Minggu, 20 September 2020

Genmuda – Selamat Hari Kebangkitan Nasiobal, Kawan Muda! Yap, setiap tanggal 20 Mei, bangsa kita selalu merayakan hari dimana organisasi Boedi Oetomo lahir. Boedi Oetomo (Budi Utomo) ini didirikan sama pelajar STOVIA, School Tot Opleiding Van Inlands Artsen di tahun 1908.

Meskipun Boedi Oetomo didirikan tahun 1908, tapi Bung Karno melihat momentum lahirnya gerakan ini setelah 40 tahun kemudian, dan akhirnya menetapkan tanggal 20 Mei sebagai Harkitnas, atau Hari Kebangkitan Nasional.

Kalo kamu sendiri sebagai anak muda, apa nih yang bisa kamu lakukan buat memperingai Hari Kebangkitan Nasional? Tentunya gak bisa diem aja dong ya Kawan Muda. Meskipun melakukan hal yang kecil, kamu tetep bisa menumbuhkan rasa nasionalis dalam diri kamu dengan ikut melakukan hal sepele tapi berkesan di bawah ini. Yuk!

Dengerin lagu nasional

via sommasparks.blogspot.com
(Sumber: Istimewa)

Coba deh sekali-kali jangan dengerin lagu-lagu luar yang lagi hits di tangga lagu Billboard, atau dengerin lagu-lagu karya musisi dalam negeri yang lagi naik daun. Perkuat jiwa nasionalis dan cinta tanah air kamu dengan sesekali dengerin lagu-lagu nasional jaman perjuangan dulu, misalnya “Berkibarlah Benderaku,” “Dari Sabang Sampai Merauke,” “Garuda Pancasila,” “Halo-Halo Bandung” atau “Maju Tak Gentar.” Selain bikin kamu tambah cinta sama tanah air, lagu-lagu dengan nada yang riang ini juga bisa bikin kamu tambah semangat.

Pasang ornamen atau aksesoris merah putih

via: Tribun
(Sumber: Tribun)

Gak cuma pas lagi mau 17 Agustusan aja gengs pasang bendera merah putihnya, tapi kamu juga mesti pasang aksesoris atau ornamen merah putih dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional. Misalnya kayak mahasiswa Indonesia yang baru aja lulus dari University of California, Berkeley. Mereka menunjukkan rasa cinta sama negerinya Indonesia dengan membalut diri mereka yang lagi pake baju wisuda dengan bendera Merah Putih. Pas difoto dari atas, tentu aja mereka “ngejreng” banget, karena keliatan Merah Putih di antara warna hitam. Wah, keren banget ya!

Unjuk rasa (tapi damai ya!)

via republika.co.id
Anak UI lagi pada demo. Tapi, ga semuanya suka demo sih. Gambar ini dipilih karena keren aja. (Sumber: republika.co.id)

Unjuk rasa bisa kamu lakukan dengan aksi damai ya. Kalo perlu kamu melakukan hal-hal yang baik. Misalnya sekalian mungutin sampah atau kasih pencerdasan-pencerdasan lain ke masyarakat. Jadi gak cuma teriak-teriak aja, tapi ngebuktiin ke masyarakat dan Negara kalo kalian itu mahasiswa yang cinta perdamaian.

Melayat ke Taman Makam Pahlawan

via: Okezone.com
(Sumber: Okezone.com)

Gak ada salahnya kalo kamu sekali-kali melayat ke Taman Makam Pahlawan yang ada di kota kamu. Meskipun mereka bukan kakek nenek kamu atau kamu gak kenal sama sekali, hal ini bisa meningkatkan rasa hormat kamu sama para pahlawan yang udah ngebela bangsa ini sampe titik darah penghabisan. Setelah kamu pulang dari melayat, pasti rasa cinta kamu sama negeri ini jadi makin-makin deh!

Bersih-bersih lingkungan rumah

(Sumber: Shutter Stock)

Kata siapa kegiatan ini gak ada hubungannya sama Hari Kebangkitan Nasional? Jelas ada loh, soalnya kegiatan ini bikin kamu lebih bisa berineraksi sama warga sekitar. Boedi Oetomo aja terbentuknya bareng-bareng, bukan karena keinginan perseorangan. Sama juga kayak kamu yang ikut kerja bakti, pasti mesti bergotong royong dengan warga lain demi lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Beli produk lokal

©Genmuda.com/2016 Liki
Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, berbincang dengan pendiri Pionicon, Faza Meonk. ©Genmuda.com/2016 Liki

Produk lokal hasil karya anak bangsa gak kalah bagus loh sama produk luar negeri. Kalo kamu ke luar negeri, jangan kaget deh kalo ternyata barang yang dijual di sana, ada tulisannya “Made in Indonesia”. Nah daripada jauh-jauh, mending kamu tingkatin kualitas produksi lokal dari pengrajin atau pelaku industri di Indonesia, dengan cara beli barang-barang asli buatan orang-orang pribumi.

Belajar, berbakti, dan mengabdi

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kamu masih berstatus pelajar? Jangan sedih, justru kamu lah yang paling bisa berkontribusi buat meningkatkan rasa kebangkitan. Gak usah pikirin cara-cara rumit, kamu cukup belajar dengan tekun bisa mengabdi buat bangsa ini dan bikin perubahan berarti. Inget, Indonesia butuh orang-orang kayak kamu yang punya rasa nasionalis yang tinggi karena abis baca artikel ini dan langsung melakukan kegiatan-kegiatan patriotik di atas. Salut! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.