Kamis, 3 Desember 2020

Genmuda – Ngomongin soal kuliah, biasanya engga bakal jauh-jauh dari perjuangan mahasiswa yang seakan engga ada akhirnya. Meski begitu, bukan berarti kehidupan perkuliahan kamu harus dijalanin sambil terus-terusan ngeluh loh ya, Kawan Muda.

Kuliah emang capek, bukan cuma nguras tenaga, tapi juga emosi dan pikiran. Entah karena tugasnya yang numpuk, dosennya yang killer, makanan kantinnya yang engga enak, teman-temannya yang rese, atau karena alasan lainnya, yang jelas bakal ada aja hal yang bisa dikeluhin dari dunia perkuliahan.

Eits, tapi tunggu dulu, Kawan Muda. Ingat, kebanyakan ngeluh itu ‘kan engga baik dan engga bakal ngebantu kamu nyelesain masalah kamu juga. Walau dalam hati rasanya pengen banget jejeritan, sebetulnya engga semua hal tentang kuliah harus kamu keluhin setiap saat. Berikut ini 5 contohnya:

1. Engga punya cukup waktu

Dengan total 24 jam yang kita punya dalam sehari, kadang kita suka engga sadar seberapa banyak waktu yang udah kita buang percuma. Kalo aja kamu dibayar setiap kali kamu bilang engga punya waktu buat ngelakuin sesuatu, kamu pun mungkin bisa kaya abis. Tapi, berhubung engga bakal ada orang yang mau ngelakuin hal itu buat kamu, yang perlu kamu sadari di sini pada dasarnya adalah soal prioritas.

2. Engga punya ‘teman’

via tumblr.com

Punya BFF yang deket banget sama kamu, tapi masih ngesara kayak engga punya teman sama sekali? Well, sebetulnya engga masalah kok kalo kamu engga berteman sama setiap orang yang kamu temui di kampus. Justru, kamu sebaiknya fokus aja buat ngejaga hubungan yang udah kamu jalin sama orang-orang di sekitar kamu. Pastiin pula hubungan tersebut bakal terus bertahan sampai setelah kamu lulus.

3. Engga punya prestasi yang bisa dibanggain

Di era media sosial yang apa-apa harus serba di-update kayak sekarang ini, engga bisa diungkiri kalo kehidupan orang lain sering kali terlihat jauh lebih baik dari kehidupan kita. Engga peduli apa prestasi yang udah kamu capai, kamu pun mungkin ngerasanya kayak masih ada yang kurang aja. Padahal, yang kayak gini sebaiknya kamu kurang-kurangin aja, Kawan Muda. Berhenti ngebandingin pencapaian diri kamu sama orang lain, dan nantinya kamu pasti bakal berterima kasih sama diri kamu sendiri.

4. Engga bisa nikmatin hidup

via tenor.co

Engga jauh beda dari poin-poin sebelumnya, ini lagi-lagi masalah persepsi kamu aja, Kawan Muda. Kalo kamu terus-terusan ngeluh dan engga bersyukur, mau kehidupan kuliah kamu sebaik apapun juga pasti ujung-ujungnya kamu engga bakal pernah puas. Coba deh lakuin dulu beberapa hal sederhana yang bisa bikin kamu semangat kuliah lagi. Kalo udah semangat, pasti bakal lebih mudah buat kamu engga ngeluh.

5. Masih jomblo

Ya elah, engga ada yang salah kok kalo kamu masih jomblo pas kuliah. Ada kalanya punya pacar pas kuliah justru bisa ngalihin perhatian kamu dari yang seharusnya nyeimbangin kehidupan akademik dan sosial. Anggap aja saat ini Tuhan ngasih kamu waktu buat lebih ngenalin diri kamu dulu sebelum ngenalin orang lain lebih jauh lagi. Ingat, jodoh pasti bertemu. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer