaga hubungan baik sama mantan. Tapi kalo kamu udah dapat perlakuan yang engga pantas, misalnya, diputusin lewat surat kaleng atau diputusin di tengah-tengah upacara sekolah, what’s the poin? masih aja sibuk ngepoin segala macem medsos mantan?

 

  1. Cari teman

Kalau selama ini perhatian dan waktu kamu habis buat pacar aja, sekarang waktunya minta maaf ke keluarga, sahabat, dan teman-teman tongkrongan yang pernah kamu “lupain”. Habis putus, biasanya momen-momen paling rentan buat galau adalah saat kamu sendirian. Jadi, usahakan buat selalu dikelilingi sama orang-orang yang bisa bikin kamu senang dan lupa sama mantan.

 

  1. Lakuin apa yang kamu pengen

Ini saatnya kamu teriak kencang-kencang, “I’M FREEEEEEEE!” Coba deh lihat kegagalan hubungan kamu dari sisi positifnya. Dengan engga adanya pacar, sekarang kamu bisa ngelakuin apa aja yang kamu pengen dan dulu engga bisa kamu lakuin. Baiknya nih Kawan Muda, coba isi waktu dengan berolahraga. Olahraga bisa ningkatin hormone endorin yang bisa bikin bahagia loh.

 

  1. Curhat

Umumnya setelah putus, yang kita butuhin tuh orang yang bisa ngedengerin unek-unek dan cerita kita, tanpa lelah (karena biasanya kamu akan curhat terus berulang kali, dengan cerita yang sama-sama aja, dan berujung dikasih nasehat yang itu-itu juga). Lebih bagus lagi kalau kamu punya teman atau keluarga yang bukan cuma bisa dengerin curhatan kamu, tapi sekaligus “nampar” kamu biar kamu sadar kalau yang lalu udahlah biarin berlalu. Masa depan adanya bukan dibelakang. *Ceileh*

 

  1. Jujur sama diri sendiri

Jangan sok-sokan ngehubungin mantan kamu lagi dengan berdalih sekedar nanya kabar, atau pengen bilang “Aku harap kamu bahagia.” Padahal kalau kamu tau si mantan ternyata udah punya gandengan baru lagi dan kelihatannya bahagia abis, kamu langsung nangis bombay sambil ngebakar-bakar foto kalian dulu. Biarin aja dia ngejalanin hidupnya, dan kamu juga ngejalanin hidup kamu sendiri. Engga perlu masih ngasih perhatian, kamu bukan mbak-mbak Customer Service.

 

  1. Menerima dengan lapang dada

Ujung-ujungnya, balas dendam yang paling penting adalah dengan kamu bisa bahagia sendiri. Dan buat menjadi bahagia, kamu harus bisa nerima kejadian ini dengan lapang dada. Nerima kenyataan… Kalau kamu terlalu fabulous buat mantan kamu! (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥