Rabu, 29 Juni 2022

Genmuda – Samsung Galaxy S8 disebut-sebut lebih keren dari iPhone 7 karena punya banyak fitur canggih dan ada colokan headphonenya. Kalo ponsel andalannya Apple meluncur dengan harga 649 dolar AS (8,7 juta rupiah), Galaxy S8 rilis setinggi 726 dolar AS (9,7 jutaan rupiah).

Dipasangi AI cerdas, ponsel anti air ini bisa dibuka dengan sensor sidik jari, retina, dan wajah. Kamera belakangnya juga langsung terhubung ke mesin pencarian, sehingga bisa langsung shopping lewat berbagai toko online begitu memotret sebuah benda. Saat motret pakai kamera itu, mesin pencariannya juga bisa tampilin info tambahan.

Kameranya dipasangi program pengatur fokus blur seperti kamera digital, tanpa harus dual camera kayak iPhone 7. Ponsel anti airnya juga kan mengemban merk Samsung yang udah besar itu, makanya wajar harganya mahal.

Kesampingkan semua fitur unggulan di atas, maka dapur pacu Galaxy S8 hanyalah ponsel 4G yang dipasangi RAM 4GB, ROM 64GB, baterai 3000 mAh, kamera belakang 12MP, dan kamera depan 8MP. Misalnya kamu cuma butuh ponsel bebas lemot dengan kamera bagus tanpa kebanyakan fitur “hiasan,” kamu bisa mendapatkannya dari 7 ponsel ini.

1. Oppo F3 Plus

©Genmuda.com/2017 TIM.
F3 Plus bisa dipreorder di sejumlah toko online hingga 31 Maret. ©Genmuda.com/2017 TIM.

Si “selfie expert” yang juga jago foto group selfie ini rilis seharga 6,5 jutaan. Dapur pacunya mirip seperti Galaxy S8. Malah, kameranya jauh lebih bagus. Oppo F3 Plus dipasang kamera depan-belakang 16GB.

Kamera depan punya fitur lebar 120 derajat buat group selfie sementara kamera belakang dipasangi sensor SONY yang bikin kamera secara otomatis ngatur tingkat blur suatu foto. Baterai 4000 mAh-nya juga tahan seharian dan bisa dicharge penuh dalam waktu 30 – 45 menit.

2. Oppo F3

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Misalnya F3 Plus masih kemahalan, kamu bisa beli F3 yang harga rilisnya 4,4 jutaan rupiah. Kecuali kameranya belakangnya yang 13 MP, baterai 3200 mAh, gak punya fitur fast charge, dan bodi 27% lebih ramping, ponsel penerusnya F3 Plus ini masih sama dengan “seniornya.”

3. Vivo V5

via androidauthority.net
Vivo V5s keliatan mirip iPhone 6 kalo dari belakang. (Sumber: androidauthority.net).

Kamu yang pengen kamera depan dengan Mega Pixel lebih besar tapi rela mengurangi kapasitas internal ROM, mungkin bisa pilih Vivo V5. Dengan harga 3 jutaan, ponsel yang terbilang anyar itu dipasang kamera selfie 20 MP yang secara otomatis bisa ngeblur background. Tapi, ponselnya cuma punya 32GB ROM.

4. Vivo V5s

via firstpost.com
Punggung mulus Vivo V5s. (Sumber: firstpost.com).

Atau, coba beli keluaran terbarunya Vivo ini deh. Dengan harga 3 jutaan rupiah juga, semua dapur pacu Vivo V5 ada di sini dengan ROM tetap 64 GB. Bisa dapet lebih banyak fitur dengan harga yang sama kan enak banget.

5. Xiaomi Redmi Note 4

via gearbest.com
Punggung Redmi Note 4 yang ganteng sangat. (Sumber: gearbest.com).

Redmi Note 4 juga termasuk ponsel kelas menengah yang punya RAM 4GB. Ponsel ini tersedia yang versi ROM 32GB dan 64GB. Kamera belakangnya lebih bagus satu mega pixel dari S8, tapi kamera selfienya cuma 5 MP. Cocok buat kamu yang engga suka selfie tapi suka memotret pakai kamera belakang dan punya bujet 2,5 juta – 3 jutaan.

6. Xiaomi Mi 6

via xiaomi
Xiaomi Mi 6. (Sumber: Xiaomi).

Yah, kalo kamu ada rejeki lebih dan pengen ponsel dengan dapur pacu lebih gahar dari Samsung S8 (tapi fiturnya biasa aja) sih mendingan beli Xiaomi Mi 6. Harga rilisnya sekitar 639 dolar AS (8,6 jutaan) tapi RAM-nya udah 6GB dengan ROM 64GB. Kamera depan dan belakangnya juga sama-sama 12 MP dan 8 MP.

7. Moto M

©Genmuda.com/2017 TIM
Tampak serong Moto M. ©Genmuda.com/2017 TIM

Moto M punya tuh pilihan dengan RAM 4GB dan ROM 64 GB. Kamera belakangnya juga bagus dengan kualitas 16 MP dan kamera depan 8 MP. Dari segi power, baterai 3050 mAh Moto M gak begitu jauh beda lah dari S8. Cuma, harganya jelas beda jauh karena ponsel menengahnya Motorolla ini dibanderol sekitar 4 jutaan.

Meski ponsel-ponsel di atas punya dapur pacu mirip Galaxy S8, prosesor flagship-nya Samsung itu engga ada yang nandingin. Chipset octa-corenya punya kecepatan 2,3 Ghz yang bikin iPhone 7 aja terasa lemot kayak siput baru bangun tidur. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.