Kamis, 4 Juni 2020

Genmuda – Sejumlah tanggung jawab profesi nuntut Umat Muslim yang berpuasa sulit tidur lagi setelah sahur dan Shalat Subuh. Karena ngantuk, pekerjaan dan tugas terbengkalai. Padahal, ada waktu yang bagus dimanfaatin buat pejamkan mata lalu masuk ke alam mimpi.

Waktu-waktu yang dimaksud jelas bukan saat kamu dengar ceramah Subuh, ceramah Shalat Tarawih, apalagi ceramah Shalat Jumat. Melainkan, pada waktu-waktu di bawah ini.

1. Jam istirahat

via kaskus.id
(Sumber: kaskus.id)

Jadwal istirahat di sekolah, kampus, atau kantor tetap berjalan seperti biasa meski sedikit yang memanfaatkannya buat makan. Waktu antara 30 hingga 60 menit itu indah banget bila dimanfaatin buat tidur.

Lakuin dengan kepala bersandar nyaman di atas meja. Kalo malu, coba lakuin sambil duduk nyender di tembok musala/masjid terdekat. Mau tempat lebih nyaman? Coba meringkuk di bawah meja. Meski agak bau kaki, tapi adem.

2. Momen coffee break

via nu.or.id
(Sumber: nu.or.id)

Biarkanlah mereka yang mau ngopi, merokok, atau ngemil pada jam istirahat sore ini. Godaan besar di penghujung hari bisa kamu lewati dengan gampang kalo kamu tidur. Yup.

Lagian, lumayan, loh. Tenaga kamu bisa terpulihkan dengan istirahat selama 10 atau 20 menit, kok. Selama 20 menit, tubuh kamu udah masuk tahap rileks tapi belum masuk tahap tidur pulas. Jadi, gampang terbangun.

3. Dalam perjalanan

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Inilah anugerah terindah naik angkutan umum. Selain melatih kesabaran dan kemampuan tubuh, pengguna angkutan umum punya waktu tidur tambahan. Contohnya, saat nunggu kereta sambil duduk atau lesehan.

Kalo udah jago, ada juga penumpang yang bisa tidur sambil berdiri dalam keadaan terhimpit di tengah ratusan manusia yang dijejali ke dalam satu ruang sempit dan terhuyung-huyung mengikuti gerak angkutannya.

4. Saat tugas kosong

via SheKnows
(Sumber: Istimewa)

Kali aja ada guru gak masuk, atau dosen berhalangan hadir, atau tugas kantor kamu udah selesai sebagian. Manfaatin aja momen itu buat memejamkan mata dan beristirahat.

Mungkin, tidur di saat itu lebih bagus ketimbang bangun. Dalam keadaan gabut, orang-orang gampang terpancing buat bergosip, loh. Pahala puasa bisa rusak karena ngomongin orang.

5. Sambil nunggu azan

via: Blogspot
(Sumber: Istimewa)

Pukul 17.00, biasanya semua manusia udah gak ada kerjaan. Malah, ada yang diizinkan pulang pukul 16.00. Saran dari Genmuda, jangan langsung pulang.

Kalo ngantuk, mending tidur dulu. Lagipula, jalanan pasti macet luar biasa karena semua orang bercita-cita bisa buka di rumah. Sikut-sikutan di jalan, sikut-sikutan, deh!

6. Saat izin ke toilet

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Jangan bilang siapa-siapa kamu dapat tips ini dari Genmuda.com, ya. Kamu selalu bisa peroleh waktu tidur saat izin ke toilet. Caranya gampang. Kalo toilet kamu toilet duduk, ya duduk aja sambil tidur di dalam bilik toilet.

Kalo hal itu gak memungkinkan, kamu selalu bisa melipir ke tangga darurat, ke pos satpam, ke UKS, atau ke pantry untuk numpang nyender sampai mata ini terpejam dengan nyaman.

Meski sulit tidur 8 jam berturut-turut, seenggaknya waktu tidur kamu bisa terakumulasi hingga 8 jam dengan trik-trik di atas. Dengan begitu, kamu tetep bisa berkegiatan meski puasa. Yuk, dicoba! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.