Selasa, 26 Januari 2021

Genmuda – Jual beli barang preloved atau barang bekas jadi sesuatu peluang menjanjikan buat Kawan Muda coba. Faktanya orang Indonesia sebenernya punya uang Rp 5 juta tersembunyi di rumah mereka yang berasal dari barang-barang bekas yang udah gak kepake.

Sebuah survei dari Carousell yang diterima oleh Genmuda.com Selasa (26/9) menemukan bahwa 8 dari 10 orang Indonesia pernah membeli barang preloved, dimana 82% dari mereka masih menyimpan senggaknya 29 barang gak terpakai di rumah, dan 60% di antaranya merasa bisa menghasilkan uang Rp 5 juta jika menjual semua barang tersebut.

Survei tersebut sengaja dibuat untuk mengungkap kebiasaan orang Indonesia ketika membeli dan menjual barang preloved secara online, terutama untuk kategori fashion, dan gadget. Survei ini juga melibatkan 1.000 orang di wilayah Jabodetabek, berusia antara 20-40 tahun, dengan pendapatan bulanan di atas Rp 5 juta.

Terus apa ya alasan utama orang Indonesia suka jual-beli barang preloved?

via: Tenor

Fakta pertama: Orang Indonesia menjual barang-barang preloved buat mencapai impian mereka.

Lebih dari 75% peserta survei mengatakan bahwa mendapatkan uang tambahan jadi alasan utama orang Indonesia untuk menjual barang-barang preloved. Kemudian, lebih dari 70% responden memilih untuk menabung hasil penjualan tersebut, lebih dari 67% memilih menyumbangkannya atau membelanjakannya untuk kerabat atau kenalan, dan lebih dari 40% menggunakannya buat untuk liburan.

Hal itu dikatakan oleh Olivia Lautner, Associate Country Manager, Carousell Indonesia, “Menurut data internal Carousell, pengguna Carousell bisa menghasilkan rata-rata Rp7,7 juta dengan menjual barang-barang yang tidak terpakai, di mana jumlah ini bisa digunakan untuk membeli tiket perjalanan liburan impian ke Jepang atau Korea. Hal Ini mencerminkan penjualan preloved bisa menjadi tiket yang menjanjikan untuk memenuhi impian mereka.”

Fakta kedua: Dengan membeli barang preloved bisa membantu kamu menikmati gaya hidup yang diinginkan tanpa mengeluarkan biaya banyak.

Peminat barang preloved berkembang sebagai solusi yang lebih terjangkau bagi orang Indonesia buat ngikutin tren yang lagi hits. Ketika membeli barang preloved, keinginan untuk menemukan produk langka atau barang unik menjadi motivasi utama bagi 72% orang Indonesia.

Hal ini diikuti sama keinginan mereka mendapatkan penawaran menarik, seperti harga barang lebih murah dengan kondisi masih layak pakai. Itu artinya kamu bisa tetep gaya sekaligus naikin gengsi kamu tanpa harus ngerogoh kantong delem-dalem.

Lebih lanjut, barang-barang elektronik dan gadget menjadi barang terpopuler yang paling diminati kebanyakan orang Indonesia untuk dihidupkan kembali di pasar preloved, diikuti oleh fashion dan barang bermerek.

So, kamu setuju gak sama hasil survei di atas? Apa kamu udah berhasil menghasilkan banyak uang dari jual-beli barang preloved?

Comments

comments